Kamis, 18 Oktober 2018

Tujuan Dibentuknya Voc Di Indonesia Oleh Kolonial Belanda

Tujuan VOC di Indonesia - VOC ialah kependekan dari Vereenigde Oostindische Compagnie, merupakan komplotan dagang Belanda yang mempunyai monopoli perdagangan di Asia. Salah satu tujuan dibentuknya VOC ialah melaksanakan monopoli perdagangan di wilayah kolonialismenya, termasuk di Indonesia.

Awalnya VOC dibuat pada tanggal 20 Maret 1602. VOC merupakan komplotan dagang yang dianggap sebagai salah satu perusahaan multinasional pertama di dunia. VOC mempunyai hak-hak dan kemudahan khusus lantaran menerima keistimewaan.

(baca juga perjanjian Bongaya)

Terdapat 6 penggalan dalam VOC yang ada di Amsterdam, Middelburg, Enkhuizen, Delft, Hoorn dan Rotterdam. Tiap penggalan menyumbangkan delegasi ke dalam tujuh belas sesuai dengan proporsi modal yang mereka bayarkan. Sistem pembagian saham memang diterapkan dalam VOC.

Dalam hubungannya dengan masa penjajahan Belanda ke Indonesia, VOC memang memegang peranan penting. Pihak Indonesia menyebut VOC sebagai kompeni, merujuk pada kata compagnie di simpulan nama VOC. Kehadiran VOC pun sangat terasosiasi pada pemerintahan Hindia Belanda yang menjajah Indonesia. Hal ini tak lepas dari kebijakan VOC yang kerap merugikan bangsa Indonesia.

Pada balasannya VOC gulung tikar lantaran beberapa sebab, di antaranya ialah banyaknya korupsi oleh anggotanya, banyak pengeluaran untuk biaya perang serta bertambahnya tentangan dagang di Asia ibarat Inggris dan Prancis.

(baca juga tujuan dibentuknya ASEAN)

 VOC ialah kependekan dari Vereenigde Oostindische Compagnie Tujuan Dibentuknya Voc Di Indonesia Oleh Kolonial Belanda

Tujuan VOC


Tentu pada awalnya ada sebuah tujuan Belanda mendirikan VOC. Tujuan utama VOC memang untuk menerapkan monopoli perdagangan di daerah Asia, terutama Hindia Timur. Berikut merupakan 5 tujuan didirikannya VOC oleh kolonial Belanda selengkapnya.

1. Menghindari persaingan sesama pedagang Belanda

Salah satu tujuan VOC dibuat ialah untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antara sesama pedagang Belanda. Dengan adanya VOC selaku tubuh yang menaungi para pedagang Belanda, maka dibutuhkan tidak ada persaingan antar sesama pedagang Belanda.

2. Memperkuat posisi Belanda di mata dunia

Tujuan VOC berikutnya ialah untuk memperkuat posisi Belanda di mata dunia. Hal ini sangat penting supaya Belanda sanggup menghadapi persaingan, baik dengan sesama bangsa Eropa, maupun dengan bangsa-bangsa Asia lainnya.

3. Memonopoli perdagangan

Salah satu tujuan utama VOC, yakni untuk memonopoli perdagangan terutama di wilayah Asia. Monopoli perdagangan ini berlaku untuk perdagangan impor maupun ekspor, yang pada balasannya mendatangkan laba ekonomi bagi Belanda.

4. Membantu dana bagi pemerintah Belanda 

VOC dibuat juga supaya sanggup menghasilkan laba dan menghasilkan dana. Nantinya hasilnya dipakai untuk membantu dana bagi pemerintah Belanda yang ketika itu sedang berjuang menghadapi konflik dengan Spanyol dan konflik lainnya.

5. Menguasai kerajaan dan pelabuhan di Indonesia

Tujuan VOC tiba ke Indonesia ialah untuk sanggup menguasai aset-aset penting ibarat kerajaan atau pelabuhan. Seperti diketahui bila pada masa itu banyak kerajaan penting dan pelabuhan strategis yang ada di Indonesia.

Nah itulah klarifikasi mengenai tujuan didirikan VOC di Indonesia oleh pihak Belanda. Salah satu tujuan pembentukan VOC ialah untuk memonopoli perdagangan di Indonesia sekaligus untuk memperkuat posisi Belanda dalam bidang ekonomi guna bersaing dengan negara-negara lain. Sekian isu tujuan dibentuknya VOC kali ini.

0 komentar

Posting Komentar