Kamis, 18 Oktober 2018

Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Link Di Halaman Yang Sama - Mengarahkan Ke Bab Tertentu

Beberapa waktu sebelum ini aku sempat menciptakan blog dengan judul Pengalaman seru memakai Aplikasi Bebas Bayar. Tak disangka-tak dinyana, blog yang aku tulis dengan agak impulsif tersebut ternyata akibatnya cukup panjang juga. Terhitung lebih dari 3000 kata terkandung dalam blog tersebut, alasannya memang aku sertakan beberapa sub judul yang pembahasannya juga cukup panjang. Setelah blognya jadi, lalu aku baca ulang, tapi rasanya loh capek dan jadi terkesan panjang gak jelas..hehe. Dari situ aku berpikir, ya mungkin blognya kepanjangan, dan jadi susah dipahami. Sehingga aku berencana untuk merombaknya untuk dipecah menjadi beberapa blog. Namun entah kenapa rasanya loh sayang jikalau dipecah, alasannya harus ditulis ulang menyesuaikan dengan redaksi setiap sub judul kepingan nya.

 aku sempat menciptakan blog dengan judul  Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Link Di Halaman Yang Sama - Mengarahkan Ke Bab Tertentu
Akhirnya aku memutuskan untuk tidak memecahnya, dibiarkan panjang menyerupai itu. Tapi sebagai gantinya, aku bikin sejenis hidangan yang berfungsi sebagai navigasi blog yang sanggup mempermudah pengunjung dalam membaca blognya. Makara sesudah membaca ke bawah dan ingin kembali ke atas menuju menu, maka tinggal mengklik satu buah tombol / link.

Prinsipnya menyerupai mirip di web Wikipedia, yang mana blognya biasa panjang-panjang, maka disediakanlah hidangan yang sanggup mempermudah pembaca dalam memahami isi blog. Atau aku juga teringat blognya Mas Sugeng yang juga menerapkan cara yang sama untuk blog-blog di blognya yang panjang, sampai ribuan kata.

Dan mulailah aku mencari tutorial wacana cara menciptakan link di halaman yang sama yang fungsinya sanggup mengarahkan dari satu kepingan ke kepingan tertentu dalam halaman tersebut. Ada beberapa cara yang aku temukan di beberapa postingan blog, namun cara yang paling gampang aku temukan di blog trikmudahseo nya mas Ricky Pratama. Sehingga aku pun mencoba menerapkannya dan Ahamdulillah berhasil.

Baik, dari pada berlama-lama berikut aku coba share ulang wacana apa yang sudah aku coba terapkan yakni wacana menciptakan link di halaman yang sama. Namun, sebelum mulai menerapkan tutorial ini, bagi anda yang memakai platform blogspot menyerupai saya, maka tutorial ini gres sanggup anda terapkan sesudah blognya jadi dan siap dipublish. Tujuannya yaitu untuk menghindari error, alasannya kita akan mengerjakannya di Mode Postingan HTML, bukan Compose.

Makara di sini aku asumsikan blog anda sudah jadi.

1. Masuk ke mode HTML di halaman edit posting anda. Dan tentukanlah titik pendaratan, yakni kepingan yang mau dituju oleh link yang nanti dibuat. Cara membuatnya yakni dengan mengetikkan arahan di bawah ini, dan tempatkan di Teks yang mau dijadikan titik pendaratan.
<a name="NAMA">TEKS</a>
* Ganti NAMA dengan apa saja, misal 'Awal'.
* Kemudian ganti juga TEKS dengan tulisan/kata yang ingin dijadikan titik pendaratan. Misal 'Beberapa waktu sebelum ini'. (menyesuaikan dengan postingan ini)

2. Setelah ditentukan titik pendaratan, barulah kini kita menciptakan link di halaman yang sama yang akan menuju pada titik pendaratan yang telah dibuat. Untuk membuatnya, gunakan arahan di bawah ini, tempatkan di kepingan mana saja semau anda.

<a href="#NAMA">TEKS</a>
* Ganti kepingan NAMA dan harus sama dengan Nama yang telah diset di titik pendaratan, namun dengan penambahan tanda #. Tadi kita menciptakan Nama 'Awal', maka menjadi #AWAL.

* Ganti TEKS dengan goresan pena apa saja (anchor text) yang nantinya akan jadi link yang mengarah pada titik pendaratan. Misal kita buat 'Kembali ke AWAL'.

Jika sudah, silakan Save dan publish blog anda. Maka kini postingan anda sudah mempunyai tombol / link yang mengarah pada kepingan tertentu dalam satu halaman. Bagaimana, cukup gampang bukan?

Sebagai demo, anda sanggup mencoba mengklik goresan pena biru di bawah ini yang mana sudah aku arahkan ke kepingan atas / awal postingan ini.

Kembali ke AWAL

Baik, demikianlah tutorial sederhana ini. Semoga bermanfaat. 

0 komentar

Posting Komentar