Kamis, 18 Oktober 2018

Mau Tau? 5 Ciri Artikel Berkualitas Berdasarkan Google Yang Harus Kau Ketahui

Bicara blogging pasti tidak akan lepas dari yang namanya blog atau kerap disebut postingan. Artikel bisa dibilang merupakan urat nadi dan faktor penentu suatu blog dikatakan hidup atau tidak. Perannya begitu sentral dan vital dalam mendukung kelangsungan sebuah blog. Bagaimana tidak, sebagus apapun desain dan tampilan sebuah blog, tidak akan ada artinya kalau tidak ada postingan / blognya. Pun sebaliknya, walaupun tampilan blog sangat praktis dan biasa, tapi kalau didalamnya memuat blog / postingan, maka blognya akan hidup, atau bahkan mungkin dibanjiri pengunjung.

Adapun postingan yang dimaksud juga bukan asal posting, tapi juga harus bernilai dan berkualitas. Yang mana kalau ditinjau dari segi kebermanfaatan, postingan tersebut bisa memecahkan persoalan yang dihadapi pembaca. Atau juga postingannya menghibur. Dan bisa juga perpaduan keduanya, yakni bermanfaat dan menghibur.

Bicara blogging pasti tidak akan lepas dari yang namanya blog atau kerap disebut postingan Mau Tau?  5 Ciri Artikel Berkualitas Berdasarkan Google Yang Harus Kau Ketahui

Selain itu ada juga kriteria lain berdasar pada struktur penulisan blog tersebut dikatakan berkualitas, harus mirip ini, mirip itu, begini, begitu. Setiap orang mungkin punya pendapat dan standar yang berbeda. Namun tentu tidak perlu berdebat akan hal itu. Karena ada satu standar yang bisa kita jadikan contoh ihwal kriteria sebuah blog dikatakan berkualitas atau tidak.

Artikel berkualitas dekat kaitannya dengan SEO yang mana tujuannya yaitu trafik. Trafik dari mana? Jelas dari Search Engine (Mesin Pencari di Internet). Dan kita tahu Search Engine terbesar ketika ini, tidak lain yaitu Google. Kaprikornus tidak berlebihan kalau kita jadikan patokan blog berkualitas berdasar pada kriteria yang diinginkan Search Engine, yaitu Google.

Walaupun Google tidak menyebutkan secara lugas ihwal ciri-ciri dari sebuah blog dikatakan berkualitas atau tidak, tapi dengan menelisik setiap update terbaru dari algorithma Google yang semakin mengutamakan kenyamanan pengguna, maka setidaknya ada 5 ciri blog berkualitas. Berikut penjelasannya.

1. Original dan Unik

Artikel yang berkualitas secara SEO tentunya blog yang bukan hasil translation (terjemahan), copas, spinning atau scrapping, melainkan blog orisinil hasil karya sendiri. Sehingga konten blog yang ditulis menjadi bebas dari pelanggaran hak cipta.

Selain itu blog yang ditulis juga harus unik. Yang namanya unik berarti tidak ada yang menyerupai. Kriteria unik sendiri bisa dilihat dari banyak sekali aspek, mulai dari jumlah kata dalam blog, sumber penulisan blog berdasar pengalaman atau hasil riset. Artinya walaupun blog kita membahas tema yang sama dengan blog di blog lain, tapi membuatnya menjadi sedemikan unik dengan memadukan kriteria-kriteria tadi. Intnya buatlah konten dengan gaya sendiri, pasti tidak akan ada yang menyamai, alasannya setiap orang mempunyai gaya goresan pena dan pilihan diksi masing-masing.

2. Gaya penulisan yang natural / Human Friendly

Di masa SEO Modern mirip kini ini, dengan perkembangan Algoritma Google yang kian canggih, maka yang namanya blog SEO Friendly bukan lagi blog yang cuma dijejali dengan variasi kata kunci dengan cita-cita bisa diindex mesin pencari dan nangkring di halaman 1 Google. Artikel SEO Friendly yaitu blog yang natural dalam hal penulisan, sehingga nyaman dibaca oleh pengunjung (Human Friendly).  SEO Friendly = Human Friendly. Buatlah konten untuk dibaca manusia, bukan untuk robot.

3. Pembahasan yang mendetail

Ciri blog berkualitas selanjutnya yaitu memuat isi yang mendetail. Mengupas secara mendalam sebuah topik hingga ke akar-akarnya. Misal Anda menciptakan blog ihwal Cara gampang menciptakan keripik pisang yang kriuk dan lezat. Maka dijelaskan mulai dari materi serta bumbu yang dibutuhkan hingga pada cara memasak dan tips menghasilkan hasil gorengan keripik yang renyah. Sehingga dengan begitu blog Anda bisa memperlihatkan manfaat konkret bagi siapa saja yang membacanya.


4. Struktur penulisan yang baik

Setelah ciri-ciri di atas bisa terpenuhi maka kini kita beranjak pada anatomi / struktur dari penulisan blog itu sendiri. Artikel yang baik tentunya memuat struktur penulisan yang baik pula. Sehingga sanggup dengan gampang dimengerti oleh pembaca. Seperti apakah struktur penulisan yang baik dari suatu blog? Berikut poin-poin penting yang harus diperhatikan.
  • Menggunakan bahasa yang gampang dimengerti dengan ejaan yang baku
  • Penggunaan kalimat efektif
  • Ditulis dengan alur yang baik dan tidak meloncat-loncat.
  • Penggunaan Bullets/Numbering untuk merinci suatu pembahasan
  • Paragraf dibentuk pendek-pendek (4-6 kalimat)
  • Sub judul / pembahasan dibentuk tebal (bold) untuk memperjelas


5. Memuat informasi yang kredibel / sanggup mendapatkan amanah

Penulis yang terpercaya yaitu penulis yang mempunyai keahlian mendalam serta pengetahuan yang luas ihwal topik  yang ditulisnya. Misal seorang penulis novel menulis blog ihwal cara dan tahapan dalam proses penulisan novel dari awal hingga selesai secara menyeluruh.

Namun tidak selalu harus dikaitkan dengan profesi / expert di bidang / topik yang ditulis. Sebagai contoh, Anda bisa saja menulis blog dengan niche / tema kesehatan walaupun Anda bukan seorang dokter selama informasi yang Anda tulis memuat data dan fakta yang bersumber dari sumber-sumber terpercaya yang sanggup dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

***

Nah itulah setidaknya 5 ciri blog berkualitas yang harus selalu diperhatikan dalam setiap proses pembuatan blog blog dengan cita-cita blog tersebut bukan hanya disukai mesin pencari tapi juga disukai oleh visitor. Sehingga trafik / kunjungan ke blog pun bisa meningkat. Semoga dengan mengetahui ciri-ciri dari blog berkualitas ini bisa lebih menyuntik semangat kita untuk terus menyebarkan kemampuan blogging dan memperlihatkan manfaat bagi banyak orang. Bagi anda yang mau menambahkan ihwal ciri-ciri sebuah blog bisa dikatakan berkualitas, bisa berkomentar di bawah.

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar