Kamis, 18 Oktober 2018

Mau Tau? Pengertian Dan Fungsi Cc Dan Bcc Pada Email

Saat hendak mengirim Email baik itu dengan memakai layanan email dari Google (Gmail) atau Yahoo, atau pun yang lainnya, pastinya kita sudah tidak gila lagi menemukan elemen berupa form isian dari kemudahan kirim (Compose) email  itu sendiri yang mencakup TO (Kepada) dan Subject(Judul Email). Sebagian besar orang pastinya sudah tahu fungsi dan kegunaan dari kedua form isian tersebut, To kita gunakan untuk mengetikkan alamat email yang ingin kita tuju, adapun subject dipakai untuk menuliskan judul email tersebut. Sudah tak perlu dijelaskan lagi sepertinya.

Saat hendak mengirim Email baik itu dengan memakai layanan email dari Google  Mau Tau? Pengertian Dan Fungsi Cc Dan Bcc Pada EmailDan selain dari kedua form isian di atas, ada lagi 2 elemen yang seringkali diabaikan oleh banyak orang, yaitu potongan Cc dan Bcc. Jarang dipakai sanggup jadi sebab memang tidak diharapkan atau sanggup juga sebab si pengirim email tidak mengetahui fungsi dari Cc dan Bcc tersebut. Makara bagi anda yang tidak atau belum mengetahui dan ingin mengetahui fungsi dan pengertian dari Cc dan Bcc pada email, anda berada di blog yang tepat. Di sini aku akan coba jelaskan ihwal fungsi keduanya.

Baik pribadi saja, menurut isu yang aku sanggup dari berselancar ke beberapa website, maka berikut yaitu uraian ihwal pengertian, fungsi dan perbedaan dari pada Cc dan Bcc pada email yang perlu kita ketahui.

CC 

Untuk CC ini mungkin untuk sudah cukup familiar di indera pendengaran orang-orang. Merupakan singkatan dari Carbon Copy.
Untuk para pekerja kantoran, nampaknya ini bukanlah sebuah hal gila lagi. CC seringkali  diartikan dan diistilahkan dengan 'Tembusan'. Seperti kita tahu, yang dimaksud dengan tembusan itu sendiri yaitu seorang atau pihak yang bersifat pasif dalam menerima, dalam hal ini mendapatkan email. Maksud dari pasif di sini, artinya orang yang di-CC kan tersebut bukanlah alamat tujuan utama atas email yang dikirim tersebut. Fungsinya tidak lebih hanya biar email yang dikirim oleh si pengirim kepada suatu pihak sanggup diketahui juga oleh email CC tersebut. Begitupun dengan peserta email utama, mereka juga mengetahui sesungguhnya email yang diterima juga dikirim ke email CC.

Bagaimana, kebayang kan!?

BCC

Adapun BCC tentunya mempunyai arti dan fungsi yang berbeda dengan CC, sanggup dibilang merupakan kebalikannya. BCC merupakan singkatan dari Blank Carbon Copy. Jika dengan CC setiap peserta email saling mengetahui kemana saja email tersebut dikirimkan, namun dengan BCC sebaliknya.

Contoh kita mengirim pesan email ke beberapa alamat misal 10 alamat email, dengan memasukkannya ke list BCC, maka si 10 alamat email tersebut masing-masing tidak akan mengetahui satu sama lain ke alamat email mana saja pesan tersebut dikirimkan. Makara walaupun kita mengirim email ke banyak alamat sekaligus, maka akan terkesan menyerupai mengirim email ke satu-per-satu orang. Walaupun mungkin si peserta akan mengetahui bahwa email yang diterimanya tersebut juga dikirim ke alamat email lain dalam waktu yang bersamaan, sebab akan ada keterangan bcc di laporan kirimnya.

Penggunaan fitur Bcc ini juga kerap dipakai oleh orang-orang yang mengajukan lamaran pekerjaan via email. Dalam artian ia mencoba untuk mengirimkan lamarannya ke banyak alamat email perusahaan dalam satu waktu. Dengan begini tentunya dari segi adat juga terkesan lebih sopan. Karena sanggup kita bayangkan kalau seseorang tersebut mengirimkan CV lamarannya ke banyak alamat email dengan memakai TO atau CC, tentunya mereka para peserta email (dalam hal ini HRD perusahaan) akan mengetahui ke mana saja seseorang tersebut mengirimkan lamarannya. Tidak apa-apa juga sih sebenarnya, tapi akan terkesan kurang sopan sepertinya.

Kesimpulan

Nah itulah pengertian dan fungsi dari Cc dan Bcc yang sering kita temukan pada jendela kirim email, baik itu di Gmail, Yahoo, ataupun layanan email lainya. Dengan mengetahui fungsi masing-masing dari CC dan BCC, maka kita sanggup memanfaatkan fitur tersebut sesuai keperluan dengan sebagaimana mestinya, menyerupai misalnya tadi, untuk urusan kirim CV lamaran via email atau untuk urusan yang lainnya.

Sekian blog sederhana ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar

Posting Komentar