Jika blog Anda sudah terintegrasi dengan Google Analytics, Anda akan menemukan banyak istilah. Salah satu yang akan kita bahas di postingan kali ini ialah perihal Bounce Rate. Bagi anda yang gres tahu atau sudah tahu tapi belum mengenal secara mendalam perihal definisi dan peranan Bounce Rate dalam SEO, maka blog ini cocok untuk anda terus baca.
A. Pengertian Bounce Rate - Apa itu bounce rate?
Bounce Rate ialah angka persentase (rasio) antara visitor yang hanya mengunjungi satu halaman saja berbanding dengan total visitor secara keseluruhan.
Kaprikornus faktor penentu angka bounce rate itu sendiri ialah dari jumlah visitor yang hanya hit and run alias hanya mengunjungi satu halaman blog saja, kemudian pergi tanpa membuka halaman lainnya. Bisa sebab si visitor tidak menemukan apa yang dia cari di blog yang dikunjungi, atau sebab loading blog yang lama, atau kalau blog Anda tersedia banyak iklan, sanggup saja pada kunjungan pertamanya si visitor eksklusif tertarik pada sebuah banner iklan dan mengkliknya, blog Andapun ditinggalkan :) Semakin besar jumlah model visitor yang menyerupai itu, maka akan semakin besar pula nilai persentase bounce rate nantinya.
Jika banyak visitor yang hanya mengunjungi satu halaman, tentu itu akan berakibat kepada nilai bounce rate yang besar dan secara eksklusif itu sanggup saja mengindikasikan bahwa blog tersebut kurang berkualitas. Sebaliknya, semakin kecil nilai bounce rate, maka Google akan sanggup dengan gampang memperlihatkan evaluasi baik pada blog Anda. Karena dianggap blog Anda itu berkualitas dan bermanfaat bagi banyak visitor, dibuktikan dengan sikap visitor yang tidak hanya mengunjungi satu halaman, tapi lebih dari satu halaman / postingan blog.
B. Cara melihat berapa nilai bouncerate blog – Google Analytics
Nilai bouncerate sanggup dengan gampang kita ketahui, yakni melalui media alat bantu Google Analytics, dengan catatan blog Anda sudah harus didaftarkan dulu di Google Analytics. Untuk melihat nilai bouncerate di Google Analytic caranya ialah sebagai berikut:
Baca cara mendaftarkan blog ke Google Analytics.
- Login terlebih dahulu di analytics.google.com, kemudian pilih blog
- Biasanya akan eksklusif muncul tampilan data yang salah satunya memuat nilai bounce rate. Di sana Anda sanggup dengan gampang mengetahui berapa bouncerate blog.
Selain dengan pinjaman Google Analytics, kita juga sanggup mengetahui berapa nilai bouncerate blog Anda memakai website Alexa.com. Caranya sangat mudah
- Buka website Alexa di Alexa.com/siteinfo/
- Pada form isian, ketikkan nama blog Anda atau blog orang lain yang ingin diketahui bounce rate nya. Bisa juga bersama-sama dengan mengetik di address kafetaria dengan format alexa.com/siteinfo/domain_blog
- Tunggu beberapa saat. kemudian scroll layar ke bawah. Anda akan mendapati data persentase Bounce Rate dari blog tsb.
D. Bagaimana bersama-sama nilai Bounce Rate ini dihitung?
Seperti disebutkan diatas, bounce rate ialah persentase antara jumlah visitor yang hanya mengunjungi satu halaman saja berbanding dengan total keseluruhan visitor.
Sehingga sanggup didapat Rumus matematika sederhana sebagai berikut.
Bounce Rate : Jumlah visitor yang hanya membuka satu halaman / total visitor * 100%
analytics-ninja.com |
Maka sanggup dengan gampang kita ketahui nilai bounceratenya ialah 30%, hasil dari 30/100*100%.
Tentu pada prakteknya, kita tidak pelu repot-repot menghitung sendiri nilai bounce rate. Tinggal lihat saja di Google Analytics atau Alexa menyerupai dicontohkan tadi.
E. Berapakah idealnya nilai bounce rate sebuah blog?
Dari hasil pencarian dan baca-baca dari beberapa blog besar, salah satunya menyerupai yang saya kutip dari jokosusilo.com nilai bounce rate ideal itu tidak sanggup dipukul rata untuk semua blog. Karena kembali ke jenis blog itu menyerupai apa. Ada yang bilang bahwa nilai ideal untuk bounce rate ialah 20%, lebih kecil lebih bagus. Ya untuk web/blog yang memuat blog-blog informasi, yang juga mengejar Page View dan mungkin pendapatan iklan CPM, bounce rate 20% ialah sesuatu yang harus diperjuangkan untuk dicapai.
F. Faktor dan Penyebab yang menghipnotis membengkaknya nilai bouncerate.
Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa blog yang baik akan mempunyai nilai boncerate yang ramping/kecil. Nilai bouncerate yang besar / nanah mengindikasikan kualitas blog yang kurang berkualitas. Ditandai dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi hanya satu halaman, kemudian eksklusif pergi begitu saja. Mungkin Anda juga pernah/sering berada di situasi menyerupai itu, ketika membutuhkan informasi, kita Googling, dan kita temukan blog yang dirasa cocok, kemudian membuka halaman blog tersebut. Setelah selesai, anda eksklusif menekan tombol Back atau Close tab untuk menutup blog tersebut.
Berikut ialah beberapa factor penyebab yang turut andil dalam menyumbang nilai bouncerate.
1. Blog hanya terdiri dari 1 halaman saja
- Di klarifikasi di atas saya sebutkan beberapa kali bahwa semakin besar nilai bouncerate suatu blog, maka kualitasnya semakin tidak bagus. Tapi sekali lagi, itu kembali ke jenis web / blognya. Bounce rate dengan nilai persentase besar atau kecil tidak harus selalu eksklusif dikaitkan dengan kualitas web / blog. Bounce rate besar tidak berarti harus selalu jelek, pun begitu bounce rate kecil juga tidak selalu berarti bagus.
- Kecepatan loading suatu blog terang sangat kuat pada kenyaman visitor. Jika loading blog Anda berat, otomatis akan membutuhkan lebih banyak waktu bagi visitor ketika hendak membukan halaman blog blog Anda. Jika mendapati kondisi menyerupai itu, sanggup saja visitor hanya akan membuka satu halaman saja, yakni halaman pertama ketika ia berkunjung dari mesin pencari. Setelah itu, eksklusif menutup blognya dan beralih ke blog lain. Hal ini juga sanggup dijadkan factor membengkaknya bouncerate blog.
- Indikator paling umum dari sebuah konten blog yang dikatakan tidak/kurang berkualitas ialah menyerupai panjang blog yang kurang/sedikit, sehingga pembahasan kurang mendetail dan tidak adanya warta pendukung yang disematkan dalam bentuk internal link, misalnya. Sehingga hal tersebut menimbulkan pengunjung eksklusif pergi tanpa mengunjungi postingan lainnya.
Kita sudah tahu apa itu bouncerate dan apa saja factor dan penyebab yang menimbulkan bounce rate blog menjadi besar. Nah bila kita sudah mengetahui penyebabnya, tentu Anda sanggup menganalisis apa saja yang harus diterapkan untuk memperbaiki dan merampingkan nilai bounce rate. Berikut ialah cara-caranya.
- Meningkatkan kecepatan loading blog
- Buat visitor untuk membaca lebih dari satu blog. Caranya dengan menanamkan internal link (link yang mengarah ke postingan lain).
- Sebisa mungkin buatlah blog yang memang berkualitas dengan judul yang menarik
- Bijak dalam pemasangan iklan pop up. Jika blog Anda terpasang iklan pop up / pop under, lebih baik setting iklannya semoga tidak tampil di perangkat mobile. Karena tidak jarang, iklan pop under yang tampil di HP sifatnya memaksa dan menipu. Misal ada peringatan perangkat terinfeksi virus, dan tombol back pun kemudian tidak berfungsi. Otomatis visitor pun eksklusif lari pada kunjungan pertama. Baca cara kondusif memasang iklan pop under di blog
Kita sudah paham bahwa salah satu indikator sebuah blog yang cantik ialah visitor akan betah berlama-lama bertahan di blog kita, membaca blog yang detail dan beralih dari satu blog ke blog lainnya yang saling terkait. Namun apakah angka bounce rate ini kuat pada ranking blog?
Berikut saya sajikan transkripnya.
Are stats from Analytics (bounce rate, time on site) a factor in a page’s or domain’s rangking? There is a very short answer which I give you a minute.
But I'll tell you a little story first which is at a PubCon a few years ago which is a webmaster World Conference somebody said, “Do you use Google Analytics and in web spam? and I said, “not only doing not used in web, I promise you, my team will never go and ask the analytics team to use their data.
And we’ve held true to that promise.” And I got asked this at the most recent PubCon and I was like, “Well, I know we don’t use it in Web spam. I don’t know about all of search quality. I don’t think that we do. But to my knowledge, no one uses it.”
So when I saw this question, I went ahead and I emailed the most senior, most knowledgeable person who would know about this. Anda I said, “We don’t use Google Analytics in our ranking in anyway, do we?” Anda the one word reply was, “No.” So, there you go. Taken a long time to say a relatively short answer, which is, “Google Analytics is not used in search quality in any way for our rankings.”
Nah, itulah klarifikasi perihal Apa itu bounce rate dan bagaimana efek bounce rate terhadap SEO blog. Mohon maaf dan mohon koreksi bila ada salah-salah. Boleh tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.
Salam.
0 komentar
Posting Komentar