Selasa, 27 Juni 2017

Inilah Pola Surat Balasan Akhir Komplain Pengaduan Barang Atau Produk

Inilah Pola Surat Balasan Akhir Komplain Pengaduan Barang Atau Produk

Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk. Pada aktivitas pembelian sebuah produk, penting diperhatikan bahwa produk yang kita pilih berkualitas baik. Produk dikatakan baik apabila tidak ada ketaknormalan secara fisik dan tidak rusak. Bila kita menentukan produk dan terdapat kerusakan pada produk maka kita berhak untuk mengajukan komplain atau pengaduan kerusakan barang. Pengaduan sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara salah satunya dengan memakai surat pengaduan barang.

Surat pengaduan barang ini ditujukan kepada penjual atau biro atas barang yang rusak, atau tidak sesuai pesanan yang dilakukan oleh konsumen. Surat yang diterima sebaiknya dilakukan jawaban kepada konsumen supaya konsumen merasa diperhatikan dan tidak dirugikan. Surat ini biasanya ditujukan kepada perusahaan sanggup toko, atau biro barang tersebut.

Surat pengaduan barang ini tergolong surat resmi sehingga kita perlu menciptakan surat dengan tata bahasa yang resmi baik yang kita tuliskan untuk penjual maupun jawaban kepada pembeli. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menulis surat jawaban pengaduan ini yakni penggunaan bahasa yang resmi/formal, sopan dan jelas.

Surat jawaban atas pengaduan barang atau produk mempunyai beberapa ciri khas diantaranya:
  1. Terdapat kalimat ungkapan terima kasih atas pengaduan yang dilakukan.
  2. Adanya ungkapan penyesalan sebab kejadian tersebut, sanggup juga ditambahkan alasan yang mendukung
  3. Adanya keputusan untuk menuntaskan dilema yang muncul
  4. Pemberian saran apabila muncul dilema di luar tanggung jawab penjual dan berupaya membantu pembeli
  5. Berusaha untuk meyakinkan pembeli bahwa kejadian tersebut tidak berulang.

Pembuatan surat ini penting untuk memperhatikan susunan dalam surat sebab surat ini bersifat resmi. Susunan yang ada didalam surat ini biasanya berisi
  1. Kop perusahaan sebagai kepala surat
  2. Lokasi dan tanggal surat
  3. Nomor surat dari perusahaan
  4. Menyertakan perihal surat dibuat
  5. Penambahan lampiran kalau diperlukan
  6. Alamat peserta (orang yang dituju)
  7. Isi yang meliputi klarifikasi sebelumnya
  8. Tanda tangan yang memperlihatkan keabsahan

Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang sebab Rusak dalam Pengiriman


PT. Karya Mandiri
Jln. Mawar No. 54
SURABAYA
===============================================================

Nomor  :  4/ADUAN/V/2016                                                           20 Mei 2016
Hal        :  Penggantian Kerusakan
Lamp    :  1 (satu) Lembar Faktur

Kepada
Yth. Pemilik Toko Elektronik Karya
Jln. Lawu No. 45
Kudus, Jawa Tengah

Dengan hormat,

Surat Saudara tertanggal 14 Mei 2016 dengan Nomor: 12/CS/V/34 mengenai perihal pengaduan kerusakan barang/produk, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat Saudara tersebut, kami segera melaksanakan konfirmasi dan pengecekan. Berdasarkan kroscek yang kami lakukan ternyata karyawan kami telah melaksanakan kesalahan dalam proses kemas sehingga menyebabkan barang pesanan Saudara mengalami kerusakan. Atas kejadian tersebut, kami selaku tubuh perjuangan mohon maaf yang sebesar-besarnya dan akan lebih memperhatikan pesanan Saudara supaya tidak ada kejadian berulang.

Kami akan mengirimkan 5 unit Oven yang gres sebagai bentuk penggantian barang pesanan Saudara yang mengalami kerusakan dan faktur orisinil pesanan atas nama Saudara.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Karya Mandiri


Mahmud, SE
Manajer Pemasaran

Contoh Surat Balasan Pengaduan Barang sebab Rusak dan penggantian



PT Tirta Mandiri
Jalan Bhayangkara No. 043
Gombong, Jawa Tengah

Nomor  :  12/BPB/X/2013                                                       18 Oktober 2013
Lamp     :  1 (satu) lembar
   
Kepada
CV Rekayasa
Jalan Kalurang Km. 17
Sleman, Yogyakarta

Hal        :  Balasan Pengaduan Barang

Dengan hormat,

Surat Saudara yang kami terima tertanggal 13 Okober 2013 dengan Nomor: 11/PKB/X/2013 perihal pengaduan kerusakan barang, telah kami terima dengan penuh perhatian.

Sehubungan dengan surat tersebut, kami segera mengirimkan teknisi untuk memperbaiki Mesin Cuci yang mengalami kerusakan.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kerusakan barang tersebut dan kami akan lebih memperhatikan pesanan Saudara selanjutnya supaya tidak terjadi kejadian serupa.

Kami juga berinisiatif mengatakan kepada Saudara, apabila Saudara berkenan menukarkan Mesin Cuci brand “Uchida” dengan brand “Panasonic” yang mutunya lebih baik, namun harganya sedikit lebih tinggi. Untuk memperjelas, kami juga melampirkan brosur produk sebagai informasi.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

    Hormat kami,
    PT Tirta Mandiri
 
 
    Hartono Raharjo
    Manajer Penjualan

teladan surat keluhan pelanggan ke perusahaan



 Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk Inilah Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk
contoh surat keluhan pelanggan ke perusahaan

 

teladan surat jawaban pengaduan keterlambatan pengiriman barang

contoh surat jawaban pengaduan keterlambatan pengiriman barang

 

teladan surat pengaduan barang rusak

 Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk Inilah Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk
contoh surat pengaduan barang rusak

teladan surat jawaban komplain harga mahal

 Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk Inilah Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk
contoh surat jawaban komplain harga mahal

teladan surat jawaban komplain harga mahal

 Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk Inilah Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk
contoh surat jawaban komplain harga mahal
Demikian artikel tentang Contoh Surat Jawaban Balasan Komplain Pengaduan Barang Atau Produk semoga bermanfaat, terima kasih