Membuat Blog Dengan Niche Yang Fokus Atau Campuran
Kali ini saya mau membahas perihal bagaimana cara menciptakan keputusan untuk membuat blog yang fokus pada satu niche atau yang menggunakan niche campuran. Mengapa ini sangat penting? Karena kedua jenis blog ini memiliki teknik meningkatkan secara optimal yang sangat berbeda. Saya coba membahasnya dengan bahasa yang sederhana, mudah-mudahan sanggup dipahami oleh teman-teman blogger pemula.
Inti dari meningkatkan secara optimal SEO yaitu relevansi
Saudara perlu mengetahui hal terpenting ini, bahwa tujuan saudara melaksanakan meningkatkan secara optimal yaitu menawarkan bahwa halaman web saudara yaitu yang paling relevan untuk kata kunci yang diketikkan oleh pencari. Relevan ini tentu saja dari segi meningkatkan secara optimal SEO onpage maupun offpage.
Apa itu SEO onpage dan SEO offpage? Saya tidak akan membahasnya panjang lebar di sini. Saya cuma akan menyampaikan bahwa onpage yaitu segala tindakan untuk meningkatkan relevansi saudara dengan mengutak-atik komponen halaman web saudara, baik itu pada bab <head> maupun <body>.
Sedangkan offpage yaitu segala tindakan menaikkan relevansi halaman web saudara tanpa mengedit halaman web saudara. Bahkan kalau ada jasa dukun untuk menaikkan ranking di Google, maka itu yaitu offpage (^_^)"....
Mana yang lebih gampang dioptimasi?
Tentu saja niche yang fokus akan lebih gampang untuk dioptimasi, dibandingkan dengan niche yang campuran. Kenapa? Alasannya sangat sederhana, alasannya yaitu jauh lebih gampang mempertahankan "relevansi" dari sebuah blog yang fokus membahas satu niche saja, daripada mempertahankan relevansi dari blog yang nichenya sangat campur aduk.
Saudara niscaya tahu bahwa kebanyakan website melaksanakan meningkatkan secara optimal offpage berfokus pada halaman homepagenya. Dan itu berarti halaman yang terbanyak mendapatkan poin itu yaitu homepage. Dengan demikian; halaman yang paling sanggup kita andalkan untuk menargetkan kata kunci yang memiliki persaingan yang berat yaitu halaman homepage.
Tapi pertanyaan akan muncul kalau menyangkut blog/website dengan niche campuran. Kata kunci apa yang akan anda meningkatkan secara optimal pada halaman homepagenya? Misalnya blog anda membahas dilema kesehatan, teknologi informasi, gadget, otomotif, dan kuliner. Kalau websitenya sudah begini; kata kunci apa yang hendak anda meningkatkan secara optimal pada halaman homepagenya?
Apakah anda mau mengoptimasi kata kunci "catatan harian saya", atau "blog kabar terbaru", atau "blog gosip hangat"? Yang mana saja yang anda pilih tidak akan membawa trafik yang besar untuk blog saudara.
Untuk blog gabungan menyerupai ini akan jauh lebih masuk logika kalau saudara mengoptimasi backlink dengan menggunakan anchor text berupa nama domain saudara atau merk saja. Karena tidak ada kata kunci yang cukup spesifik untuk dianggap relevan oleh Google....
Anda akan selalu tersingkir dengan blog-blog yang fokus membahas sebuah niche di bidang itu kalau fokus dari meningkatkan secara optimal anda bertumpu pada homepage. Karena anda tidak akan menjadi juara di niche kesehatan, teknologi, gadget, otomotif, ataupun kuliner.
Anda akan selalu tersingkir dengan blog-blog yang fokus membahas sebuah niche di bidang itu kalau fokus dari meningkatkan secara optimal anda bertumpu pada homepage. Karena anda tidak akan menjadi juara di niche kesehatan, teknologi, gadget, otomotif, ataupun kuliner.
Sebagai contoh: Anda tidak perlu memasang backlink dengan kata kunci "Resep Rendang Padang" alasannya yaitu anda tidak akan sanggup menguasai itu dengan mengandalkan halaman homepage, yang kadang ada cuplikan artikel obat herbal kanker, cara memperbaiki karburator motor, cara memasang BBM di android, dll.
Bukannya banyak blog dengan niche gabungan memiliki trafik yang besar?
Tentu, alasannya yaitu SEO itu bukanlah sesuatu yang sederhana. SEO itu sesuatu yang kompleks dan anda sanggup selalu mencari jalan untuk menciptakan website anda berhasil, selama ada niat untuk berusaha.
Dengan melaksanakan meningkatkan secara optimal offpage terpusat pada homepage sekalipun anda sanggup memanen trafik dengan melaksanakan ekstensifikasi blog. Yang saya maksudkan dengan ekstensifikasi di sini yaitu rajin-rajin memposting bermacam-macam artikel, alasannya yaitu selalu ada peluang untuk menguasai kata kunci panjang tanpa mengarahkan banyak backlink ke artikel-artikel anda (hanya mengandalkan anutan poin dari homepage)....
Makara kalau anda memiliki keterbatasan skill mencari backlink, maka cobalah menyebarkan pembahasan-pembahasan artikel anda. Siapa tahu anda sanggup menguasai kata-kata kunci versi long tailnya.
Kenapa harus menciptakan banyak artikel? Karena kata kunci yang panjang memiliki pencarian yang lebih sedikit alasannya yaitu semakin spesifik. Kalau anda hanya menguasai satu kata kunci long tail saja, maka trafiknya juga akan minim. Oleh alasannya yaitu itulah anda harus menciptakan artikel yang banyak, alasannya yaitu trafik yang sedikit kalau dikali banyak akan menjadi banyak juga....
Sebagai contoh: Anda memiliki blog dengan jumlah artikel 20.000 artikel. Jika setiap artikel sanggup mendapatkan rata-rata 3 kunjungan per hari, maka blog anda sanggup mendapatkan total 60.000 kunjungan per hari.
Website dengan banyak niche yang fokus
Kalau yang ini yaitu salah satu solusi lainnya, yaitu fokus pada banyak halaman yang berbeda. Ini dalam artian anda memperlakukan beberapa halaman-halaman artikel saudara hampir sama pentingnya dengan halaman homepage. Makara anda juga harus melaksanakan link building menuju homepage dan halaman-halaman sasaran lainnya....(mempertimbangkan untuk melaksanakan meningkatkan secara optimal halaman label, atau menciptakan subdomain/subfolder untuk masing-masing niche).
Fenomena halaman artikel melejit walaupun homepage tidak terlalu berpengaruh sanggup saudara amati pada halaman-halaman web yang diikutsertakan pada kontes SEO, alasannya yaitu terkadang meningkatkan secara optimal artikelnya sanggup lebih keras daripada halaman homepagenya sendiri. Kalau anda mengikuti beberapa kontes SEO, maka anda harus melaksanakan meningkatkan secara optimal untuk beberapa halaman sekaligus....
Fenomena halaman artikel melejit walaupun homepage tidak terlalu berpengaruh sanggup saudara amati pada halaman-halaman web yang diikutsertakan pada kontes SEO, alasannya yaitu terkadang meningkatkan secara optimal artikelnya sanggup lebih keras daripada halaman homepagenya sendiri. Kalau anda mengikuti beberapa kontes SEO, maka anda harus melaksanakan meningkatkan secara optimal untuk beberapa halaman sekaligus....
Inilah mengapa anda akan sanggup menemukan banyaknya spammer yang menumpuk berbagai link di dalam komentar mereka.
Apakah itu cara yang cerdas? Tidak juga.... alasannya yaitu semakin banyak backlink yang dicampur adukkan, maka akan semakin rendah juga kualitas dari halaman backlink itu. Dengan kata lain anda tetap harus mendapatkan halaman backlink yang lebih banyak lagi.... alasannya yaitu anda sudah memperbesar jumlah pembagi nilai backlink di tiap komentar saudara.
Makara apa kesimpulan yang sanggup ditarik di sini? Sederhana saja; semakin bermacam-macam niche yang ingin saudara angkat, maka itu akan sama dengan semakin banyaknya beban yang saudara lekatkan pada SEO. Makara menyerupai atlet angkat beban yang tidak sanggup mengangkat beban pemanis tanpa memperbesar ototnya; anda juga tidak akan sanggup memenangkan banyak kata kunci tanpa memperbanyak backlink anda.
Makara bolehkah menciptakan website dengan niche beragam?
Tentu boleh selama anda berpengaruh menciptakan banyak artikel ATAU berpengaruh mencari banyak backlink. Kenapa saya menggunakan kata ATAU? Karena SEO itu menyerupai gabungan beberapa faktor, kalau anda lemah di satu faktor, maka anda sanggup memperkuatnya di faktor lain. Tapi tentunya akan jauh lebih baik kalau anda berpengaruh di kedua solusi ini.
Peringatan:
Khusus pengguna blogger, harap diperhatikan bahwa blogger tidak menyukai blog yang membahas topik yang terlalu bervariasi dan tidak ada relevansi satu dan lainnya. Tapi kalau masih ada relevansi, maka tidak akan terlalu menjadi masalah.
Misalnya ketika blog anda membahas SEO dan Social Media itu tidak akan menjadi masalah. Tapi ketika blog anda membahas dilema SEO digabungkan dengan kuliner, maka itu sanggup menjadi dilema di kemudian hari ketika trafik blog saudara semakin berkembang.
Karena semakin ramai blog anda, maka semakin banyak resource dari server blogger yang akan saudara pakai, sehingga anda akan semakin menarik perhatian pengelola blogger. Saat didapati blog anda memuat banyak hal yang tidak relevan satu dan lainnya, maka potensi pembatalan akan membayangi blog saudara.
Peringatan:
Khusus pengguna blogger, harap diperhatikan bahwa blogger tidak menyukai blog yang membahas topik yang terlalu bervariasi dan tidak ada relevansi satu dan lainnya. Tapi kalau masih ada relevansi, maka tidak akan terlalu menjadi masalah.
Misalnya ketika blog anda membahas SEO dan Social Media itu tidak akan menjadi masalah. Tapi ketika blog anda membahas dilema SEO digabungkan dengan kuliner, maka itu sanggup menjadi dilema di kemudian hari ketika trafik blog saudara semakin berkembang.
Karena semakin ramai blog anda, maka semakin banyak resource dari server blogger yang akan saudara pakai, sehingga anda akan semakin menarik perhatian pengelola blogger. Saat didapati blog anda memuat banyak hal yang tidak relevan satu dan lainnya, maka potensi pembatalan akan membayangi blog saudara.