Minggu, 09 September 2018

Khutbah Idul Fitri 1439 H Prof. Dr. Al Yasa' Abubakar Di Takengon

Khutbah Idul Fitri 1439 H Prof. Dr. Al Yasa' Abubakar Di Takengon

MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

MENUJU MASYARAKAT YANG SANTUN, AMANAH DAN SEJAHTERA



                                                                                    Oleh: Al Yasa` Abubakar, Prof. Dr.



(Naskah Khutbah Hari Raya Idul Fitri 1439, Lapangan Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon, Jumat, 15 Juni 2018)





Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdu lillahi rabbil`Alamin; nahmaduhu wa nasta`inuhu, wa nastaghfiruhu min syururi anfusina wamin sayyi’ati a`malina; man yahdihil—Lahu fa la mudhilla lah, waman yudhlilhu fa la hadiya lah.

Ash-shalatu was-salamu `ala Muhammadin-il ladzi bu`itsa li-utammima makarima-l akhlaq, wa `ala alihi wa ashhabihi waman tabi`ahum bi-ihsanin ila yawmi-d din.

Asyhadu alla’ilaha illa-llahu wa asyhadu anna muhammadan Rasulullahi;



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wa subhanallahi bukrata-w wa ashila;

La-ilaha illallahu wahdahu, shadaqa wa`dahu, wa nashara `abdahu wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdah.

La-ilaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Puji dan syukur kita persembahkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta`ala; yang Maha Mengatur dan Menjaga Kehidupan dengan penuh perhitungan, yang selalu berbuat adil dan bijaksana; yang Maha Menentukan Nasib dan Membagi Rezeki dengan rahmat dan kasih sayang, yang memperlihatkan nalar dan nafsu kepada insan biar mereka sanggup menentukan jalan lurus yang akan membawa mereka kepada kebahagiaan, dan sanggup menghindarkan diri dari jalan sesat dan buntu yang akan membawa mereka kepada kegagalan dan penyesalan. Puji dan syukur untuk Zat yang menurunkan rahmat dan cobaan, yang memberi tantangan dan peluang, yang mendapatkan taubat tetapi juga menurunkan siksa; Zat yang selalu jaga, selalu mengawasi, tidak pernah tidur, tidak pernah lalai, tidak pernah silap, dan tidak pernah lupa. 

Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada junjungan umat;; Nabi Muhammad yang diutus Allah kepada umat insan untuk mengajarkan  akhlak dan sikap yang baik; yang dikirim Allah sebagai rahmat untuk seluruh alam, yang diberi  kitab suci sebagai pedoman untuk mensejahterakan dan membahagiakan insan di dunia dan di akhirat; shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada keluarga Rasul dan para Sahabatnya, yang telah berjuang dengan harta dan nyawa untuk membela Rasulullah dalam membuatkan Islam; shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada para pengikut ia yang patuh menjalankan aliran Al-qur’an hingga ke kiamat kelak.

Firman Allah dalam Al-qur’an, Al-Baqarah  ayat 185:

Ya Ayyuha-l ladzina amanu kutiba `alaykum-ush shiyamu kama kutiba `ala-l ladzina min qablikum la`allakum tattaqun.

Hadirin dann hadirat jamah shalat Idul Fitri yang berhadir.

Ada beberapa pesan yang tersirat puasa Ramadhan dan hari raya yang perlu kita raih. Namun pada kesempatan kini khatib ingin memusatkan perhatian pada dua buah saja, yang akan kita ulas untuk kita renungkan dan kita upayakan meraihnya. Pertama sekali kemampuan untuk memaafkan dan kemampuan untuk meminta maaf, sehingga setelah puasa dan hari raya ini kita menjadi orang yang higienis dari dosa. Yang kedua, kemampuan untuk menahan diri, menjaga emosi, dan mengendalikan perasaan; termasuk kedalamnya kemampuan untuk merasa selalu diawasi dan keyakinan bahwa semua yang kita kerjakan harus kita pertanggungjawabkan.

Harapannya setelah puasa selesai kita menjadi orang yang lebih berkualitas dari sebelumnya, lebih setia dan lebih bertanggung jawab kepada keluarga, lebih bertanggung jawab dan lebih amanah untuk semua yang dipercayakan kepada kita, dan menjadi lebih terbuka dalam pergaulan; sehingga kehadiran kita selalu memberi rahmat dan mendatangkan manfaat. Marilah kita berusaha biar kehadiran kita tidak mengakibatkan pertengkaran bagi orang di sekeliling kita, kehadiran kita tidak menjadikan keluarga atau masyarakat retak dan bahkan terbelah.

Saya yakin semua kita berharap rangkaian ibadat yang kita lakukan dalam bulan Ramadhan serta saling maaf memaafkan pada hari raya Idul Fitri yang mulia ini, akan menjadikan kita higienis dari dosa kepada Allah dan higienis juga dari dosa kepada sesama manusia. Puasa yang kita lakukan dengan nrimo dan sungguh-sungguh akan menjadikan kita mempoleh derajat taqwa, derajat paling tinggi yang sanggup dicapai seorang muslim dalam hubungannya dengan Khalik sang Pencipta, sesuai dengan ayat yang tadi sudah dibacakan.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.



Ada dua hadis sahih yang akan khatib kutip. Hadis pertama, Nabi bersabda man qama Ramadhana imanan wa-h tisaban ghufira lahu ma taqadama min dzanbihi. Maknanya lebih kurang, barangsiapa melaksanakan puasa dan amalan lainnya (terutama shalat tarawih, witir, sedekah, zakat fitrah) pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesadaran, maka dia akan memperoleh ampun atas semua dosa masa lalunya. Penuh keimanan artinya melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh karena ingin mematuhi perintah Allah; penuh kesadaran artinya melaksanakannya dengan baik dan benar, sesuai dengan rukun dan syaratnya dan lebih dari itu tidak dicampuri dengan perbuatan-perbuatan dosa. Hadis kedua berunyi, as-shiyamu junnah, fa-la yarfats, wa-la yajhal, wa-in-im ru’un qatalahu aw syatamahu, fa-l-yaqul inni sah’im marratayn. Maknanya, puasa itu mirip perisai (benteng) sehingga orang yang berpuasa tidak mengeluarkan kata-kata kotor atau mencaci maki. Kalau ada orang mengajaknya bertengkar/berkelahi atau mencaci makinya, maka dia hanya menjawab “saya sedang puasa”. Maksudnya jikalau orang melaksanakan puasa dengan benar dan sungguh-sungguh dia tidak akan bertengkar ataupun mengeluarkan kata-kata kotor. Kalau ada orang mengejeknya atau mengajaknya bertengkar, atau mengajaknya berbuat salah, maka dia akan menjawab saya sedang puasa. Tidak akan melayani lebih dari itu.

Menurut dua hadis ini, biar pahala atau nilai tambah dari puasa kita menjadi sempurna, yaitu menghapus dosa masa kemudian dan adanya peningkatan kualitas diri di masa depan, maka kita harus melaksanakan dua hal. Pertama di samping melaksanakan puasa, shalat tarawih, membaca Al-qur’an dan i`tikaf dengan khusyuk, kita juga harus  meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita rugikan atau kita sakiti hatinya secara tidka sah, karena Allah tidak akan mengampuni dosa kepada insan sebelum kita meminta maaf atau dimaafkan oleh orang yang bersangkutan. Kedua, puasa yang kita lakukan beserta rangkaian ibadah lainnya, menjadikan kita lebih mampu, bahkan benar-benar bisa menahan diri dari perbuatan dosa. Kemampuan ini muncul karena puasa yang kita lakukan menjadikan kita semakin yakin bahwa Allah SWT. mengawasi kita secara terus menerus, dan lebih dari itu, pada satu dikala nanti, kita musti mempertanggung-jawabkan semua pekerjaan dan sikap kita.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Dosa (termasuk utang) kepada sesama insan tidak akan diampuni oleh Allah Swt. sebelum dimaafkan oleh orang yang bersangkutan. Dosa kepada sesama insan ialah perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain. Ada yang dalam bentuk materil mirip utang yang terlambat dilunasi atau sama sekali tidak dilunasi, mengambil harta atau hak orang lain, seperti memindahkan pagar batas tanah secara tidak sah. Ada yang dalam bentuk moril mirip berlaku tidak adil, menuduh secara salah, mencemarkan nama baik, memanggil seseorang dengan nama atau gelar yang jelek atau tidak dia sukai, berbuat zalim dan aniaya (seperti memakai kekuasaan untuk menghalangi hak atau kesempatan yang seharusnya didapat oleh seseorang) dan sebagainya. Kalau kita terlanjur menciptakan kesalahan kepada seseorang, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, maka kita harus meminta maaf secara patut dan sungguh-sungguh kepada orang yang bersangkutan, dan gres setelah itu kita meminta ampun kepada Allah Swt.

Permintaan ini harus disampaikan secara patut, tulus dan sungguh-sungguh, alasannya ada seruan maaf yang dilakukan seseorang hanya secara basa basi; tidak secara sungguh-sungguh apalagi tulus. Misalnya sekedar bersalaman ketika berjumpa di jalanan atau tempat upacara. Ada juga yang meminta maaf secara serius, tetapi setelah dimaafkan, dia mengulangi kembali kesalahan tersebut. Ada juga orang yang minta maaf dengan setengah memaksa, contohnya denan cara memintanya di depan orang ramai. Kalau kita tidak meminta maaf secara patut, tulus dan sungguh-sungguh atas kesalahan yang kita lakukan kepada seseorang, maka masuk akal sekali sekiranya orang tersebut tidak memaafkannya dan karena itu Allah pun tidak akan mengampuninya, dan itu berarti puasa yang kita lakukan tidak sanggup mengampuni semua dosa masa kemudian kita.

Karena itu khatib mengajak semua kita, biar pada hari baik dan bulan baik ini, semua kita saling berkunjung bersilaturrahim, untuk meminta maaf dan memperlihatkan maaf. Permintaan maaf dan tunjangan maaf yang tulus pertama-tama hendaklah kita minta dan kita berikan kepada  keluarga dekat, orang-orang yang paling banyak bekerjasama dengan kita, orang yang paling kita kasihi dan sayangi, yaitu pasangan hidup serta anak dan orang tua; setelah itu gres kepada kerabat dan tetangga bersahabat lainnya; setelah itu kepada sahabat kerja dan sejawat, kepada handai dan taulan; dan setelah itu kepada semua orang yang pernah bekerjasama dengan kita. Jangan gengsi tidak mau atau aib meminta maaf, begitu juga sebaliknya tidak mau memberi maaf, karena menganggap kedudukan kita lebih tinggi dari orang tersebut.

Kita perlu meminta maaf kepada pasangan hidup dan keluarga dekat, karena biasanya kepada merekalah kita banyak berbuat dosa. Kewajiban kepada merekalah yang mungkin sekali tidak kita penuhi. Hati merekalah yang banyak kita sakiti. Sebagai suami atau ayah, sudahkah kita memperlihatkan nafkah, proteksi dan kasih sayang; begitu juga sebagai isteri atau ibu, sudahkah kita memperlihatkan perhatian, ketenteraman, kasih sayang dan perlindungan. Sudahkah kita berlaku adil kepada semua bawah umur kita; sudahkah kita memperlihatkan teladan dan teladan yang baik kepada mereka; sudahkah kita memperlihatkan motivasi, dorongan dan semangat  sehingga bawah umur kita menjadi orang yang jujur, rajin, suka bekerja keras, suka memaafkan dan bakir berkerja sama. Sudahkah kita berperilaku jujur dan tulus kepada pasangan kita masing-masing; apakah kita selaku suami selalu membawa rejeki yang halal ke rumah kita masing-masing; apakah kita selaku isteri telah mengelola ekonomi rumah tangga dengan hemat; sudahkah kita menjaga diam-diam rumah tangga dengan baik; pernahkah kita membohongi atau mengkhianati pasangan; pernahkah kita memaksa mereka, mengancam mereka, menyakiti hati mereka dan seterusnya. Sudahkah kita memperlihatkan perhatian,bakti dan menyantuni ayah dan ibu serta mertua kita. Sebagai insan tentu kita tidak sempurna. Paling kurang kita melaksanakan kesalahan tersebut secara tidak sengaja. Karena itu kita perlu meminta maaf denan tulus dan sungguh-sungguh.

Satu hal lagi yang sangat penting untuk diingat, setelah kita saling memaafkan, jangan lagi menciptakan dosa gres dengan menyakiti hati orang lain. Jangan lagi memakai kata-kata kasar, jangan memfitnah, jangan membuatkan kabar bohong. Jangan menuduh tanpa alasan yang terperinci dan juga jangan memaksakan kehendak, ingin selalu menang dan tidak mau disalahkan. Tumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang yang tulus kepada pasangan hidup, kepada anak-anak, cucu-cucu, orang renta ataupun mertua; kepada semua kerabat dalam keluarga besar, semua tetangga sekampung, dan semua kolega di tempat kerja.  

Dalam Al-qur’an surat al-Hujurat ayat 10, 11 dan 12, Allah berfirman yang maknanya lebih kurang: Sesungguhnya orang-orang mukmin itu saling bersaudara. Hendaklah kalian mendamaikan saudara kalian yang berselisih. Taatlah kepada Allah, mudah-mudahan kalian akan diberi rahmat.

Wahai orang-orang mukmin, janganlah satu kelompok merendahkan kelompok lainnya. Boleh jadi kelompok yang direndahkan itu lebih baik dari kelompok yang merendahkan. Janganlah seorang wanita merendahkan wanita lainnya, boleh jadi wanita yang direndahkan itu lebih baik dari wanita yang merendahkan. Janganlah kalian mencela sesama mukmin secara sembunyi-sembunyi. Jangan pula kalian memakai panggilan (gelar) yang buruk-buruk. Seburuk-buruk panggilan kepada orang yang beriman ialah panggilan masa jahiliah. Siapa saja yang tidak mau bertaubat dari dosanya maka mereka itu ialah orang-orang yang zalim.







Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wahdah shadaqa wa`dah wa nashara `abdahu. Wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdahu.

Lailaha illa-llahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

            Untuk pesan yang tersirat yang kedua, puasa yang kita lakukan hendaknya bisa mengakibatkan perasaan dan keyakinan bahwa kita selalu dalam pengawasan dan pada satu dikala nanti wajib mempertanggungjawabkan semua yang kita kerjakan. Puasa hendaknya sanggup mengakibatkan keyakinan pada kita bahwa semua yang kita kerjakan diawasi dan karena itu akan diketahui dan diberi ganjaran. Perbuatan baik akan menerima ganjaran baik dan perbuatan jelek akan menerima ganjaran buruk. Kita musti mempertanggungjawabkan semua sikap dan perbuatan kita. Keyakinan perihal adanya pengawasan dan kewajiban bertanggung jawab seharusnya sanggup menjadikan kita patuh pada peraturan, tidak melaksanakan pelanggaran, tidak mau berbuat curang, tidak mau berbohong, dan seterusnya. Dengan kata lain puasa seharunya menjadikan kita tidak mau dan tidka akan berani melakukan dosa.

            Berbohong dan mengumpat ialah perbuatan dosa; mencuri dan menipu ialah pebuatan dosa, meminum khamar atau mengkonsumsi narkoba ialah perbuatan dosa. Kapan saja dikerjakan, perbuatan-perbuatan di atas akan menjadikan pelakunya berdosa. Tetapi menurut hadis di atas tadi, kalau dilakukan dalam Ramadhan, di samping memperoleh dosa, perbuatan-perbuatan tersebut akan menghilangkan pahala puasa. Kaprikornus orang yang mengumpat dalam bulan Ramadhan, di samping memperoleh dosa karena mengumpat, menjadikan puasa yang dia lakukan kehilangan pahala. Dengan istilah dagang, puasa tersebut tidak memperlihatkan keuntungan, tetapi hanya sekedar pulang modal atau tidak rugi. Dengan kata lain puasa tersebut tidka memperlihatkan nilai tambah kepada pelakunya.

Hikmah yang kedua ini perlu lebih kita renungkan, karena dalam hidup keseharian di tengah masyarakat, masih kita temukan banyak perbuatan jelek mirip penipuan, kecurangan, pungli dan sogok menyogok, banyak sekali kezaliman dan sifat tidak bertanggung jawab, yang pada satu dikala nanti niscaya merugikan diri sendiri, setelah bulan rahmat kita lalui. Dalam watak Gayo ada beberapa sifat jelek yang seharusnya kita hindari, tetapi masih kita temukan di tengah masyarakat, mirip suka mencampuri urusan orang lain, coco, celo, sifat pengecut, geson, peterih, sifat pemalas, merke, tayuh, suka lepas tangan dan tidka mau bertanggungjawab, nume aku, gere mukemel.

Menurut khatib, berpengaruh dugaan seseorang berani melaksanakan perbuatan buruk, berani melanggar hukum, tidka takut kepada dosa, ialah karena dua hal. Pertama dia tidak pernah diajari dan karena itu tidak tahu bahwa dia selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggung jawabkan semua pekerjaan dan perilakunya. Kedua, sebagai akhir dari yang pertama keimanan atau keyakinan bahwa dia diawasi dan musti mempertanggung jawabkan semua pekerjaannya, relatif rendah dan bahkan tidak ada sama sekali. Kaprikornus dia tidka yakin bahwa perbuatan jelek yang dia lakukan pada balasannya nanti niscaya menerima jawaban jelek dan perbuatan baik yang dia lakukan pada balasannya nanti niscaya menerima jawaban baik. Dengan dua alasannya ini, walaupun kita katakan kepada seseorang bahwa dia diawasi dan akan dieksekusi jikalau berbuat salah, dia tidak akan takut karena tidak tahu dan lebih parah lagi dia tidka takut karena tidka percaya.

Menurut khatib kita perlu mengajar, mendidik dan menanamkan keyakinan yang berpengaruh kepada generasi muda kita bahwa insan dalam hidup selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggungjawabkan semua sikap dan perbuatannya, dan akan diberi imbalan sesuai dengan perbuatan tersebut. Firman Allah dalam surat al-Zilzalah:

Fa man ya`mal mitsqala dzarratin khayran yarah wa man ya`mal mitsqala dzarratin syarran yarah.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd

Khatib melalui khutbah singkat ini mengajak semua jamaah untuk merenung dan berpikir, apa yang perlu dan sebaiknya kita lakukan bagi bawah umur dan cucu-cucu kita para generasi muda, biar mereka memiliki keyakinan yang berpengaruh bahwa mereka selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggungjawabkan semua pekerjaan dan perilakunya. Perilaku baik akan menerima imbalan baik dan sikap jelek akan menerima imbalan buruk.   

Pembentukan kebiasaan dan penanaman sifat-sifat, apakah yang akan ditanam tersebut sifat yang baik ataupun sifat yang buruk, lumrahnya selalu terjadi secara berangsur-angsur, dimulai dari masa kanak-kanak di tengah keluarga, yang lantas diperkuat oleh sekolah dan disempurnkan oleh masyarakat. Begitu juga perasaan dan keyakinan pada seseorang bahwa dia selalu diawasi dan musti mempertanggung-jawabkan semua yang sudah dia kerjakan, musti diajarkan dan dicontohkan kepada mereka semenjak masa kanak-kanak di dalam keluarga, diperkuat oleh sekolah dan dimatangkan oleh masyarakat.

Karena dianggap penting, Khatib mohon izin, untuk memperlihatkan sebuah ilustrasi mengenai cara menanamkan nilai dan keyakinan bahwa semua kita diawasi dan semua pekerjaan dan sikap kita akan dimintai pertanggunganjawab. Mungkin semua orang renta memperlihatkan jajan kepada anaknya setiap pagi hari ketika anaknya pergi ke sekolah. Tetapi apakah kita pernah bertanya kepada anak kita bagaimana dan untuk apa uang tersebut dia gunakan. Menurut khatib dengan cara ini kita sudha mengajari dan memberi tahu anak bahwa dia diawasi dan musti memberi klarifikasi atas pekerjaan yang dia lakukan. Pekerjaan menanyakan uang jajan bisa kita lanjutkan dengan menanyakan pelajaran sekolah, menilik tugas-tugas, buku-buku dan isi tas, meminta anak bercerita perihal kegiatan harian dan temannya bermain, penggunaan HP dan sebagainya. Syukur jikalau kita sudah pernah melakukannya, apalagi jikalau menanyakannya secara rutin. Tetapi jikalau ada ayah dan ibu yang belum melakukannya khatib menghimbau biar hal itu dilakukan. Anak tidak akan menolak jikalau hal ini sudah dilakukan semenjak anak kelas satu MIN atau SD. Tapi dia akan terkejut dan mungkin menolak jikalau kegiatan ini dilakukan secara tiba-tiba, ketika dia sudah di kursi SMU atau MAN. Si anak akan merasa kebebasannya terganggu. Si anak akan merasa bahwa ayah dan ibunya tidak berhak menilik tas sekolah atau barang milik pribadinya. Lebih dari itu mungkin sekali si anak akan sangat terkejut dan bahkan tidka siap sama sekali ketika ketika pengawasan baru dia terima sesudah sesudah dia dewasa, ketika dia bekerja, dilakukan oleh atasannya.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Hadirin hadirat Jamaah Idul Fitri yang  dirahmati Allah.

Di pihak lain ada orang renta yang membiarkan anaknya mengambil uang lebih ketika disuruh membeli sesuatu. Ayah atau ibu merasa puas ketika anak menyerahkan barang yang tadi disuruh dia beli sehingga tidak bertanya kepada anak berapa harga barang yang dia beli dan berapa sisa uangnya. Ayah atau ibu tidak meminta anak menyerahkan uang sisa tersebut, mungkin menganggapnya “sebagai upah” atau mengagapnya tidak apa-apa, karena jumlahnya relatif kecil/sedikit. Menurut khatib, perbuatan ini jikalau sering dilakukan sehingga menjadi semacam kebiasaaan, maka secara tidak pribadi sudah mengajari anak untuk tidak amanah, yaitu boleh mengambil sisa uang apabila pekerjaan sudah dilakukan.

Ilustrasi di atas bisa dilanjutkan dengna banyak teladan lain, bagaimana orang renta secara sadar atau tidka telah mengajari anaknya untuk merasa tidak akan diawasi dan tidak perlu mempertanggungjawabkan sikap dan perkerjaan yang dipercayakan kepadanya. Dengan kata lain, anak tersebut telah diajari bahkan dibiasakan untuk boleh tidka amanah. Pada tataran selanjutnya, kebiasaan ini akan menjadikan anak merasa boleh membiarkan pekerjaannya terbengkalai, boleh ditinggalkan secara begitu saja dan dia tidak akan peduli  apakah perbuatan itu akan merugikan orang lain atau tidak. 

Kalau hal ini terbentuk menjadi kebiasaan di tengah masyarakat, maka banyak sekali penyakit masyarakat akan muncul, mirip kebiasaan untuk berbuat curang, menipu, mencuri, hingga kepada terjadinya keretakan rumah tangga yang akan berujung pada perselingkuhan, perceraian dan penelantaran anak-anak.

Kalau sikap jelek di atas sudah menjadi sifat dan kebiasaan seseorang, maka puasa Ramadhan tidak akan bisa menjadi penangkal yang sanggup mengubah orang tersebut dari berperilaku jelek menjadi berperilaku baik secara tiba-tiba. Menurut penulis puasa Ramadhan akan memperlihatkan nilai tambah, akan sanggup membangun dan mengarahkan seseorang meningkatkan kualitas diri dan setelah itu kualitas masyarakat menjadi masyarakat yang santun amanah dan sejahtera, apabila arah pendidikan dan pembentukan nilai di dalam keluarga dan masyarakat telah sejalan dengan cita-cita Al-qur’an. Kalau pendidikan tidka diarahkan dan kebiasaan di dalam masyarakat dibiarkan liar tidak terkendali, maka salah satu pesan yang tersirat dan tujuan berpuasa, yaitu terbentuknya masyarakat yang santun dan amanah menuju masyarakat yang sejahtera sukar akan tercapai.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Untuk memperbaiki keadaan ini, harus ada upaya sungguh-sungguh dari Pemda gotong royong dengan masyarakat secara keseluruhan, terutama sekali keluarga sebagai elemen terkecilnya. Harus disusun planning kerja yang menyeluruh dan berkelanjutan yang terperinci langkah dan tahapannya mengenai bagaimana menanamkan keyakinan kepada semua warga, bahwa semua orang diawasi dan semua orang akan dimintai pertanggungan jawab atas pekerjaan dan perilakunya. Harus kita tanamkan keyakinan, bahwa kita sepatutnya merasa berdosa karena membiarkan bawah umur kita menjadi liar tanpa tuntunan dan moral agama. Sepatutnya kita merasa berdosa kerena melahirkan generasi masa depan yang kurang bakir dan lemah, yang tidak bisa mengatur dirinya sendiri. Sepatutnya kita aib kepada saudara-saudara kita di daerah dan negeri lain, karena kita tidka bisa menyiapkan generasi yang siap bertanding dan bersaing untuk menjalani kehidupan, yang berpengaruh dugaan akan semakin kompetitif dan keras. Kita harus aib karena bawah umur kita yang sangat potensial karena relatif cerdas dan rajin, yang relatif sehat-sehat karena lahir dan dibesarkan di negeri yang subur dan kaya ini, menjadi tersia-siakan di tangan para orang renta yang kurang bertanggung jawab, di tangan masyarakat yang tidak peduli, di tangan pemerintah tempat yang kurang memberi perhatian. Semua kita harusnya resah karena harus  mempertanggung-jawabkan kesalahan dan ketiak-pedulian ini di depan Allah di hari alam abadi nanti.

Allah berfirman dalam An-Nisa’ ayat 9 yang maknanya lebih kurang, Para orang renta hendaknya takut kepada Allah apabila nanti mereka meninggalkan generasi muda yang lemah, yang dikuatirkan tidak akan bisa mensejahterakan diri mereka. Oleh alasannya itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar lagi tepat. Melalui ayat ini Allah memberi peringatan, bahwa kita selaku orang renta (generasi sekarang) harus merasa kuatir dan was-was sekiranya generasi muda kita menjadi oang-orang yang tidak bisa mensejahterakan dirinya.

Dalam Ar-Ra`d ayat 11 ditemukan firman yang maknanya lebih kurang, Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib (keadaan) suatu kaum/bangsa kecuali mereka mengubah apa yang ada dalam dada/hatinya terlebih dahulu. Allah tidak akan mendukung perubahan yang diusahakan oleh suatu bangsa sebelum mereka melaksanakan perubahan sikap mental (nilai budaya) kea rah yang baik terlebih dahulu.

Dalam surat Al-Hasyr ayat 18 Allah berfirman yang maknanya lebih kurang, Wahai orang-orang mukmin, taatlah kepada Allah. Hendaklah setiap orang menyiapkan diri untuk masa depan (merencanakan masa depannya). Taatlah kepada Allah. Allah Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan. Kalau kita menginginkan kebahagiaan, kemuliaan dan kemampuan untuk bersaing dengan masyarakat lain, maka kita harus menyiapkan dan merencanakan masa depan kita dengan baik dan sungguh-sungguh.



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Salah satu hikmah puasa yaitu membentuk masyarakat yang santun, amanah dan sejahtera dapat kita jadikan sebagai pintu masuk untuk mengetuk kesadaran hati nurani kita. Pada tingkat keluarga kita mulai dengan saling memaafkan, setelah itu kita iringi dengan menumbuhkan kesetiaan dan tanggung jawab, menghidupkan kepercayaan dan kasih sayang, dan mengupayakan keterbukaan, saling mendapatkan serta saling membantu antar pihak di dalam keluarga. Pada tingkat masyarakat kita mulai dengan menumbuhkan kepedulian dan kebernaian untuk menegur dan mengingatkan secara baik-baik para remaja yang berbuat salah di wilayah kita dan mengawasi bahkan jikalau perlu menutup semua tempat yang berpotensi menjadikan bawah umur dan remaja kita terperosok ke dalam perbuatan salah, melanggar aturan aturan dan agama, yang akan merusak kesehatan, serta menjadikan mereka tertinggal dalam pendidikan. Pada tingkat Pemda perlu tindakan yang tegas dan berkesinambungan dalam bentuk amar makruf dan nahi munkar. Maksudnya Pemda perlu mendorong sikap dan kegiatan yang faktual serta menindak secara tegas kegiatan dan sikap yan negatif atau berpotensi menjadikan bawah umur muda kita sebagai orang yang lemah yang setelah remaja nanti tidak bisa mandiri.



Alhamdu lillahi rabbil`Alamin; Nahmaduhu, wa Nasta`inuhu, wa Nastaghfiruhu wa natubu ilayh.

Ash-shalatu was-salamu `ala Muhammadin asyrafil anbya’i wa-l mursalin wa `ala alihi wa ashhabihi waman tabi`hum bi-ihsanin ila yawmi-d din.

Asyhadu allailaha illa-llahu wa ashhadu anna muhammadan Rasulullahi;

Ibadallah ushikum wa iyyaya bitaqwa-llahi fa qad faza-l muttaqun.

Ya Ayyuha-l ladzina amanu qu anfusakum wa ahlikum naran wa quduha-n nasu wa-l hijarah; `alayha malaikatun ghiladzun syidadun la ya`shuna-llaha ma amarahum wa yaf`aluna ma yu‘marun. At-Tahrim ayat 6.

Wahai orang yang  beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari siksa api neraka, yang materi bakarnya ialah insan dan kerikil (berhala). Malaikat yang kekar lagi agresif menjaganya. Mereka tidak pernah menyalahi perintah yang diberikan Allah kepada mereka, dan sebaliknya mereka senantiasa melaksanakan perintah-Nya.



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wa subhanallahi bukrata-w wa ashila;

shadaqa wa`dahu, wa nashara `abdahu wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdah.

Lailaha illallahu wala na`budu illa iyyahu mukhlishina lahu-ddin.

Lailaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.



Ya Allah bukakanlah hati kami untuk saling memaafkan, saling menghargai dan saling menghormati. Ya Allah dekatkanlah hati kami sehingga kami saling bersilaturrahim dan selalu memperkuat ukhuwwah diantara kami. Ya Allah yang Maha Bijaksana jadikanlah keluarga kami keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah; jadikan kami orang yang bisa membesarkan bawah umur kami dengna cinta dan kasih sayang, jauhkan kami dari sifat memanjakan atau tidka peuli terhadap anak-anak.   

Beri kami kemampuan untuk berperilaku ekonomis tapi pemurah dan hindarkan kami dari perilaku boros atau kikir. Ya Allah berilah kekuatan dan kemampuan kepada kami untuk meningkatkan kualitas hidup dan sanggup mengamalkan semua perintah-perintah Mu. Ya Allah beri kami kecerdasan dan bukakan mata hati kami sehingga sanggup mendidik dan membesarkan bawah umur kami sesuai dengan aliran dan tuntunan Mu. Ya Allah mudahkanlah rezeki kami dan beri kekuatan kepada kami untuk menggunakannya secara hemat. Ya Allah jadikanlah kami orang-orang yang gigih dalam  belajar dan berusaha serta tabah dalam mendapatkan cobaan dan penderitaan.

Ya Allah, jauhkanlah dari kami sifat dengki dan iri hati. Hindarkan kami dari sifat besar kepala dan tinggi hati. Jauhkan kami dari sifat malas, tamak dan cepat merasa puas.  Ya Allah kami berlinduug kepada Mu dari sifat zalim dan aniaya, dari sifat penjilat dan cari muka, dari sifat pengecut dan khianat.

Ya Allah jadikanlah pemimpin kami orang-orang yang bertanggung jawab, jujur dan amanah yang terhindar dari korupsi; yang sungguh-sungguh menjalankan jadwal dan memiliki visi berjangkauan jauh ke depan untuk mensejahterakan masyarakat dan penduduk di kabupaten ini. Ya Allah ya Tuhan kami kepada Mu kami persembahkan bakti, kepada Mu kami minta pertolongan dan kepada Mu pula kami berserah diri.

Allahumma-ghfir lilmuslimina wa-l muslimat wa-l mukminina wa-l mukminat, al-ahya’i minhum wa-l amwat innaka sami`un qaribun mujib-ud dakwat wa qadhiy-al hajat; rabbana atina fid-dunya hasanah wa fi-l akhirati hasanah wa qina adzaba-n nar.

Selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, taqabbalallahu minna wa minkum; kullu `am wa antum bikhayr.

Assalamu alaikum warahamtullahi wa barkatuh.



                        Banda Aceh, 08 Juni 2018 M, bertepatan 23 Ramadhan 1439 H.


_____________________



Disebarkan atas izin dari Prof. Al Yasa' Abubakar.


Baca juga Penyampaian Prof Al Yasa' Abubakar perihal hal berikut ini:

- Peran Ulama Dalam Penguatan Ekonomi Ummat

- Tiga Model Pemahaman Keagamaan

- Kedudukan Perempuan Menurut Model Pemahaman Tajdid
Khutbah Idul Fitri 1439 H Prof. Dr. Al Yasa' Abubakar Di Takengon

Khutbah Idul Fitri 1439 H Prof. Dr. Al Yasa' Abubakar Di Takengon

MENINGKATKAN KUALITAS DIRI

MENUJU MASYARAKAT YANG SANTUN, AMANAH DAN SEJAHTERA



                                                                                    Oleh: Al Yasa` Abubakar, Prof. Dr.



(Naskah Khutbah Hari Raya Idul Fitri 1439, Lapangan Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon, Jumat, 15 Juni 2018)





Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdu lillahi rabbil`Alamin; nahmaduhu wa nasta`inuhu, wa nastaghfiruhu min syururi anfusina wamin sayyi’ati a`malina; man yahdihil—Lahu fa la mudhilla lah, waman yudhlilhu fa la hadiya lah.

Ash-shalatu was-salamu `ala Muhammadin-il ladzi bu`itsa li-utammima makarima-l akhlaq, wa `ala alihi wa ashhabihi waman tabi`ahum bi-ihsanin ila yawmi-d din.

Asyhadu alla’ilaha illa-llahu wa asyhadu anna muhammadan Rasulullahi;



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wa subhanallahi bukrata-w wa ashila;

La-ilaha illallahu wahdahu, shadaqa wa`dahu, wa nashara `abdahu wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdah.

La-ilaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Puji dan syukur kita persembahkan ke hadirat Allah Subhanahu wa Ta`ala; yang Maha Mengatur dan Menjaga Kehidupan dengan penuh perhitungan, yang selalu berbuat adil dan bijaksana; yang Maha Menentukan Nasib dan Membagi Rezeki dengan rahmat dan kasih sayang, yang memperlihatkan nalar dan nafsu kepada insan biar mereka sanggup menentukan jalan lurus yang akan membawa mereka kepada kebahagiaan, dan sanggup menghindarkan diri dari jalan sesat dan buntu yang akan membawa mereka kepada kegagalan dan penyesalan. Puji dan syukur untuk Zat yang menurunkan rahmat dan cobaan, yang memberi tantangan dan peluang, yang mendapatkan taubat tetapi juga menurunkan siksa; Zat yang selalu jaga, selalu mengawasi, tidak pernah tidur, tidak pernah lalai, tidak pernah silap, dan tidak pernah lupa. 

Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada junjungan umat;; Nabi Muhammad yang diutus Allah kepada umat insan untuk mengajarkan  akhlak dan sikap yang baik; yang dikirim Allah sebagai rahmat untuk seluruh alam, yang diberi  kitab suci sebagai pedoman untuk mensejahterakan dan membahagiakan insan di dunia dan di akhirat; shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada keluarga Rasul dan para Sahabatnya, yang telah berjuang dengan harta dan nyawa untuk membela Rasulullah dalam membuatkan Islam; shalawat dan salam juga kita sampaikan kepada para pengikut ia yang patuh menjalankan aliran Al-qur’an hingga ke kiamat kelak.

Firman Allah dalam Al-qur’an, Al-Baqarah  ayat 185:

Ya Ayyuha-l ladzina amanu kutiba `alaykum-ush shiyamu kama kutiba `ala-l ladzina min qablikum la`allakum tattaqun.

Hadirin dann hadirat jamah shalat Idul Fitri yang berhadir.

Ada beberapa pesan yang tersirat puasa Ramadhan dan hari raya yang perlu kita raih. Namun pada kesempatan kini khatib ingin memusatkan perhatian pada dua buah saja, yang akan kita ulas untuk kita renungkan dan kita upayakan meraihnya. Pertama sekali kemampuan untuk memaafkan dan kemampuan untuk meminta maaf, sehingga setelah puasa dan hari raya ini kita menjadi orang yang higienis dari dosa. Yang kedua, kemampuan untuk menahan diri, menjaga emosi, dan mengendalikan perasaan; termasuk kedalamnya kemampuan untuk merasa selalu diawasi dan keyakinan bahwa semua yang kita kerjakan harus kita pertanggungjawabkan.

Harapannya setelah puasa selesai kita menjadi orang yang lebih berkualitas dari sebelumnya, lebih setia dan lebih bertanggung jawab kepada keluarga, lebih bertanggung jawab dan lebih amanah untuk semua yang dipercayakan kepada kita, dan menjadi lebih terbuka dalam pergaulan; sehingga kehadiran kita selalu memberi rahmat dan mendatangkan manfaat. Marilah kita berusaha biar kehadiran kita tidak mengakibatkan pertengkaran bagi orang di sekeliling kita, kehadiran kita tidak menjadikan keluarga atau masyarakat retak dan bahkan terbelah.

Saya yakin semua kita berharap rangkaian ibadat yang kita lakukan dalam bulan Ramadhan serta saling maaf memaafkan pada hari raya Idul Fitri yang mulia ini, akan menjadikan kita higienis dari dosa kepada Allah dan higienis juga dari dosa kepada sesama manusia. Puasa yang kita lakukan dengan nrimo dan sungguh-sungguh akan menjadikan kita mempoleh derajat taqwa, derajat paling tinggi yang sanggup dicapai seorang muslim dalam hubungannya dengan Khalik sang Pencipta, sesuai dengan ayat yang tadi sudah dibacakan.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.



Ada dua hadis sahih yang akan khatib kutip. Hadis pertama, Nabi bersabda man qama Ramadhana imanan wa-h tisaban ghufira lahu ma taqadama min dzanbihi. Maknanya lebih kurang, barangsiapa melaksanakan puasa dan amalan lainnya (terutama shalat tarawih, witir, sedekah, zakat fitrah) pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesadaran, maka dia akan memperoleh ampun atas semua dosa masa lalunya. Penuh keimanan artinya melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh karena ingin mematuhi perintah Allah; penuh kesadaran artinya melaksanakannya dengan baik dan benar, sesuai dengan rukun dan syaratnya dan lebih dari itu tidak dicampuri dengan perbuatan-perbuatan dosa. Hadis kedua berunyi, as-shiyamu junnah, fa-la yarfats, wa-la yajhal, wa-in-im ru’un qatalahu aw syatamahu, fa-l-yaqul inni sah’im marratayn. Maknanya, puasa itu mirip perisai (benteng) sehingga orang yang berpuasa tidak mengeluarkan kata-kata kotor atau mencaci maki. Kalau ada orang mengajaknya bertengkar/berkelahi atau mencaci makinya, maka dia hanya menjawab “saya sedang puasa”. Maksudnya jikalau orang melaksanakan puasa dengan benar dan sungguh-sungguh dia tidak akan bertengkar ataupun mengeluarkan kata-kata kotor. Kalau ada orang mengejeknya atau mengajaknya bertengkar, atau mengajaknya berbuat salah, maka dia akan menjawab saya sedang puasa. Tidak akan melayani lebih dari itu.

Menurut dua hadis ini, biar pahala atau nilai tambah dari puasa kita menjadi sempurna, yaitu menghapus dosa masa kemudian dan adanya peningkatan kualitas diri di masa depan, maka kita harus melaksanakan dua hal. Pertama di samping melaksanakan puasa, shalat tarawih, membaca Al-qur’an dan i`tikaf dengan khusyuk, kita juga harus  meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita rugikan atau kita sakiti hatinya secara tidka sah, karena Allah tidak akan mengampuni dosa kepada insan sebelum kita meminta maaf atau dimaafkan oleh orang yang bersangkutan. Kedua, puasa yang kita lakukan beserta rangkaian ibadah lainnya, menjadikan kita lebih mampu, bahkan benar-benar bisa menahan diri dari perbuatan dosa. Kemampuan ini muncul karena puasa yang kita lakukan menjadikan kita semakin yakin bahwa Allah SWT. mengawasi kita secara terus menerus, dan lebih dari itu, pada satu dikala nanti, kita musti mempertanggung-jawabkan semua pekerjaan dan sikap kita.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Dosa (termasuk utang) kepada sesama insan tidak akan diampuni oleh Allah Swt. sebelum dimaafkan oleh orang yang bersangkutan. Dosa kepada sesama insan ialah perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain. Ada yang dalam bentuk materil mirip utang yang terlambat dilunasi atau sama sekali tidak dilunasi, mengambil harta atau hak orang lain, seperti memindahkan pagar batas tanah secara tidak sah. Ada yang dalam bentuk moril mirip berlaku tidak adil, menuduh secara salah, mencemarkan nama baik, memanggil seseorang dengan nama atau gelar yang jelek atau tidak dia sukai, berbuat zalim dan aniaya (seperti memakai kekuasaan untuk menghalangi hak atau kesempatan yang seharusnya didapat oleh seseorang) dan sebagainya. Kalau kita terlanjur menciptakan kesalahan kepada seseorang, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, maka kita harus meminta maaf secara patut dan sungguh-sungguh kepada orang yang bersangkutan, dan gres setelah itu kita meminta ampun kepada Allah Swt.

Permintaan ini harus disampaikan secara patut, tulus dan sungguh-sungguh, alasannya ada seruan maaf yang dilakukan seseorang hanya secara basa basi; tidak secara sungguh-sungguh apalagi tulus. Misalnya sekedar bersalaman ketika berjumpa di jalanan atau tempat upacara. Ada juga yang meminta maaf secara serius, tetapi setelah dimaafkan, dia mengulangi kembali kesalahan tersebut. Ada juga orang yang minta maaf dengan setengah memaksa, contohnya denan cara memintanya di depan orang ramai. Kalau kita tidak meminta maaf secara patut, tulus dan sungguh-sungguh atas kesalahan yang kita lakukan kepada seseorang, maka masuk akal sekali sekiranya orang tersebut tidak memaafkannya dan karena itu Allah pun tidak akan mengampuninya, dan itu berarti puasa yang kita lakukan tidak sanggup mengampuni semua dosa masa kemudian kita.

Karena itu khatib mengajak semua kita, biar pada hari baik dan bulan baik ini, semua kita saling berkunjung bersilaturrahim, untuk meminta maaf dan memperlihatkan maaf. Permintaan maaf dan tunjangan maaf yang tulus pertama-tama hendaklah kita minta dan kita berikan kepada  keluarga dekat, orang-orang yang paling banyak bekerjasama dengan kita, orang yang paling kita kasihi dan sayangi, yaitu pasangan hidup serta anak dan orang tua; setelah itu gres kepada kerabat dan tetangga bersahabat lainnya; setelah itu kepada sahabat kerja dan sejawat, kepada handai dan taulan; dan setelah itu kepada semua orang yang pernah bekerjasama dengan kita. Jangan gengsi tidak mau atau aib meminta maaf, begitu juga sebaliknya tidak mau memberi maaf, karena menganggap kedudukan kita lebih tinggi dari orang tersebut.

Kita perlu meminta maaf kepada pasangan hidup dan keluarga dekat, karena biasanya kepada merekalah kita banyak berbuat dosa. Kewajiban kepada merekalah yang mungkin sekali tidak kita penuhi. Hati merekalah yang banyak kita sakiti. Sebagai suami atau ayah, sudahkah kita memperlihatkan nafkah, proteksi dan kasih sayang; begitu juga sebagai isteri atau ibu, sudahkah kita memperlihatkan perhatian, ketenteraman, kasih sayang dan perlindungan. Sudahkah kita berlaku adil kepada semua bawah umur kita; sudahkah kita memperlihatkan teladan dan teladan yang baik kepada mereka; sudahkah kita memperlihatkan motivasi, dorongan dan semangat  sehingga bawah umur kita menjadi orang yang jujur, rajin, suka bekerja keras, suka memaafkan dan bakir berkerja sama. Sudahkah kita berperilaku jujur dan tulus kepada pasangan kita masing-masing; apakah kita selaku suami selalu membawa rejeki yang halal ke rumah kita masing-masing; apakah kita selaku isteri telah mengelola ekonomi rumah tangga dengan hemat; sudahkah kita menjaga diam-diam rumah tangga dengan baik; pernahkah kita membohongi atau mengkhianati pasangan; pernahkah kita memaksa mereka, mengancam mereka, menyakiti hati mereka dan seterusnya. Sudahkah kita memperlihatkan perhatian,bakti dan menyantuni ayah dan ibu serta mertua kita. Sebagai insan tentu kita tidak sempurna. Paling kurang kita melaksanakan kesalahan tersebut secara tidak sengaja. Karena itu kita perlu meminta maaf denan tulus dan sungguh-sungguh.

Satu hal lagi yang sangat penting untuk diingat, setelah kita saling memaafkan, jangan lagi menciptakan dosa gres dengan menyakiti hati orang lain. Jangan lagi memakai kata-kata kasar, jangan memfitnah, jangan membuatkan kabar bohong. Jangan menuduh tanpa alasan yang terperinci dan juga jangan memaksakan kehendak, ingin selalu menang dan tidak mau disalahkan. Tumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang yang tulus kepada pasangan hidup, kepada anak-anak, cucu-cucu, orang renta ataupun mertua; kepada semua kerabat dalam keluarga besar, semua tetangga sekampung, dan semua kolega di tempat kerja.  

Dalam Al-qur’an surat al-Hujurat ayat 10, 11 dan 12, Allah berfirman yang maknanya lebih kurang: Sesungguhnya orang-orang mukmin itu saling bersaudara. Hendaklah kalian mendamaikan saudara kalian yang berselisih. Taatlah kepada Allah, mudah-mudahan kalian akan diberi rahmat.

Wahai orang-orang mukmin, janganlah satu kelompok merendahkan kelompok lainnya. Boleh jadi kelompok yang direndahkan itu lebih baik dari kelompok yang merendahkan. Janganlah seorang wanita merendahkan wanita lainnya, boleh jadi wanita yang direndahkan itu lebih baik dari wanita yang merendahkan. Janganlah kalian mencela sesama mukmin secara sembunyi-sembunyi. Jangan pula kalian memakai panggilan (gelar) yang buruk-buruk. Seburuk-buruk panggilan kepada orang yang beriman ialah panggilan masa jahiliah. Siapa saja yang tidak mau bertaubat dari dosanya maka mereka itu ialah orang-orang yang zalim.







Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wahdah shadaqa wa`dah wa nashara `abdahu. Wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdahu.

Lailaha illa-llahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

            Untuk pesan yang tersirat yang kedua, puasa yang kita lakukan hendaknya bisa mengakibatkan perasaan dan keyakinan bahwa kita selalu dalam pengawasan dan pada satu dikala nanti wajib mempertanggungjawabkan semua yang kita kerjakan. Puasa hendaknya sanggup mengakibatkan keyakinan pada kita bahwa semua yang kita kerjakan diawasi dan karena itu akan diketahui dan diberi ganjaran. Perbuatan baik akan menerima ganjaran baik dan perbuatan jelek akan menerima ganjaran buruk. Kita musti mempertanggungjawabkan semua sikap dan perbuatan kita. Keyakinan perihal adanya pengawasan dan kewajiban bertanggung jawab seharusnya sanggup menjadikan kita patuh pada peraturan, tidak melaksanakan pelanggaran, tidak mau berbuat curang, tidak mau berbohong, dan seterusnya. Dengan kata lain puasa seharunya menjadikan kita tidak mau dan tidka akan berani melakukan dosa.

            Berbohong dan mengumpat ialah perbuatan dosa; mencuri dan menipu ialah pebuatan dosa, meminum khamar atau mengkonsumsi narkoba ialah perbuatan dosa. Kapan saja dikerjakan, perbuatan-perbuatan di atas akan menjadikan pelakunya berdosa. Tetapi menurut hadis di atas tadi, kalau dilakukan dalam Ramadhan, di samping memperoleh dosa, perbuatan-perbuatan tersebut akan menghilangkan pahala puasa. Kaprikornus orang yang mengumpat dalam bulan Ramadhan, di samping memperoleh dosa karena mengumpat, menjadikan puasa yang dia lakukan kehilangan pahala. Dengan istilah dagang, puasa tersebut tidak memperlihatkan keuntungan, tetapi hanya sekedar pulang modal atau tidak rugi. Dengan kata lain puasa tersebut tidka memperlihatkan nilai tambah kepada pelakunya.

Hikmah yang kedua ini perlu lebih kita renungkan, karena dalam hidup keseharian di tengah masyarakat, masih kita temukan banyak perbuatan jelek mirip penipuan, kecurangan, pungli dan sogok menyogok, banyak sekali kezaliman dan sifat tidak bertanggung jawab, yang pada satu dikala nanti niscaya merugikan diri sendiri, setelah bulan rahmat kita lalui. Dalam watak Gayo ada beberapa sifat jelek yang seharusnya kita hindari, tetapi masih kita temukan di tengah masyarakat, mirip suka mencampuri urusan orang lain, coco, celo, sifat pengecut, geson, peterih, sifat pemalas, merke, tayuh, suka lepas tangan dan tidka mau bertanggungjawab, nume aku, gere mukemel.

Menurut khatib, berpengaruh dugaan seseorang berani melaksanakan perbuatan buruk, berani melanggar hukum, tidka takut kepada dosa, ialah karena dua hal. Pertama dia tidak pernah diajari dan karena itu tidak tahu bahwa dia selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggung jawabkan semua pekerjaan dan perilakunya. Kedua, sebagai akhir dari yang pertama keimanan atau keyakinan bahwa dia diawasi dan musti mempertanggung jawabkan semua pekerjaannya, relatif rendah dan bahkan tidak ada sama sekali. Kaprikornus dia tidka yakin bahwa perbuatan jelek yang dia lakukan pada balasannya nanti niscaya menerima jawaban jelek dan perbuatan baik yang dia lakukan pada balasannya nanti niscaya menerima jawaban baik. Dengan dua alasannya ini, walaupun kita katakan kepada seseorang bahwa dia diawasi dan akan dieksekusi jikalau berbuat salah, dia tidak akan takut karena tidak tahu dan lebih parah lagi dia tidka takut karena tidka percaya.

Menurut khatib kita perlu mengajar, mendidik dan menanamkan keyakinan yang berpengaruh kepada generasi muda kita bahwa insan dalam hidup selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggungjawabkan semua sikap dan perbuatannya, dan akan diberi imbalan sesuai dengan perbuatan tersebut. Firman Allah dalam surat al-Zilzalah:

Fa man ya`mal mitsqala dzarratin khayran yarah wa man ya`mal mitsqala dzarratin syarran yarah.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd

Khatib melalui khutbah singkat ini mengajak semua jamaah untuk merenung dan berpikir, apa yang perlu dan sebaiknya kita lakukan bagi bawah umur dan cucu-cucu kita para generasi muda, biar mereka memiliki keyakinan yang berpengaruh bahwa mereka selalu diawasi dan pada satu dikala nanti musti mempertanggungjawabkan semua pekerjaan dan perilakunya. Perilaku baik akan menerima imbalan baik dan sikap jelek akan menerima imbalan buruk.   

Pembentukan kebiasaan dan penanaman sifat-sifat, apakah yang akan ditanam tersebut sifat yang baik ataupun sifat yang buruk, lumrahnya selalu terjadi secara berangsur-angsur, dimulai dari masa kanak-kanak di tengah keluarga, yang lantas diperkuat oleh sekolah dan disempurnkan oleh masyarakat. Begitu juga perasaan dan keyakinan pada seseorang bahwa dia selalu diawasi dan musti mempertanggung-jawabkan semua yang sudah dia kerjakan, musti diajarkan dan dicontohkan kepada mereka semenjak masa kanak-kanak di dalam keluarga, diperkuat oleh sekolah dan dimatangkan oleh masyarakat.

Karena dianggap penting, Khatib mohon izin, untuk memperlihatkan sebuah ilustrasi mengenai cara menanamkan nilai dan keyakinan bahwa semua kita diawasi dan semua pekerjaan dan sikap kita akan dimintai pertanggunganjawab. Mungkin semua orang renta memperlihatkan jajan kepada anaknya setiap pagi hari ketika anaknya pergi ke sekolah. Tetapi apakah kita pernah bertanya kepada anak kita bagaimana dan untuk apa uang tersebut dia gunakan. Menurut khatib dengan cara ini kita sudha mengajari dan memberi tahu anak bahwa dia diawasi dan musti memberi klarifikasi atas pekerjaan yang dia lakukan. Pekerjaan menanyakan uang jajan bisa kita lanjutkan dengan menanyakan pelajaran sekolah, menilik tugas-tugas, buku-buku dan isi tas, meminta anak bercerita perihal kegiatan harian dan temannya bermain, penggunaan HP dan sebagainya. Syukur jikalau kita sudah pernah melakukannya, apalagi jikalau menanyakannya secara rutin. Tetapi jikalau ada ayah dan ibu yang belum melakukannya khatib menghimbau biar hal itu dilakukan. Anak tidak akan menolak jikalau hal ini sudah dilakukan semenjak anak kelas satu MIN atau SD. Tapi dia akan terkejut dan mungkin menolak jikalau kegiatan ini dilakukan secara tiba-tiba, ketika dia sudah di kursi SMU atau MAN. Si anak akan merasa kebebasannya terganggu. Si anak akan merasa bahwa ayah dan ibunya tidak berhak menilik tas sekolah atau barang milik pribadinya. Lebih dari itu mungkin sekali si anak akan sangat terkejut dan bahkan tidka siap sama sekali ketika ketika pengawasan baru dia terima sesudah sesudah dia dewasa, ketika dia bekerja, dilakukan oleh atasannya.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu Akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Hadirin hadirat Jamaah Idul Fitri yang  dirahmati Allah.

Di pihak lain ada orang renta yang membiarkan anaknya mengambil uang lebih ketika disuruh membeli sesuatu. Ayah atau ibu merasa puas ketika anak menyerahkan barang yang tadi disuruh dia beli sehingga tidak bertanya kepada anak berapa harga barang yang dia beli dan berapa sisa uangnya. Ayah atau ibu tidak meminta anak menyerahkan uang sisa tersebut, mungkin menganggapnya “sebagai upah” atau mengagapnya tidak apa-apa, karena jumlahnya relatif kecil/sedikit. Menurut khatib, perbuatan ini jikalau sering dilakukan sehingga menjadi semacam kebiasaaan, maka secara tidak pribadi sudah mengajari anak untuk tidak amanah, yaitu boleh mengambil sisa uang apabila pekerjaan sudah dilakukan.

Ilustrasi di atas bisa dilanjutkan dengna banyak teladan lain, bagaimana orang renta secara sadar atau tidka telah mengajari anaknya untuk merasa tidak akan diawasi dan tidak perlu mempertanggungjawabkan sikap dan perkerjaan yang dipercayakan kepadanya. Dengan kata lain, anak tersebut telah diajari bahkan dibiasakan untuk boleh tidka amanah. Pada tataran selanjutnya, kebiasaan ini akan menjadikan anak merasa boleh membiarkan pekerjaannya terbengkalai, boleh ditinggalkan secara begitu saja dan dia tidak akan peduli  apakah perbuatan itu akan merugikan orang lain atau tidak. 

Kalau hal ini terbentuk menjadi kebiasaan di tengah masyarakat, maka banyak sekali penyakit masyarakat akan muncul, mirip kebiasaan untuk berbuat curang, menipu, mencuri, hingga kepada terjadinya keretakan rumah tangga yang akan berujung pada perselingkuhan, perceraian dan penelantaran anak-anak.

Kalau sikap jelek di atas sudah menjadi sifat dan kebiasaan seseorang, maka puasa Ramadhan tidak akan bisa menjadi penangkal yang sanggup mengubah orang tersebut dari berperilaku jelek menjadi berperilaku baik secara tiba-tiba. Menurut penulis puasa Ramadhan akan memperlihatkan nilai tambah, akan sanggup membangun dan mengarahkan seseorang meningkatkan kualitas diri dan setelah itu kualitas masyarakat menjadi masyarakat yang santun amanah dan sejahtera, apabila arah pendidikan dan pembentukan nilai di dalam keluarga dan masyarakat telah sejalan dengan cita-cita Al-qur’an. Kalau pendidikan tidka diarahkan dan kebiasaan di dalam masyarakat dibiarkan liar tidak terkendali, maka salah satu pesan yang tersirat dan tujuan berpuasa, yaitu terbentuknya masyarakat yang santun dan amanah menuju masyarakat yang sejahtera sukar akan tercapai.



Allahu Akbar,  Allahu  Akbar,  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar,  Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Untuk memperbaiki keadaan ini, harus ada upaya sungguh-sungguh dari Pemda gotong royong dengan masyarakat secara keseluruhan, terutama sekali keluarga sebagai elemen terkecilnya. Harus disusun planning kerja yang menyeluruh dan berkelanjutan yang terperinci langkah dan tahapannya mengenai bagaimana menanamkan keyakinan kepada semua warga, bahwa semua orang diawasi dan semua orang akan dimintai pertanggungan jawab atas pekerjaan dan perilakunya. Harus kita tanamkan keyakinan, bahwa kita sepatutnya merasa berdosa karena membiarkan bawah umur kita menjadi liar tanpa tuntunan dan moral agama. Sepatutnya kita merasa berdosa kerena melahirkan generasi masa depan yang kurang bakir dan lemah, yang tidak bisa mengatur dirinya sendiri. Sepatutnya kita aib kepada saudara-saudara kita di daerah dan negeri lain, karena kita tidka bisa menyiapkan generasi yang siap bertanding dan bersaing untuk menjalani kehidupan, yang berpengaruh dugaan akan semakin kompetitif dan keras. Kita harus aib karena bawah umur kita yang sangat potensial karena relatif cerdas dan rajin, yang relatif sehat-sehat karena lahir dan dibesarkan di negeri yang subur dan kaya ini, menjadi tersia-siakan di tangan para orang renta yang kurang bertanggung jawab, di tangan masyarakat yang tidak peduli, di tangan pemerintah tempat yang kurang memberi perhatian. Semua kita harusnya resah karena harus  mempertanggung-jawabkan kesalahan dan ketiak-pedulian ini di depan Allah di hari alam abadi nanti.

Allah berfirman dalam An-Nisa’ ayat 9 yang maknanya lebih kurang, Para orang renta hendaknya takut kepada Allah apabila nanti mereka meninggalkan generasi muda yang lemah, yang dikuatirkan tidak akan bisa mensejahterakan diri mereka. Oleh alasannya itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar lagi tepat. Melalui ayat ini Allah memberi peringatan, bahwa kita selaku orang renta (generasi sekarang) harus merasa kuatir dan was-was sekiranya generasi muda kita menjadi oang-orang yang tidak bisa mensejahterakan dirinya.

Dalam Ar-Ra`d ayat 11 ditemukan firman yang maknanya lebih kurang, Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib (keadaan) suatu kaum/bangsa kecuali mereka mengubah apa yang ada dalam dada/hatinya terlebih dahulu. Allah tidak akan mendukung perubahan yang diusahakan oleh suatu bangsa sebelum mereka melaksanakan perubahan sikap mental (nilai budaya) kea rah yang baik terlebih dahulu.

Dalam surat Al-Hasyr ayat 18 Allah berfirman yang maknanya lebih kurang, Wahai orang-orang mukmin, taatlah kepada Allah. Hendaklah setiap orang menyiapkan diri untuk masa depan (merencanakan masa depannya). Taatlah kepada Allah. Allah Maha Mengetahui apa yang kalian lakukan. Kalau kita menginginkan kebahagiaan, kemuliaan dan kemampuan untuk bersaing dengan masyarakat lain, maka kita harus menyiapkan dan merencanakan masa depan kita dengan baik dan sungguh-sungguh.



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Lailaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.

Salah satu hikmah puasa yaitu membentuk masyarakat yang santun, amanah dan sejahtera dapat kita jadikan sebagai pintu masuk untuk mengetuk kesadaran hati nurani kita. Pada tingkat keluarga kita mulai dengan saling memaafkan, setelah itu kita iringi dengan menumbuhkan kesetiaan dan tanggung jawab, menghidupkan kepercayaan dan kasih sayang, dan mengupayakan keterbukaan, saling mendapatkan serta saling membantu antar pihak di dalam keluarga. Pada tingkat masyarakat kita mulai dengan menumbuhkan kepedulian dan kebernaian untuk menegur dan mengingatkan secara baik-baik para remaja yang berbuat salah di wilayah kita dan mengawasi bahkan jikalau perlu menutup semua tempat yang berpotensi menjadikan bawah umur dan remaja kita terperosok ke dalam perbuatan salah, melanggar aturan aturan dan agama, yang akan merusak kesehatan, serta menjadikan mereka tertinggal dalam pendidikan. Pada tingkat Pemda perlu tindakan yang tegas dan berkesinambungan dalam bentuk amar makruf dan nahi munkar. Maksudnya Pemda perlu mendorong sikap dan kegiatan yang faktual serta menindak secara tegas kegiatan dan sikap yan negatif atau berpotensi menjadikan bawah umur muda kita sebagai orang yang lemah yang setelah remaja nanti tidak bisa mandiri.



Alhamdu lillahi rabbil`Alamin; Nahmaduhu, wa Nasta`inuhu, wa Nastaghfiruhu wa natubu ilayh.

Ash-shalatu was-salamu `ala Muhammadin asyrafil anbya’i wa-l mursalin wa `ala alihi wa ashhabihi waman tabi`hum bi-ihsanin ila yawmi-d din.

Asyhadu allailaha illa-llahu wa ashhadu anna muhammadan Rasulullahi;

Ibadallah ushikum wa iyyaya bitaqwa-llahi fa qad faza-l muttaqun.

Ya Ayyuha-l ladzina amanu qu anfusakum wa ahlikum naran wa quduha-n nasu wa-l hijarah; `alayha malaikatun ghiladzun syidadun la ya`shuna-llaha ma amarahum wa yaf`aluna ma yu‘marun. At-Tahrim ayat 6.

Wahai orang yang  beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari siksa api neraka, yang materi bakarnya ialah insan dan kerikil (berhala). Malaikat yang kekar lagi agresif menjaganya. Mereka tidak pernah menyalahi perintah yang diberikan Allah kepada mereka, dan sebaliknya mereka senantiasa melaksanakan perintah-Nya.



Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar  Allahu  Akbar  Allahu Akbar;

Allahu Akbar kabira walhamdu lillahi katsira wa subhanallahi bukrata-w wa ashila;

shadaqa wa`dahu, wa nashara `abdahu wa a`azza jundahu wa hazama-l ahzaba wahdah.

Lailaha illallahu wala na`budu illa iyyahu mukhlishina lahu-ddin.

Lailaha illallahu wallahu akbar Allahu Akbar walillahi-l hamd.



Ya Allah bukakanlah hati kami untuk saling memaafkan, saling menghargai dan saling menghormati. Ya Allah dekatkanlah hati kami sehingga kami saling bersilaturrahim dan selalu memperkuat ukhuwwah diantara kami. Ya Allah yang Maha Bijaksana jadikanlah keluarga kami keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah; jadikan kami orang yang bisa membesarkan bawah umur kami dengna cinta dan kasih sayang, jauhkan kami dari sifat memanjakan atau tidka peuli terhadap anak-anak.   

Beri kami kemampuan untuk berperilaku ekonomis tapi pemurah dan hindarkan kami dari perilaku boros atau kikir. Ya Allah berilah kekuatan dan kemampuan kepada kami untuk meningkatkan kualitas hidup dan sanggup mengamalkan semua perintah-perintah Mu. Ya Allah beri kami kecerdasan dan bukakan mata hati kami sehingga sanggup mendidik dan membesarkan bawah umur kami sesuai dengan aliran dan tuntunan Mu. Ya Allah mudahkanlah rezeki kami dan beri kekuatan kepada kami untuk menggunakannya secara hemat. Ya Allah jadikanlah kami orang-orang yang gigih dalam  belajar dan berusaha serta tabah dalam mendapatkan cobaan dan penderitaan.

Ya Allah, jauhkanlah dari kami sifat dengki dan iri hati. Hindarkan kami dari sifat besar kepala dan tinggi hati. Jauhkan kami dari sifat malas, tamak dan cepat merasa puas.  Ya Allah kami berlinduug kepada Mu dari sifat zalim dan aniaya, dari sifat penjilat dan cari muka, dari sifat pengecut dan khianat.

Ya Allah jadikanlah pemimpin kami orang-orang yang bertanggung jawab, jujur dan amanah yang terhindar dari korupsi; yang sungguh-sungguh menjalankan jadwal dan memiliki visi berjangkauan jauh ke depan untuk mensejahterakan masyarakat dan penduduk di kabupaten ini. Ya Allah ya Tuhan kami kepada Mu kami persembahkan bakti, kepada Mu kami minta pertolongan dan kepada Mu pula kami berserah diri.

Allahumma-ghfir lilmuslimina wa-l muslimat wa-l mukminina wa-l mukminat, al-ahya’i minhum wa-l amwat innaka sami`un qaribun mujib-ud dakwat wa qadhiy-al hajat; rabbana atina fid-dunya hasanah wa fi-l akhirati hasanah wa qina adzaba-n nar.

Selamat hari raya, mohon maaf lahir dan batin, taqabbalallahu minna wa minkum; kullu `am wa antum bikhayr.

Assalamu alaikum warahamtullahi wa barkatuh.



                        Banda Aceh, 08 Juni 2018 M, bertepatan 23 Ramadhan 1439 H.


_____________________



Disebarkan atas izin dari Prof. Al Yasa' Abubakar.


Baca juga Penyampaian Prof Al Yasa' Abubakar perihal hal berikut ini:

- Peran Ulama Dalam Penguatan Ekonomi Ummat

- Tiga Model Pemahaman Keagamaan

- Kedudukan Perempuan Menurut Model Pemahaman Tajdid
Memilih Fujur Atau Taqwa

Memilih Fujur Atau Taqwa

Minggu kemudian kita sudah membahas perihal insan yang diciptakan oleh Allah dengan fitrah dalam surah al-Rum ayat 30. Fitrah kita pahami sebagai pengetahuan keimanan atau potensi tauhid yang Allah ciptakan bagi setiap manusia. Dengan potensi fitrah itu kita menjadi beragama dengan agama yang benar, berakidah dengan iman yang benar. Fitrah itu tetap ada pada setiap manusia, beliau tidak berubah. Hanya saja insan bisa dipengaruhi oleh unsur di luar dirinya untuk menjauhi fitrah itu.
Kita sampaikan hadis bahwa setiap insan lahir ke dunia dengan fitrah yang sama, yaitu fitrah bertauhid. Namun, lingkungan dan faktor dari luarlah yang menimbulkan beliau tidak sejalan dengan fitrahnya. Dalam surah al-A’raf ayat 172 juga diinformasikan bahwa dikala kita belum terlahir ke dunia, kita telah bersaksi bahwa benar Allah Tuhan Kita. Kesaksian itu juga ialah bukti adanya fitrah bertauhid yang ada pada setiap manusia.
Pada pertemuan kali ini kita lanjutkan pembahasan perihal bagaimana insan melanjutkan kehidupannya setealah terlahir ke dunia. Sebelumnya insan telah bersyahadat mentauhidkan Allah sebagaimana dalam surah al-A'raf ayat 172. Kita lanjutkan kajian dengan membahas Firman Allah dalam surat al-Syams ayat 7-10
وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا(7) فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا(8) قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا(9) وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا(10
Demi jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. sebetulnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sebetulnya merugilah orang yang mengotorinya. (Q.S. al-Syams/ 91: 7-10)
Pada ayat pertama hingga ayat keenam surah al-Syams ini Allah bersumpah dengan matahari, bulan, siang, malam, langit dan bumi serta atribut yang menempel padanya. Matahari dengan sinarnya di waktu duha, bulan yang berputar mengelilingi matahari, siang yang terang alasannya ada matahari, malam yang gelap alasannya sinar matahari tertutup di pecahan belahan bumi yang lain, langit yang tanpa tiang ini, bumi yang luas tak bertepi ini. Enam hal yang disebut Allah itu berpasangan satu sama lainnya. Matahari dan bulan, siang dan malam, langit dan bumi.
Maka pada ayat ketujuh ini Allah bersumpah dengan diri insan dan penyempurnaan penciptaannya. Jika dibandingkan antara insan dengan makhluk lain yang disebutkan pada ayat pertama hingga keenam di atas, maka sanggup dikatakan bahwa insan ialah makhluk yang kecil. Akan tetapi, ada hal lain yang diberikan oleh Allah kepada insan yang tidak diberikan kepada enam makhluk besar di atas. Pada ayat kedelapan disebutkan bahwa insan di-ilham-kan oleh Allah fujur dan taqwa. Sementara enam makhluk sebelumnya tidak diberi hal yang sama  oleh Allah.
Jika dicermati ayat ini akan ditemukan bahwa diri insan diberi sebuah potensi oleh Allah. Potensi itu tidak diberikan kepada makhluk lain selain manusia. Bahkan, potensi itu tidak diberikan kepada makhluk sebesar matahari, bulan, siang, malam, langit ataupun bumi.
Potensi yang dimaksud dalam bahasa ayat ini ialah ilham. Hamka memahami inspirasi dalam ayat ini dengan petunjuk yang diberikan kepada insan untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. Ia berupa potensi yang diberikan kepada insan untuk menentukan pilihan. Pilihan itu hanya ada dua yaitu fujur yang akan menghantarkan kepada kesengsaraan dan hal-hal celaka lainnya. Pilihan lain ialah taqwa yang akan membawa insan kepada kebahagiaan dan keselamatan. Ini juga sebagai bukti kecintaan Allah kepada hambanya. Sebagaimana juga disebutkan oleh surat al-Balad ayat 10 وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ (dan Kami telah memperlihatkan kepada insan dua jalan mendaki).
Al-Zamakhsyari memahami ilham pada ayat ini berupa potensi yang diberikan Allah kepada diri insan untuk memahami dan memikirkan bahwa ada yang baik dan ada yang buruk. Dengan Ilham/ potensi itu sekaligus memungkinkan insan untuk menentukan pilihan di antara kedua hal baik dan jelek itu. Hal itu ditunjukkan oleh ungkapan ayat selanjutnya yang menyampaikan bahwa yang beruntung ialah orang yang membersihkan jiwanya dan merugilah orang yang mengotori jiwanya. Membersihkan jiwa dengan cara mengikuti taqwa, dan mengotori jiwa dengan cara mengikuti fujur.

Berdasarkan hal ini, maka masuk akal kalau orang yang berbuat kebaikan sanggup ganjaran dari kebaikannya dan orang yang berbuat hal-hal yang tidak baik juga menerima ganjaran dari perbuatannya. Karena perbuatan yang dilakukan ialah atas dasar pilihannya sendiri. Allah memperlihatkan daya dan kemampuan bagi setiap insan untuk mengetahui kebaikan dan keburukan.
Kekotoran yang paling berbahaya bagi jiwa ialah perbuatan syirik atau menyekutukan Tuhan dengan yang lain, mendustakan kebenaran yang disampaikan Rasul, atau bersifat hasad-dengki kepada sesama manusia, benci dendam, sombong, arogan dan lain-lain.  Kekotoran jiwa akan membuka pintu kepada banyak sekali kejahatan yang besar. Sebagai salah satu bukti dari kekotoran jiwa itu ialah menyerupai perbuatan kaum Tsamud sebagaimana dijelaskan oleh kelanjutan ayat ini.
Sebagai penutup, kita ulangi bahwa dengan inspirasi yang Allah berikan memungkinkan insan untuk mengetahui mana yang baik dan yang buruk. Selanjutnya kita tinggal menentukan mengikuti yang baik atau mengikuti yang buruk. Jika kita ikuti yang baik, berarti kita menjaga diri kita tetap berada dalam fitrah. Sebaliknya, mengikuti keburukan berarti mengotori jiwa kita. 

Ini saja yang kita sampaikan, selanjutnya mungkin kita bisa lanjutkan dengan pembahasan mengenai kebaikan dan keburukan pada kesempatan berikutnya. Insya Allah. Semoga bermanfaat.
_____
Disampaikan pertama kali untuk pengajian subuh di Masjid Taqwa Muhammadiyah Aceh Tengah pada hari Kamis 21 Syawal 1439 H/ 5 Juli 2018 M
 Waspada serangan jantung pada anak muda

Waspada serangan jantung pada anak muda

Penyakit jantung merupakan penyakit yang perlu diwaspadai karena penyakit ini dapat merengut nyawa seseorang secara tiba-tiba dan tidak hanya dialami oleh orang yang tua namun bisa juga terjadi pada anak-anak muda, sehingga penyakit jantung ini jangan pernah dianggap remeh namun alangkah baiknya kita selalu menjaga pola hidup sehat yang tentunya sangat bermanfaat agar bisa terhindar dari penyakit jantung.

Penting juga bagi generasi muda saat ini ada beberapa hal yang perlu diketahui agar terhindar dari penyakit jantung yang jika tidak berhati-hati bisa mengakibatkan kematian, untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini seperti yang dilansir oleh Men's Health.

1. Mengenali faktor resiko penyebab terjadinya serangan jantung
Ada baiknya sejak muda kita sudah mengetahui apa saja faktor resiko terjadinya serangan jantung seperti kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, adanya sejarah medis dalam keluarga dan stres, semuanya itu sangat beresiko memicu terjadinya serangan jantung pada seseorang karena itu kita perlu waspada dan sebisa mungkin kita menghindari faktor-faktor resiko tersebut agar kita bisa terbebas dari serangan jantung.

 merupakan penyakit yang perlu diwaspadai karena penyakit ini dapat merengut nyawa seseora  Waspada serangan jantung pada anak muda2. Stres yang berlebihan dan berkepanjangan
Akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang mengalami stres, tidak hanya terjadi pada orang tua namun banyak juga terjadi pada generasi muda saat ini, bisa karena faktor ekonomi, kesehatan, tuntutan pekerjaan, hubungan dengan orang lain dan masih banyak faktor lainnya, karena itu kita perlu waspada jika mengalami stres yang berat dan berkepanjangan karena seiring berjalannya waktu banyak penyakit yang siap datang dalam tubuh kita dan salah satunya adalah penyakit jantung.
Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa dengan adanya stres yang berat maka sangat mempengaruhi kesehatan jantung seseorang sehingga orang yang mengalami stres berat sangat berpeluang besar mengalami penyakit jantung koroner atau memicu terjadinya serangan jantung yang tiba-tiba.
Jika anda sedang mengalami stres yang berat dan berkepanjangan anda bisa pergi ke psikolog atau jika stres masih tergolong ringan kita bisa melakukan meditasi, yoga, melakukan teknik relaksasi, mendengarkan musik atau lainnya agar stres tidak berkepanjangan.

3. Mulai melakukan perubahan pola hidup sehat
Dengan mulai merubah pola hidup kita yang tidak sehat maka akan sangat bermanfaat untuk menjauhkan kita dari penyakit jantung, apalagi jika kita sudah menyadari banyak faktor resiko penyakit jantung yang mungkin terjadi pada tubuh kita maka seharusnya kita bertindak cepat dengan mengubah pola hidup kita yang tidak sehat tersebut dengan melakukan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, berhenti merokok, memperbaiki pola makan, hindari makan makanan yang tidak sehat, memperbanyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan dan tentunya menghindari stres maka kita akan dijauhkan dari penyakit jantung.

4. Jika mengalami gejala penyakit jantung maka jangan pernah mengabaikannya
Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah rasa sakit di sekitar dada dan nafas yang mulai semakin pendek sehingga misal kita berjalan menaiki tangga kadang kita akan seperti sesak nafas dan tersengal-sengal dan mudah lelah, jika kita sering mengalami hal ini maka jangan pernah mengabaikannya segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan jantung kita agar kita dapat segera mengambil tindakan pencegahan.

5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Saat kita memiliki sejarah medis keluarga yang mengalami penyakit jantung maka sebaiknya kita harus lebih waspada karena kemungkinan besar kitapun bisa beresiko terkena penyakit jantung karenanya kita harus melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat dan juga rutin memeriksakan kesehatan tubuh kita ke klinik kesehatan terdekat atau rumah sakit untuk mengetahui kesehatan jantung kita dan sebaiknya jangan menunggu sampai gejala penyakit jantung datang baru memeriksakannya karena bisa saja kita terlambat untuk mengatasinya.

Beberapa hal di atas adalah hal-hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang memiliki resiko terkena penyakit jantung, selalu waspada dan merubah gaya hidup kita yang tidak sehat serta menghindari stres adalah hal yang yangat penting untuk dilakukan karena penyakit jantung dapat terjadi pada siapa saja baik tua maupun muda.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Merdeka.com