Jumat, 19 Oktober 2018

Mau Tau? Tahun Kabisat 2016: Kenapa Februari Mempunyai 29 Hari Setiap 4 Tahun

Mau Tau? Tahun Kabisat 2016: Kenapa Februari Mempunyai 29 Hari Setiap 4 Tahun

Halo anda blogger sekalian, sempurna hari ini (saat goresan pena ini dipublish) dapat dibilang merupakan hari langka dan mungkin Istimewa untuk sebagian orang. Kenapa dapat begitu? Ya lantaran hari ini di kalender tertulis tanggal 29 Februari, tanggal yang hanya dapat kita temukan setiap 4 tahun sekali.

Seperti kita tahu bahwa pada umumnya, bulan Februari hanya terdiri dari 28 hari. Namun setiap 4 tahun sekali selalu ada penambahan jumlah hari menjadi total 29. Secara ilmiah, hal itu disebabkan lantaran imbas revolusi bumi mengelilingi matahari (untuk 1 tahun) yang tidak genap 365 hari, melainkan lebih sedikit yakni 365,2422 hari alias 365+seperempat hari. Dan untuk menjaga semoga waktu dan kalender tetap sinkron dengan perputaran bumi mengelilingi matahari, maka kelebihan waktu yang seperempat hari itu secara itung-itungan distock terlebih dahulu untuk kemudian sesudah empat tahun ditambahkan di penghujung bulan Februari. Sehingga jadilah Februari setiap 4 tahun sekali berjumlah 29 hari.

Dan adapun untuk tahun yang memuat tanggal 29 Februari itu kerap disebut dengan nama Tahun Kabisat (Leap Year), menyerupai di tahun 2016 ini.

Tentu lantaran sifatnya yang langka, tahun kabisat menjadi sangat Istimewa keberadaanya dan memang menyimpan banyak keunikan dibanding tanggal-tanggal lainnya. Saking spesialnya, Google juga menciptakan doddle khusus di hari ini.

Jika Anda membuka halaman home search engine Google hari ini akan terlihat di Google Doddle unik. Yakni sebuah gambar animasi yang menggambarkan kespesialan tanggal 29 Februari. Ada dua ekor kelinci bertuliskan angka 28 dan angka 1 yang sedang tidur bersebelahan. Itu terang menggambarkan tanggal 28 Februari dan juga 1 Maret yang notabene / biasanya memang berurutan. Namun ada satu ekor lagi kelinci dengan goresan pena di tubuh 29, yang tiba dan ikut menyelip di antara kedua kelinci 28 dan 1 tadi. Lucu ya. Diapun ikut tidur di antara keduanya, sehingga terbentuk gugusan angka (tanggal) 28, 29, 1.

Doddle nya terlihat menyerupai gambar di bawah ini.
Dari Google.com
Dan sayapun tidak mau ketinggalan mengisi hari langka ini dengan minimal satu postingan blog di blog, walau hanya blog ringan menyerupai ini :). Minimal jadi punya jejak di hari langka ini.

Oke, apa saja yang unik di hari kabisat, 29 Februari ini? Seperti dikutip dari beberapa sumber relevan, berikut ialah beberapa hal unik berkaitan dengan hari kabisat.
  • Orang yang lahir di tanggal 29 Februari di sebut leapling atau leaper. Dan tentu mereka merayakan ulang tahunnya setiap 4 tahun sekali. Jumlahnya di dunia juga memang terbilang sedikit. Di seluruh negara di dunia, hanya ada sekitar 5 juta jiwa total orang yang lahir di tanggal tersebut. 
  • Dalam kehidupan kasatmata kita juga tidak akan mungkin ditemukan dongeng di tanggal yang sama di tahun kemarin. Karena memang tanggalnya (tanggal 29 Februari) tidak ada di tahun kemarin, kecuali 4 tahun yang lalu. Sama menyerupai piala dunia yang cuma dapat ditonton setiap 4 tahun sekali. :)
  • Di dunia kerja, dengan adanya Tahun Kabisat sedikit membawa ketidakenakan, khususnya bagi para pekerja kantoran. Banyak kantor yang mengeluarkan honor bulanan menurut hitungan 28 hari. Makara itu artinya di tanggal 29 Februari para karyawan bekerja secara gratis alias tidak dibayar.

  • Keluarga pemegang kelahiran leapling terbanyak di dunia ialah keluarga Keogh dari Inggris dan Irlandia. Selama tiga generasi, keluarga tersebut selalu mempunyai keturunan yang lahir pada 29 Februari. Dimulai dari sang kakek, Peter Anthony Keogh, kemudian putranya, Peter Eric dan cucunya, Bethany Wealth.
  • Di Denmark, kalau laki-laki menolak lamaran perempuan pada tanggal 29 Februari, maka beliau harus memberi perempuan itu 12 pasang sarung tangan. Sementara di Finlandia, laki-laki harus memberi perempuan kain untuk menciptakan baju.
  • Di Yunani, pasangan justru menolak menikah di Tahun Kabisat lantaran mereka percaya itu akan membawa nasib buruk. Kepercayaan itu juga dianut warga Italia. Ada peribahasa Italia yang menyebut, “Anno bisesto, anno funesto” yang berarti Tahun Kabisat, tahun sial
Nah itulah sedikitnya hal-hal yang menimbulkan tanggal 29 Februari atau hari kabisat menjadi sedemikian uniknya. Karena untuk kembali menemukan tanggal tersebut, kita harus menunggu sampai 4 tahun kedepan. Sebenarnya masih banyak hal-hal unik lainnya yang belum tertulis di sini. InsyaAllah nanti akan aku update :)

Sekian dan terima kasih.
Sumber Fakta unik: http://www.radarindo.com
Mau Tau? Menghadiri Launching Buku Kini Atau Keburu Mati - Habibie Afsyah Di Gramedia Matraman

Mau Tau? Menghadiri Launching Buku Kini Atau Keburu Mati - Habibie Afsyah Di Gramedia Matraman

Halo anda pembaca sekalian, sehabis di postingan sebelumnya saya menuliskan blog review ihwal buku "Sekarang Atau Keburu Mati" atau disingkat #Skakmat, maka di blog ini saya ingin membuatkan pengalaman juga sehabis kemarin tanggal 5 Maret 2016 saya berkesempatan untuk ikut menghadiri program peluncuran / launching buku karya Mas Habibie Afsyah ini.

Acara launchingnya sendiri bertempat di toko buku Gramedia Matraman - yang digadang-gadang merupakan toko buku terbesar se Asia Tenggara. Saya sama sekali belum pernah pergi ke sana sebelumnya. Dan jujur bahwasanya saya juga sudah usang berkeinginan untuk sanggup mengunjungi toko buku Gramedia Matraman ini. Sudah sering saya temukan cerita-cerita para blogger mencurahkan pengalamannya ketika melancong berburu ilmu di toko buku super lengkap ini. Namun sehabis sekian usang saya tidak juga mempunyai kesempatan waktu untuk pergi toko buku yang beralamatkan di kawasan Matraman, Jakarta Timur ini. Mungkin sebab gak dibarengi niat juga kali ya :)

Tapi  lewat mediator program launching buku Sekarang Atau Keburu Mati -nya Mas Habibie Afsyah, karenanya kesempatan itupun datang. Kesampaian juga karenanya mengunjungi Gramedia Matraman..he. Agak norak mungkin, maklum bukan orang Jakarta :). Tapi di luar dari itu, bahwasanya niat utama saya ya untuk menghadiri program launching bukunya mas Habibie saja. Jadi, walau seandainya program launching bukunya tidak di Gramedia Matraman pun, niscaya akan saya datangi juga, selagi masih di Jakarta. :)

Sedikit dongeng bagaimana caranya saya untuk sanggup hingga di Gramedia Matraman.

Saya bukan orang Jakarta dan masih sangat buta dengan seluk beluk jalan di kota yang super sibuk ini. Makara sebelum berangkat saya coba cari-cari info ke si mbah Google. Saya coba ketikkan keyword Cara Menuju Gramedia Matraman. Seketika hasil pencarian pun muncul. Dan sebab saya berencana naik kendaraan umum, maka Transjakarta lah solusinya. Akhirnya saya temukan rute menuju Gramedia Matraman, yang mana pada pada dasarnya saya harus menuju Halte Harmoni Central Busway terlebih dahulu untuk kemudian lanjut naik lagi Transjakarta tujuan PGC (Pusat Grosir Cililitan). Dan untuk hingga di Gramedia maka saya harus turun di  Halte Tegalan (setelah halte Matraman 1). Gramedia Matraman berada sempurna di depan halte Tegalan.

Informasi yang saya dapatkan itu cukup lah buat pegangan dan sanggup gambaran. Makara sudah sanggup bayangan. Dan Alhamdulillah perjalanan pun lancar, sebab memang weekend juga, jalannya agak lengang.

Saya sendiri berangkat dari Tangerang pagi-pagi jam 7, pakai bus AJA yang menuju ke Grogol, lanjut naik Transjakarta dari halte Grogol 1 ke arah Harmoni. Sesuai citra yang saya dapat, sehabis hingga di Halte Harmoni, saya eksklusif tanya ke petugas TJ nya, "Pak jikalau mau ke Gramedia Matraman, naik yang tujuan mana ya?" Tanya saya sambil akal-akalan bego dikit..he. cuma mau memastikan. Si bapaknya pun memperlihatkan tanggapan yang bahwasanya saya pun sudah tahu, "Oh Gramedia ya, naik yang jurusan PGC mas, nanti turun di halte Tegalan, nunggunya di ujung sana mas", jawab si bapak petugas sambil menunjuk arah ujung halte. Ya untuk bus tujuan PGC, tempat antriannya berada di ujung. Saya juga bingung, itu pecahan ujung atau pecahan depan..he.

Setelah membisu di antrean kurang dari 5 menit, bus yang dinantikan pun datang, arah tujuan PGC. Bus nya bukan bus Transjakarta reguler, tapi bus Kopaja gitu yang memang baru-baru ini juga sudah terintegrasi sama jalur busway transjakarta. Tak apalah, sama saja toh. Justru malah lebih enak, lebih adem, walaupun ruangnya agak lebih sempit.

Setelah melewati beberapa halte, (saya agak lupa lagi halte apa aja), karenanya pak Kondektur pun teriak-teriak isyarat dengan nada khasnya yang sedikit mendayu-dayu, "Tegalan, tegalan, Gramedia, yang turun Tegalan persiapan". Dan sampailah di halte Tegalan. Alhamdulillah, hingga juga, kurang lebih makan waktu 2 jam dari tempat kediaman di Tangerang menuju Gramedia Matraman ini.

Tempat yang dituju pun kini nampak di pandangan. Gramedia nya berada persis di seberang halte Tegalan ini. Besar sekali memang untuk ukuran sebuah toko buku. Saya pun eksklusif membayangkan betapa lengkap dan beragamnya buku-buku anggun yang tersedia di sini, kata orang-orang sih begitu. Tanpa menunggu-nunggu lagi, eksklusif saya tuju pintu masuk.

Waktu masih memperlihatkan pukul 09.00 pagi. Jadwal program launching buku #Skakmat nya masih sekitar 5 jam lagi, yakni pukul 14.30. Ya saya memang sengaja tiba pagi-pagi sebab alasan itu tadi. Makara sebelum nantinya ikut program launching buku, maka dengan spare waktu yang banyak saya sanggup cukup puas untuk sekadar keliling-keliling lihat buku-buku yang ada. Walau pada kenyataannya niscaya bukan cuma lihat-lihat.

Kalau ke toko buku, yang saya rasakan dan mungkin teman-teman juga mencicipi hal yang sama - niscaya ada aja yang dibeli walaupun dari awal cuma niat lihat-lihat saja. Dan pembeliannya juga sering kali tidak direncanakan. Misal dari rumah sudah niat beli buku A saja, tapi malah beli buku B juga, buku C dan buku-buku yang lain mungkin. Yang saya tahu,dalam dunia retail / perdagangan eceran, hal tersebut dinamakan Impulse Buying atau pembelian yang tidak direncanakan.

Tanpa berlama-lama sayapun menuju pintu utama dan masuk ke dalamnya. Di lantai pertama tidak terlihat display / pajangan buku, sebab memang khusus menjual barang-barang stationary, tas, keperluan sekolah, dll. Baru di lantai 2, 3 dan 4 pajangan bukunya tertata dengan lengkapnya. Wow.. ini toko buku apa Department Store, pikir saya. Luas sekali memang, karyawannya juga bejibun, ada eskalatornya lagi, hehe.

Dan singkat dongeng sehabis berkeliling selama kurang lebih 3 jam,sambil membunuh waktu menunggu program launching bukunya mas Habibie tiba, menyerupai telah diduga sebelumnya sayapun karenanya terkena godaan impulse buying itu tadi. Dari yang awalnya cuma niat beli satu buku, jadi beli 4 buku. Dalam kondisi menyerupai ini, tentu harus lebih bijak dalam memilih buku mana yang paling dibutuhkan. Salah-salah malah tidak sanggup kontrol diri, atau malah beli buku yang kurang pas sama kebutuhan kita sekarang, uang yang dibelanjakanpun jadi kurang efektif.

Saya sendiri lebih banyak ngubek di lantai 3, yang berisikan buku-buku kategori novel, bisnis, pengembangan diri, buku-buku ihwal Internet dan motivasi. Dan secara tidak sengaja di pecahan sudut ruang lantai 3 itu saya melihat goresan pena sebuah ruangan bertuliskan Function Room. Dan di situlah program launching buku Sekarang Atau Keburu Mati - nya Mas Habibie Afsyah nanti akan dilangsungkan. Wah, alhamdulilah tidak usah cari-cari lagi jadinya.

Akhirnya sehabis mendapat buku yang paling pas, saya putuskan untuk akhiri perburuannya, sebelum semakin termakan dengan buku-buku lainnya yang memang bagus-bagus dan ingin saya angkut semua. :)

Sebenarnya jikalau diteruskan sanggup saja beli lebih dari 4 buku. Tapi sebab selain terhambat di doku :3, adzan dzuhur juga mulai berkumandang. Waktunya shalat.

Menjelang Acara Launching Buku 'Sekarang Atau Keburu Mati'
Setelah shalat dzuhur dan menunggu kurang lebih 2 jam, karenanya program yang ditunggu-tunggu pun tiba juga saatnya. Wakut memperlihatkan pukul 02.00 siang. Saya pun kembali lantai 3. Bukan untuk nyari buku lagi, melainkan untuk menuju Function Room tempat akan dilangsungkannya program peluncuran buku Sekarang Atau keburu Mati.

Saat hingga di depan pintu masuk Function Room, saya melihat sosok Ibu-ibu berjilbab yang sedang merapikan masakan / snack untuk para tamu yang datang. Dan sehabis saya perhatikan, ternyata dia yakni bu Endang Setyati, Ibu kandung sekaligus tokoh utama di balik kesuksesan masa Habibie Afsyah.

Saya eksklusif hampiri beliau, sambil ucap salam dan cium tangan. "Bu Endang, ibunya mas Habibie kan ya?" tanya saya memastikan. "Iya, silahkan eksklusif masuk aja mas, Habibienya udah ada di dalam juga tuh". Beliau mempersilakan. Sayapun masuk ke ruangan tersebut dan di depan, saya lihat mas Habibie sedang bermasa beberapa temannya. Langsung saya hampiri, dan perkenalkan diri, "Rusman mas". "Oh iya mas Rusman, makasih sudah datang" Jawab mas Habibie ramah. Tidak ingin kehilangan momen, saya eksklusif minta foto bareng dan eksklusif disanggupi dengan ramahnya oleh si mas Habibie. "Oh ya ayo, silahkan" katanya.
Hasilnya ini. Jepretan si kang Ama, seorang sobat yang juga gres saya kenal di situ.

Senang sekali rasanya. Setelah sekian tahun cuma sanggup mengagumi dari kejauhan, karenanya sanggup juga ketemu eksklusif dengan mas Habibie ini.

Show Time

Lalu sehabis menunggu kelengkapan dan kesiapan program ditambah jam karet sebentar, karenanya program poloh pun tiba. Yang pertama yaitu talkshow dengan narasumber Ibu dan Ayah dari mas Habibie Afsyah sendiri.

Kemudian dilanjutkan dengan segmen utamanya, yaitu bedah buku Sekarang Atau Keburu Mati dengan nara sumber yaitu penulisnya sendiri pastinya, mas Habibie Afsyah.

Dalam pemaparannya ada satu pecahan yang paling saya ingat yakni ketika ditanya ihwal kenapa judulnya "Sekarang Atau Keburu Mati"? Judulnya memang sedikit agak buat merinding siapa saja yang mendengarnya. Dari pemaparan mas Habibie, kenapa judulnya itu, sebab dia ingin memperlihatkan pesan bagi semua orang, khususnya anak untuk tidak mempunyai sifat menunda-nunda pekerjaan. Lakukanlah kini juga sesuatu yang berdasarkan kita berkhasiat untuk masa depan. Jika kita punya impian sesuatu, berjuanglah dan kejarlah dari mulai kini juga selagi masih punya jatah hidup.

Karena kita tentu tidak akan pernah tahu kapan kita akan kembali menghadap-Nya. Jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang bersifat sia-sia dan maksiat, sebab untuk meninggal tentu tidak ada syarat harus bau tanah dulu, atau sakit dulu. Semua sudah menjadi takdir dan diam-diam Allah. Tugas kita cuma bagaimana mengisi waktu hidup dengan hal-hal berkhasiat dan berjuang sekuat tenaga, konsisten dan tekun bekerja demi meraih impian yang dicita-citakan. Dan hal itu telah dicontohkan oleh pribadi seorang Habibie Afsyah.

Tak terasa, waktupun sudah memperlihatkan pukul 5 sore. Hingga karenanya saya tersadar belum shalat Ashar. Selagi masih ada waktu ashar, sayapun keluar ruangan untuk menuju lantai basement, tempat beradanya mushala. Mas Habibie masih bercerita menjawab satu persatu pertanyaan dari moderator, mas Ridwan.

Setelahnya, saya kembali ke venue dan ternyata segmen bedah bukunya sudah selesai :) Namun masih ada segmen sisa, yaitu games / kuis dan live music. Tepat sehabis saya kembali menuju ruangan, sedang ada games di depan. Baru duduk sebentar, si kang Ama tadi eksklusif minta saya ke maju ke depan untuk ikutan games, sambil bilang ke MC "dari Garut nih kak, Garut". Ya Garut kota asal saya. Saya pun ikutan maju ke depan sambil rada bingung. Belakangan saya gres tahu jikalau gamesnya yaitu jauh-jauhan alamat KTP..haha. Saat itu di depan ada dua orang mas-mas, dari Lombok dan dari Cirebon. Tambah saya jadi 3. Tapi sebab hadiah game itu untuk 2 orang saja, maka untuk dua orang yang alamat KTP lebih erat harus Suwit (benar gak ya nulisnya begitu). Itu artinya saya dan bapak yang dari Cirebon yang harus suwit. Dan saya yang kalah. Gak ngarep menang juga sih, wong dari awal juga resah game apa..he

Selanjutnya ada games lagi, namun kali ini lebh objektif. Gamenya berupa kuis pertanyaan. Mba Arlin, salah satu MC acaranya memperlihatkan pertanyaan berdasarkan buku Sekarang Atau Keburu Mati. Pertanyaannya adalah, "Pada halaman berapa dijelaskan bahwa Habibie yakni anak ke 8?" Hmm.. saya tahu, itu bagian-bagian awal buku, namun untuk tepatnya di halaman berapa - agak perlu buka-buka bukunya lagi. Langsung saya ambil buku Sekarang Atau Keburu Mati - nya dan saya cari di halaman berapa jawabannya. Peserta lain juga tampak melaksanakan hal yang sama. Namun sehabis buka-buka halaman demi halaman awal, saya tidak kunjung mendapat jawabannya. Mungkin sebab kurang fokus juga nyarinya, akseptor lain pun juga sama.


Belakangan gres saya tahu juga bahwa penilaiannya yakni berdasar dari perjuangan setiap akseptor dalam mencari tanggapan atas pertanyaan yang diajukan tadi. Rupanya perjuangan saya yang cukup gigih dalam mencari di halaman berapa jawabannya tadi - tidak luput dari perhatian si Mba Arlin. Dan karenanya hadiah goody bag nya jatuh ke dua orang yang katanya usahanya paling gigih :) yaitu, saya dan seorang ibu yang duduk di belakang saya. Yee.. karenanya sanggup hadiah juga.

Game sederhana memang, tapi dari situ saja sebenranya ada pelajaran positf yang sanggup diambil. Dalam mencapai sebuah tujuan, yang perlu kita lakukan yakni berusaha dengan gigih. Soal nanti hasilnya menyerupai apa, itu urusan yang di Atas. Tugas kita cuma berusaha.

Bukan diam-diam lagi, Allah selalu memperlihatkan rezeki pada hamba-hamba-Nya bahkan dari arah dan jalan yang tidak disangka-sangka.

Oke, itu tadi sedikit intermezzo.

Sebelum pulang, saya beranikan diri untuk minta foto bareng juga dengan ibu dan bapaknya mas Habibie sekalian minta semoga bukunya juga dilegalisir (baca: ditandatangani) oleh Ibu dan Bapaknya mas Habibie. Kapan lagi jikalau bukan sekarang. Selain buat kenang-kenangan, juga sebagai motivasi dan yang tidak kalah pentingnya jadi ada materi buat menulis diary di blog..:)


Waktu semakin sore menjelang maghrib. Merasa niat sudah tertunaikan semua, karenanya sayapun pamit pulang kepada Ibu dan Bapak, serta mas Habibienya.

Nah begitulah tadi pengalaman saya ketika kemarin ikut program launching bukunya mas Habibie Afsyah, Sekarang Atau Keburu Mati. Sungguh penglaman yang berkesan. Bukunya juga kini sudah sanggup dibeli di Gramedia ataupun toko buku lainnya.  Saya rekomendasikan teman-teman untuk baca juga buku ini. Banyak sekali pelajaran di dalamnya. Dijamin bergizi.

Baik, sekian saja coretan saya kali ini. Jika teman-teman punya pengalaman juga ketika berkungjung ke Gramedia Matraman khususnya, atau pengalaman seputar buku Sekarang atau Keburu Mati, saya tunggu sharingnya di kolom komentar di bawah ya.

Akhir kata, sekian dan terima kasih.
Mau Tau? Kiddle.Co, Search Engine Khusus Untuk Anak-Anak

Mau Tau? Kiddle.Co, Search Engine Khusus Untuk Anak-Anak

Hari ini saya mendapat sebuah pesan dari salah seorang sahabat di group Whatsapp yang saya ikuti. Pesan yang cukup menarik dan mungkin telah cukup viral. Bunyi pesannya menyebutkan bekerjsama Google sekarang telah mempunyai "anak".

Google- kita tahu merupakan search engine / mesin pencari paling mutakhir ketika ini di jagat internet. Segala macam jenis informasi sanggup dengan mudahnya dilacak melalui mesin pencari Google. Dalam waktu sepersekian detik, kita sanggup eksklusif mendapat informasi yang dicari hingga jumlah ribuan cuma dengan mengetikkan keyword / kata kunci di kolom pencariannya. Nah siapa "anak" Google yang dimaksud itu? Ini dia, Kiddle namanya.

Apa itu Kiddle? Seperti namanya (dari kata kid), Kiddle yaitu Search Engine / Mesin pencari yang dikhususkan untuk dipakai oleh anak-anak. Beralamatkan di www.kiddle.co atau jikalau diakses via mobile akan terredirect ke m.kiddle.co. Search Engine ini disinyalir sanggup menyaring konten-konten yang tidak layak dikonsumsi oleh kalangan anak-anak, menyerupai konten dewasa, perjudian, dan lain-lain. Sehingga akan kondusif dipakai oleh anak-anak, dan sanggup mengurangi rasa kekhawatiran para orang bau tanah yang kadang tidak sanggup sepenuhnya mengontrol acara browsing yang dilakukan anak-anaknya di dunia maya.

Dengan mesin pencari Kiddle, bawah umur akan lebih diarahkan pada hasil pencarian berupa rujukan pengetahuan, sejarah, biografi tokoh, dan yang lainnya. Intinya lebih mengarah ke yang sifatnya mendidik. Berbeda dengan Google yang lebih didominasi dengan rujukan konten dewasa, bahasa remaja yang pastinya bukan diperuntukkan pada anak-anak. Katanya menyerupai itu.

Di selesai pesan WA tersebut juga diberikan proposal pada para orang bau tanah untuk selalu mengingatkan, mengontrol, dan mendampingi acara anak ketika mengeksplor informasi di internet. Serta diusahakan untuk tidak menawarkan gadget pada anak-anaknya sebelum menginjak usia SMP.

Saya sih setuju-setuju saja dengan isi pesannya, toh memang isinya benar. Karena sempat saya baca juga di salah satu blog bahwa orang sekelas Steve Jobs pun tidak mengijinkan anak-anaknya yang masih kecil untuk bermain gadget, sekalipun gadget buatannya sendiri, Apple. Makara untuk usia bawah umur memang lebih anggun untuk bermain di luar bersama teman-teman sebayanya, sehingga terjadi saling interaksi dan sosialisasi secara nyata. Ini lebih baik tentunya, ketimbang jikalau bawah umur dibiarkan berkutat dengan gadget setiap saat.

Oke, itu tadi sedikitnya citra yang saya sanggup dari pesan di group WA wacana Kiddle yang dikirim teman.

Cuma ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan? Apakah benar kiddle yaitu produk Google? Soalnya Google juga menyerupai adem ayem aja. Apakah benar-benar berfungsi? dan apakah mendukung untuk dipakai di Indonesia?

Tentu tidak ada jalan lain untuk mengetahui balasan atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, kecuali dengan mencobanya langsung.

Saya coba masuk ke halaman home Kiddle di www.kiddle.co. Tampilan / User Interface-nya memang bawah umur banget dan layoutnya juga sama persis menyerupai yang sering kita lihat di halaman home Google.

Tulisan logo Kiddle berwarna biru, merah, kuning, hijau serupa dengan warna pada goresan pena Google. Ditambah lagi background ruang angkasa / bulan didukung dengan perhiasan icon Robot Alien di bawah kolom pencarian. Seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.

Di bawah goresan pena logo Kiddle sendiri terdapat keterangan / tagline "Visual search engine for kids, powered by editors and Google safe search". Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya "Mesin pencari visual untuk anak-anak, diberdayakan oleh para editor dan pencarian kondusif Google".

Dan ternyata dari informasi yang saya sanggup sehabis melaksanakan pencarian, si Kiddle ini BUKAN produk resmi milik Google, melainkan dikembangkan oleh para pengembang pihak ke 3 (third party) dengan memanfaatkan sistem kerja Google Custom Search (Pencarian Khusus). Makara istilah di pesan tadi yang menyebutkan bahwa ini yaitu anaknya Google tampaknya agak kurang pas ya.

Oke tidak apa-apa. Mari kita coba test, apakah si Kiddle ini benar-benar bekerja atau tidak. Dan ternyata akhirnya menyerupai ini. Saya coba ketikkan kata kunci rabbit, dan yang keluar yaitu informasi menarik wacana kelinci, dalam bahasa Inggris tentunya.
Saya coba dengan kata kunci dalam bahasa Indonesia "Kelinci" dan hasil yang keluar juga tetap dalam bahasa Inggris. Tentunya kurang akrab dengan hasil pencarian yang diperlukan oleh anak-anak, di Indonesia khususnya.

Jadi, si Kiddle tidak sanggup / belum sepenuhnya mendukung untuk dipakai di Indonesia dengan mengetikkan keyword bahasa Indonesia. Contohnya menyerupai ini juga.

Dengan mengetikkan kata kunci "sepak bola anak Indonesia", akhirnya no result. Yang tampil malah iklan CSE sebelah kanan. Salah satu model iklan Google Adsense, tipe iklan penelusuran. Yang mana jikalau diklik, bakal hasilkan dollar bagi si pengelola Kiddle ini.. :D. Tentu ini sebuah pengalaman browsing yang buruk, bukan sanggup informasi malah dijualin barang dagangan.. hehe

Untuk kata-kata kunci vulgar dalam bahasa Inggris, akhirnya menyerupai ini.
Kesimpulannya si Kiddle ini belum sanggup benar-benar dipakai sebagaimana harusnya Search Engine berfungsi menyajikan informasi yang dicari, terlebih untuk bawah umur Indonesia yang notabene bahasa Ibunya bukan bahasa Inggris :).

Tapi mudah-mudahan saja ke depannya, bakal ada Search Engine khusus bawah umur yang benar-benar berfungsi dan sanggup dipakai secara maksimal untuk bawah umur Indonesia. Semoga.
Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Gaya Goresan Pena Dropcap Di Artikel Blogspot

Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Gaya Goresan Pena Dropcap Di Artikel Blogspot

Dropcap ialah sebuah style / gaya penulisan sebuah aksara awal dari sebuah paragraf. Yang mana aksara awal tersebut ditampilkan lebih besar dari huruf-huruf setelahnya, sehingga jadi terlihat lebih menonjol. Efek goresan pena menyerupai ini berkhasiat untuk dapat sedikitnya menarik atau memfokuskan perhatian pembaca pada paragraf awal dari sebuah blog.

Biasanya style dropcap ini banyak kita temukan di penulisan blog koran. Dan untuk menciptakan style goresan pena dropcap tersebut cukup gampang kalau dilakukan di software pengolah kata menyerupai MS. Word, alasannya memang sudah ada sajian / toolbar khusus untuk membuatnya. Namun, bukan hanya di MS. Word saja kita dapat mengaplikasikan Dropcap pada tulisan, melainkan dapat juga kita terapkan pada paragraf goresan pena blog blog. Sehingga tampilan blog  dapat terlihat lebih menarik dengan adanya aksara yang menonjol di awal layaknya blog koran.
 gaya penulisan sebuah aksara awal dari sebuah paragraf Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Gaya Goresan Pena Dropcap Di Artikel Blogspot

Cara membuatnya pun dapat dibilang cukup mudah, alasannya kita hanya harus sedikit menambahkan isyarat HTML pada setelan template.
Oke, bagi yang mau coba menerapkan style Dropcap di goresan pena blognya, dapat ikuti tutorial di bawah ini.
Berikut ialah script isyarat HTML yang harus dicopy
.dropcap{float:left;color:#000000;background:#fff;line-height:44px;padding-right:5px;font-family:Arial;font-size:60px;}
1. Seperti biasa, login dulu ke akun blogger anda.
2. Masuk sajian Template, dan Klik tombol Edit HTML
3. Cari isyarat ]]></b:skin> dengan menekan tombol CTRL+F di keyboard. Paste / tempelkan isyarat yang sudah dicopy tadi, sempurna di atas isyarat ]]></b:skin>
4. Klik tombol Simpan Template. Pastikan setelan sudah benar-benar tersimpan.

Setelah menambahkan script di atas di HTML Template, langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menciptakan style Dropcap ialah dengan mengaturnya secara manual di halaman edit posting blognya.

Silakan masuk ke sajian Pos dan cari blog yang ingin dibuatkan style Dropcap, kemudian klik Edit Post. Kemudian ubah mode penulisan dari mode Compose ke mode HTML (setelan di kiri atas). Jika sudah, maka yang harus kita lakukan cuma menambahkan isyarat di bawah ini
<span class="dropcap">H</span>
Tempatkan kodenya di bab paling atas tulisan. Dan ganti aksara H dengan aksara pertama pada suatu paragraf yang ingin dibentuk dropcap tersebut.
Contoh :
<span class="dropcap">A</span>pakah tidak berlebihan memberi label sebuah kamus sebagai kamus terbaik? darimana segi penilaiannya? apakah dari segi kelengkapannya? Ya dapat jadi. Tapi bukan cuma dari segi kelengkapan tapi juga alasannya kamus tersebut memakai Phonetic sistem IPA (International Phonetic Association) dalam pengaplikasiannya
 Maka jadinya akan terlihat menyerupai di bawah ini
 gaya penulisan sebuah aksara awal dari sebuah paragraf Mau Tau? Cara Gampang Menciptakan Gaya Goresan Pena Dropcap Di Artikel Blogspot
Nah begitulah cara gampang menciptakan gaya goresan pena Dropcap pada blog blogspot. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Mau Tau? Gres Tahu, Blog Instagram.Com Ternyata Menggunakan Platform Tumblr

Mau Tau? Gres Tahu, Blog Instagram.Com Ternyata Menggunakan Platform Tumblr

Instagram yaitu salah satu jejaring sosial yang kini sedang sangat digandrungi oleh banyak pengguna smartphone. Bukan hanya kalangan umum, namun dari kalangan selebriti sampai pejabat pemerintahan pun kerap juga menggunakan Instagram sebagai salah satu jejaring sosial utamanya. Contohnya Kang Emil (Ridwan Kamil), Walikota Bandung yang sangat aktif berinteraksi membagikan update isu mengenai program-programnya di Instagram.

Fitur utama instagram dalam hal update-mengupdate tentu lebih sederhana, sebab hanya memungkinkan pengguna untuk mengupload gambar atau video singkat durasi 15 detik ke dalam kronologi profilnya. Namun sebab kesederhanaanya itu juga lah, instagram semakin hari semakin diminati dengan jumlah pengguna yang mengatakan peningkatan setiap harinya.

Jejaring sosial yang juga berada di bawah akuisisi kerajaan Facebook ini juga cukup umur ini kerap dijadikan ajang berkreasi dan berekspresi bagi para anak muda. Salah satunya ibarat yang ditunjukkan oleh akun +indovidgram .. Di akun tersebut diposting aneka macam video-video menghibur, dari mulai komedi, musik, olah raga, dan kategori lainnya- yang diupdate setiap harinya.

Selain itu, tidak sedikit juga yang mencicipi manfaat ekonomi dari akun sosial media instagram ini. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, tentunya merupakan pasar yang seringkali dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memasarkan barang dagangan mereka di Instagram. Terlebih baru-baru ini sudah ada yang namanya Instagram ads, sehingga setiap orang sanggup memasarkan produknya secara lebih tertarget.

Oke itu tadi sedikit dari sekian banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki Instagram.

Selain website resminya yang beralamatkan di Instagram.com atau juga sanggup diakses via aplikasi Smartphone, Instagram juga mempunyai blog resmi. Blog tersebut dipakai ntuk mengupdate segala macam hal yang berafiliasi dengan instagram tentunya, dari mulain update fitur sampai bahasan foto-foto unik..

Dan tahukah Anda? Blog Instagram sendiri yang beralamatkan di blog.instagram.com ternyata menggunakan platform microblogging Tumblr. Saya sendiri jujur gres tahu hal ini. :)
Instagram yaitu salah satu jejaring sosial yang kini sedang sangat digandrungi oleh banyak Mau Tau? Gres Tahu, Blog Instagram.Com Ternyata Menggunakan Platform Tumblr

Tumblr sediri merupakan penyedia layanan blog gratis yang didirikan oleh David Karp pada 2007, dan gres pada 2013 telah diakuisisi oleh Yahoo! Dari isu di wikipedia, disebutkan bahwa layanan dari Tumblr ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna sanggup mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka "dasbor"; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

Kenapa Blog Instagram menggunakan Tumblr?? Untuk pertanyaan ini tampaknya hanya pihak Instagram lah yang tahu persis apa alasannya kenapa menentukan Tumblr sebagai platform blog mereka. Mungkin sebab alasan fitur Tumblr yang mudah dan cocok dengan instagram. :D.

Makara kesimpulannya, tidak usah khawatir dan tidak percaya diri hanya sebab kini Anda menggunakan platform blog gratisan ibarat blogger.com ataupun wordpress.com. Blog besar sekelas Instagram saja menggunakan platform Tumblr yang tentunya juga gratis.
Ingat! Yang menentukan bagus-tidaknya sebuah blog bukan bergantung pada desain dan template, dan berbayar atau tidaknya. Tapi tetap konten lah yang paling utama. Content is still the king.

Sekeren apapun tampilan blog, tetap yang mengakibatkan disebut elok yaitu sebab kontennya yang memang elok dan bermanfaat. Makara fokuslah pada konten, bukan pada tampilan.

Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

Cara Membuat Game 2048 Android Tanpa Coding - Pernahkah Anda memainkan Game / Permainan di gadget Android dengan nama 2048? Jika sudah pernah, mungkin Anda sudah mempunyai citra ihwal bagaimana caranya memainkan game ini. Tapi kalau belum pernah, atau mungkin bahkan gres tahu, berikut sedikit saya kasih citra ihwal game yang cukup fenomenal ini.

Game ini termasuk ke dalam kategori atau jenis game puzzle kotak yang mana pada tingkat standar / level terbawah terdiri atas 4x4 kotak kecil. Kotak-kotak tersebut memuat angkat kelipatan 2. Dan bila dua kotak kecil dengan angka sama digeser / direkatkan maka akan membentuk kotak gres dengan nilai adonan dari kedua kotak yang rekat tadi. Dan setiap terjadi penggeseran kotak, maka akan muncul satu kotak kecil gres dengan angka 2.

Tugas kita hanyalah menyatukan kotak-kotak dengan nilai sama, dari mulai kotak nilai 2+2=4, 4+4=8, 8+8=16, 16+16=32, 32+32=64, dan seterusnya hingga mencapai nilai 2048. Jika sudah mencapai nilai 2048 untuk satu kotak kecil, maka Anda berhasil memenangkan permainannya. Tapi sebaliknya kalau belum mencapai nilai 2048 dan daya tampung 16 kotak sudah penuh, maka game over lah jadinya. Get it?? Mudah-mudahan gak resah ya :) Maaf kalau penyampaiannya kurang mengena :). Tapi tidak perlu khawatir sebab tampaknya dengan melihat gambar di bawah ini akan jadi cukup jelas. Seperti inilah konsep permainannya
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

Game ini memang cukup adiktif dan kadang suka bikin gereget. Saya sendiripun jujur hingga ketika ini saya juga belum dapat mencapai nilai 2048 :D

Oke, di sini saya tidak akan memperlihatkan tutorial bagaimana caranya dapat mencapai nilai 2048 di game ini. Melainkan lewat blog ini saya ingin sedikit menyebarkan bagaimana caranya untuk dapat menciptakan sendiri game sederhana sejenis game 2048 ini. Hah..bikin game? Mesti jago coding kah? Tenang, untuk yang satu ini, tidak perlu kita punya keahlian dalam hal coding. Cukup klak klik di sana dan di situ, dalam beberapa menit, eksklusif jadi gamenya. Bagaimana? Menarik, bukan?

Untuk menciptakan game tanpa coding, remaja ini sudah sangat memungkinkan sekali untuk dilakukan. Kita dapat memakai tool / web tool yang menyediakan kemudahan atau fitur game generator. Ada banyak macamnya, namun yang paling sering dipakai dan sudah terkenal, serta dianggap paling gampang dalam pengaplikasiannya, yakni ialah AppsGeyser.

Baik, sebab tujuan blog ini ingin memperlihatkan tutorial cara menciptakan game 2048 untuk Android, eksklusif saja kita masuk ke tutorial selengkapnya. Berikut ialah langkah-langkahnya saja sajikan.
1. Buka website AppsGeyser. Jika gres pertama kali menggunakan, silakan klik tombol Create Now!

 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

2. Kemudian akan muncul aneka macam pilihan kategori aplikasi yang dapat kita pilih sesuai keperluan. Karena kita akan menciptakan game, maka pilih terlebih dahulu kategori/menu Game Maker di bilah hidangan serpihan atas.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

3. Maka akan muncul beberapa / banyak pilihan jenis game yang dapat dibuat. Klik tombol Show More dan temukan thumbnail bertuliskan 2048. Klik di situ.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

4. Setelahnya maka Anda akan diarahkan pada halaman edit / pengaturan dari game ini biar nantinya dapat dipakai dan setiap perintah berjalan dengan semestinya. Anda akan menemukan tampilan menyerupai di bawah ini.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

Sebenarnya dari appsgeyser nya sendiri juga sudah men-setting game ini secara default. Yakni dengan pengaturan nilai kotak terkecil ialah 2 dan terbesar ialah 2048. Namun kalau Anda ingin menciptakan variasi, dapat saja dengan meng-attach gambar untuk menggantikan angka-angka. Misal untuk angka 2 diganti dengan gambar sepeda, angka 4 diganti dengan gambar sepeda motor. Maka nantinya ketika game ini dijalankan, akan tercipta fungsi : sepeda+sepeda=sepeda motor, dst.

5. Untuk mempercantik tampilan, kita dapat menambahkan background ke dalam game 2048 yang sedang kita buat ini. Caranya yakni dengan mengupload gambar background melalui tombol +attach picture seperti terlihat di bawah ini.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

Jika sudah, klik tombol Next

6. Atur nama Aplikasi dan deskripsi, dan Icon untuk aplikasi tersebut.
  • Berikan nama Game
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
  • Ketikkan deskripsi game. Contohnya menyerupai terlihat di gambar di bawah
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
  • Selanjutnya, dapat tambahkan icon game untuk mempercantik. Untuk Icon, Anda dapat cari di iconfinder.com atau dapat juga buat sendiri kalau memungkinkan. Klik tombol Next.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding


7. Jika sudah selesai, klik tombol Next. Lalu klik tombol Create App menyerupai terlihat di screenshot di bawah ini.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
8. Isikan data email dan password yang nantinya akan dipakai untuk login ke dashboard AppsGeyser. Jangan lupa centang pada pilihan
  • [v] I want to make money with apps (agar nantinya dapat kita memonetisasi gamenya)
  • [v] I agree with the Term of Services
Jika sudah, klik tombol Sign Up.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding


Maka akan muncul pemberitahuan bahwa Anda harus mengecek inbox email yang tadi didaftarkan. Pihak AppsGeyser telah mengirim link verifikasi yang harus diklik supaya akun dapat segera diaktifkan
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

9. Cek inbox email, buka email dari AppsGeyser, kemudian klik tombol "Verify Your Email".
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
Dalam beberapa saat, email kita sudah terkonfirmasi dan akun appsgeyser kita sudah jadi, untuk nantinya dapat kita gunakan untuk kembali menciptakan game lainnya. Selanjutnya, klik tombol Go To Your Dashboard.
 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
10. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada halaman dashboard. Dan aplikasi game yang telah kita buat sebelumnya sudah dapat didownload secara langsung. Tunggu apa lagi, klik link download untuk mendapat file Instalasi mentahan (.apk) game 2048 yang sudah kita buat.

 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding

11. Klik tombol Download App. Maka dalam beberapa saat, sistem akan secara otomatis mendownload file .apk nya.

 Permainan di gadget Android dengan nama  Mau Tau? Cara Menciptakan Game 2048 Android Tanpa Coding
12. Adapun cara menginstalnya di smartphone ialah dengan mentransfer file apk-nya secara manual, untuk kemudian diinstal di gadget Android juga secara manual.


Bagaimana, gampang sekali bukan? Ya walaupun mungkin kurang profesional tapi cukup tidak mengecewakan lah untuk seorang yang sama sekali tidak ada latar belakang / pengetahuan coding yang memadai. AppsGeyser telah memfasilitasi. Tinggal kita gunakan sebaik-baiknya :).

Baik, itulah mungkin tutorial ihwal cara gampang menciptakan game 2048 Android. Adapun untuk pilihan pembuatan game/aplikasi lainnya di appsgeyser ini dapat kita coba nantinya
Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif

Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif

Di blog kali ini saya ingin membuatkan tutorial perihal cara merekam acara desktop menjadi sebuah animasi berformat GIF. Ya, adakalanya untuk keperluan tertentu, kita membutuhkan rekaman video acara desktop. Misal dikala hendak mengatakan sebuah panduan / tutorial komputer untuk dimasukkan di blog, maka akan lebih terang jikalau disajikan dalam sebuah file video screenshot. Sehingga akan lebih gampang dipahami oleh si pembaca tutorial tersebut. Atau dapat juga untuk sekadar iseng-iseng merekam acara kita di desktop sebagai pengingat dalam mengerjakan sebuah panduan mengerjakan sesuatu misalnya.

Tentunya untuk tujuan tersebut, kita memerlukan software yang memperlihatkan fitur untuk perekaman layar desktop. Pada umumnya kita mengenal berbagai software sejenis itu, ibarat yang paling populer dan sering dipakai yaitu Camtasia. Namun saya rasa untuk penggunaan Camtasia sendiri lebih cenderung untuk membentuk video dengan kualitas manis dan tentunya akan memakan memori yang cukup besar.

Karena tujuan kita di awal ingin merekam acara desktop menjadi animasi GIF, maka di sini saya rekomendasikan sebuah software terpercaya untuk dapat menjalankan fungsi tersebut. Adapun namanya yaitu LICEcap.

Kelebihan dari LICEcap yaitu berlisensi gratis, sehingga bebas kita gunakan dan sebarluaskan sesuka hati. Juga kualitas gambar yang dihasilkan sangat manis dan cukup ringan. Serta pergerakan animasinya juga sangat halus dengan claim kecepatan rekam 60fps (frame per second). Satu lagi, tidak ada goresan pena watermark yang menggangu di hasil rekamannya nanti. Joss lah.

Oke tanpa perlu berlama-lama, yang perlu kita lakukan hanya menginstal LICEcap di komputer. Caranya silahkan download terlebih dahulu file .exe dari LICEcap ini. DOWNLOAD DI SINI. 
Jika sudah terdownload, silakan Instal software tersebut, tinggal klik next..next saja.

Setelah proses instalasi selesai, maka kita sudah dapat memakai LICEcap secara full. Langsung saja, untuk merekam acara desktop menjadi animasi GIF, silakan buka LICEcap-nya. Tampilannya yaitu ibarat terlihat di bawah ini.
Di blog kali ini saya ingin membuatkan tutorial perihal  Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif

Ukuran lebar dan panjang hasil rekamannya dapat kita atur dengan mudahnya dengan cuma men-dragdroup tepian aplikasi LICEcap ini. Lihat tanda panah merah di atas.

Untuk melaksanakan perekaman, kita tinggal menekan tombol Record yang terletak di sebelah kanan bawah software. Kemudian kita harus memilih drive penyimpanan dari rekaman tersebut. Silakan simpan di drive/folder kesayangan Anda.

Di blog kali ini saya ingin membuatkan tutorial perihal  Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif
Setelahnya maka proses perekaman pun telah dimulai. Anda dapat menghentikan sementara perekaman dengan menekan tombol Pause. Atau jikalau dirasa sudah cukup, maka eksklusif saja klik tombol Stop. Maka hasil perekaman pun sudah dapat dilihat di folder/drive penyimpanan yang sudah ditentukan tadi.

Untuk demo, kurang lebih ibarat ini.
Di blog kali ini saya ingin membuatkan tutorial perihal  Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif


Di blog kali ini saya ingin membuatkan tutorial perihal  Mau Tau? Cara Gampang Merekam Acara Desktop Menjadi Animasi Gif

Nah, begitulah cara gampang merekam acara desktop menjadi animasi GIF. Semoga bermanfaat buat anda pembaca sekalian. Semoga bermanfaat, terima kasih.