Rabu, 24 Oktober 2018

Tips Memilih Micro SD Terbaik Untuk Android

Tips Memilih Micro SD Terbaik Untuk Android – Sama halnya denga harddisk di komputer, Kartu Micro SD juga mempunyai fungsi yang sama sebagai jantung tempat penyimpanan data. Untuk menyimpan data yang ukuran besar juga diperlukan ruang yang besar, Terlebih smartphone sekarang yang multi fungsi membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra besar baik itu untuk Foto, Musik, dan aplikasi maupun game serta file file lainnya yang memiliki ukuran yang cukup besar.

Tips Memilih Micro SD Terbaik Untuk Android Tips Memilih Micro SD Terbaik Untuk Android

Terlebih lagi gamer addict,  android bisa dijadikan gudang untuk menimbun game, dan lagi sebagian besar mereka menyukai game-game berkualitas HD seperti game Racing, Football manager, Shooter dan lainnya yang cukup memakan ruang memori. Padahal untuk ukuran ponsel Android standar hanya dibekali dengan memori internal sebesar 4 GB itu juga harus dibagi dengan file system. Nah di sinilah letak pentingnya micro SD sebagai penambah ruang untuk menyimpan file file lain.


Tips memilih Micro SD yang baik untuk Android

  1. Beli Kartu Micro SD yang memiliki garansi resmi dari produsennya
  2. Sesuaikan kapasitas memory dengan kebutuhan dan kemampuan smarphone.
  3. Sesuaikan class Kartu Micro SD dengan Smartphone sobat, Karena belum tentu class nya tinggi performa juga akan tinggi. Sebab ada juga microSD yang tak cocok dengan Android (justru membebani Smarphone android).
  4. Belilah microSD yang memiliki rentang class antara 6-10 hal ini untuk mendapatkan performa yang maksimal
  5. Ukur kecepatan MicroSD sebelum membeli

Penjelasan Class Kartu Micro SD

Class merupakan standar memory SDHC yang berarti kecepatan minimal untuk melakukan penulisan data/writing. Adapun pembagian Class sebagai berikut.

Class 2 : 2 MB/s atau kecepatan 13x
Class 4 : 4 MB/s atau kecepatan 26x
Class 6 : 6 MB/s atau kecepatan 30x
Class 8 : 8 MB/s atau kecepatan 40x
Class 10 : 10 MB/s atau kecepatan 66x

Saat ini, Class 10 merupakan memori dengan kecepatan penulisan tertinggi di kelas SDHC. Semakin besar Class Micro SD yang Anda miliki tentunya semakin hebat pula kemampuan kartu itu untuk menghandle berbagai media yang ada. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan class yang tinggi pada ponsel Anda, maka perpindahan data dapat terhandle dengan cepat. Misalnya transfer data dari ponsel ke komputer atau bila Anda menginstal banyak game HD (high definition) dan disimpan di micro SD tentunya game tersebut dapat terbaca dengan mudah, lancar dan cepat serta mengurangi hal-hal semacam hang atau lag.

0 komentar

Posting Komentar