Minggu, 14 Oktober 2018

5 Cara Tes Kecepatan Internet di Komputer secara tepat dan akurat

 Buat sobat pengguna internet mungkin pernah bertanya  5 Cara Tes Kecepatan Internet di Komputer secara tepat dan akurat

Buat sobat pengguna internet mungkin pernah bertanya-tanya seberapa cepat sebenarnya koneksi internet sobat, terlebih saat sobat mendapati koneksi internet yang kadang kala cepat dan kadang-kadang tidak stabil.

Untuk mengetahui konektifitas internet sobat bisa mengetesnya sendiri. Mengapa perlu di test?. salah satu alasan sederhananya adalah untuk memastikan apakah bandwidth dari penyedia jasa internet sesuai dengan tarif berlangganan yang dibayar.

Lihat Juga :

8 Aplikasi Android untuk Mempercepat Koneksi Internet

Cara menghemat kuota Internet pada smartphone Android

Cara Mengatasi Internet Wifi yang Limited Access




Adapun alasan yang lainya adalah untuk memastikan kecapatan internet pada saat sobat akan melakukan buffering ketika membuka layanan video streaming di internet.

Berikut 5 Cara Tes Kecepatan Internet di Komputer sobat secara Akurat.

5 Cara Tes Kecepatan Internet di Komputer secara tepat dan akurat

1. Restart modem dan router

Modem ataupun router terkadang menjadi penyebab utama koneksi internet melambat apalagi ketika membuka web streaming video atau film. Kebanyakan kasus pilihan restart modem dan router sering membantu membuat keduanya berfungsi dengan baik.

Meskipun tidak penting perangkat mana yang Anda cabut pertama kali, silahkan pasang kembali modem fiber, modem kabel, atau modem DSL Anda terlebih dahulu. Lalu tunggu tiga menit, kemudian baru Anda cabut dan nyalakan router.

2. Restart komputer sebelum pengujian

Sekali lagi, restart menjadi langkah standar dalam perbaikan hal-hal teknis. Sama seperti router dan modem, restart komputer  yang Anda gunakan untuk menguji koneksi internet adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Restart boleh jadi berdampak nyata pada tingkat keakuratan tes internet Anda.

3. Jangan gunakan internet untuk apa pun!

Meskipun sobat mungkin sudah memikirkannya, ini merupakan aturan yang paling penting untuk diingat ketika menguji kecepatan internet. Jelas ini berarti bahwa sobat tidak boleh membiarkan banyak jendela program terbuka pada komputer, tetapi pastikan untuk memeriksa hal-hal lain yang mungkin diperbolehkan untuk menggunakan internet.

4. Hapus tembolok peramban 

Hal cerdas lainnya yang harus dilakukan sebelum menguji kecepatan internet adalah untuk menghapus tembolok (clear cache) peramban (browser) sobat. sobatharus melakukan hal ini sebelum setiap tes berikutnya, dengan asumsi sobat berencana untuk mengujinya beberapa kali secara berturut-turut.

Kebanyakan tes kecepatan internet bekerja dengan cara mengunduh dan mengunggah satu atau lebih file berukuran tertentu, dan kemudian menggunakan waktu yang file itu butuhkan untuk melakukannya guna menghitung kecepatan internet.

5. Lakukan uji HTML5

Terakhir, sangat disarankan untuk mengetes bandwidth Anda dengan tes berbasis HTML5, bukan berbasis Flash. SpeedOf.Me, TestMy.net, dan Bandwidth Place merupakan tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang direkomendasikan.

Diperkirakan bahwa tes berbasis Flash, seperti Speedtest.net dan Speakeasy yang sangat populer serta kebanyakan tes yang digawangi ISP, harus melakukan penyesuaian sebanyak 40 persen untuk mengimbangi kenyataan bahwa tes mereka menggunakan Flash.

0 komentar

Posting Komentar