Sabtu, 08 September 2018

Mau Tahu Berkenalan Dengan Struktur Dasar Template Blogspot

Setelah mengetahui Apa Itu Blog? selanjutnya yaitu mengetahui apa saja bab atau struktur yang membentuk suatu blog, utamanya blogspot ibarat yang bloGoooblok gunakan dikala ini.

Mengenal struktur template blog wajib hukumnya jikalau ingin mengetahui cara mengoptimalkan tampilan. Kecuali Anda tidak ingin ambil pusing mempercantik tampilan blog Anda walau template yang Anda gunakan sekalipun berasal dari pihak ketiga (bukan bawaan blogspot).

Dengan mengetahui struktur dasar blogspot, seorang blogger juga mempunyai peluang besar menjadi web designer. Ibarat membangun rumah tanpa mengatahui arah pembangunan, sama saja sia-sia. Mengetahui struktur blog juga sama posisi dengan arsitek.

Tahu struktur juga akan memudahkan kita membuatkan tampilan layout template. Bagian mana yang ingin kita olah, apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana membuatnya.

Walau mengenal struktur belum menjamin kita andal segalanya, namun setidaknya dengan mengenal struktur akan ada progres pemahaman minimal 10 persen dari seharusnya. Sisanya kita harus berguru dan berkenalan dengan CSS (Cascading style sheet) dan HTML (Hyper Text Markup Language) serta Javascripts. Ini akan kita bahas belakangan.

Sebuah template intinya mempunyai struktur yang sama dimana setiap blog mempunyai struktur utama, yakni body, Outer-wrapper, Header, Sidebar, Main wrapper atau post dan terakhir Footer.

Penjelasan : 

  • Body: block paling lebar, body ini yang menampung seluruh konten dari blog atau website.
  • Outer-wrapper: kotak ini melapisi bab template (Body lebih ibarat bab luar template), jadi kebanyakan pada umumnya outer wrapper ini sebagai wadah header, sidebar, main-wrapper dan juga footer.
  • Header: Kotak ini yaitu bab teratas dari blog mungkin dari namanya sudah dapat kita tebak dari sebuah header ini. Biasanya header ditempati oleh judul-deskripsi  blog, logo, dan juga kebanyakan dibawahnya ditempai oleh Navigasi Menu.
  • Sidebar : Block ini dipakai sebagai wadah widget blog atau aksesoris contohnya  About me, Link list, gambar slide, dan juga widget-widget lainnya
  • Main: Main-wrapper yaitu sebuah block atau kolom dalam yang paling lebar, dalam block ini juga masih menampung ibarat Judul Post, Post konten, kotak komentar dan juga keterangan lainnya mengenai artikel atau posting blog.
  • Footer: yaitu kotak paling bawah dari sebuah template. Seperti bab header namun terletak dibagian bawah biasanya footer ini ditempati sebuah tautan dan juga teks keterangan hak cipta.

Namun di HTML5 yang dikala ini berkembang, beberapa istilah diganti, misal main wrapper tidak akan ditemukan lagi dalam HTML biasa, posisinya dihapus tergantung posisi. Misal pos, diganti dengan kata Section dan Article, serta Skin bermetamorfosis style. Ini akan kita bahas dipembahasan HTML.

Struktur paling fundamental yang harus dipahami oleh seorang blogger yaitu header, navigation, sidebar, section/post dan footer. Bisa dilihat pada skema dibawah ini.


Dalam penulisan scriptnya, posisinya ibarat dibawah ini.

<body>
  <header>...</header>
  <nav>...</nav>
  <article>
    <section>
      ...
    </section>
  </article>
  <aside>...</aside>
  <footer>...</footer>
</body>

Namun pada umumnya, blogspot memakai silsilah ibarat ini:

<html> <--- tag pembuka untuk html
       <head> <--- tag pembuka untuk head
             (****Posisi CSS atau juga Javascript****)
       </head> <--- tag epilog untuk head
       <body> <--- tag pembuka untuk body
            (****Disini daerah yang akan ditampilkan yaitu HTML dan juga dapat Javascript****)
      </body> <--- tag epilog untuk body
</html> <--- tag epilog untuk html

Penjelasan:

  1. HTML : <html> </html>
    • Sebuah template Blog/Website selalu diawali dengan tag pembuka <html> dan harus diakhiri tag epilog </html>
    • Diantara tag inilah tag-tag atau struktur lainnya diletakkan yang akan membuat sebuah tampilan blog/website.
  2. Head : <head> </head>
    • Tepat sesudah  <head>  biasanya diletakkan isyarat tag pengenal mulai dari tag title/judul, deskripsi, keywords dan tag-tag pengenal lainnya.
    • Diantara isyarat ini harus diletakkan sebuah isyarat CSS yang akan menampilkan sebuah tampilan model atau huruf dari template itu sendiri.
    • Sebelum isyarat tag epilog </head>  biasanya ditambahkan sebuah isyarat Javascript untuk sekedar menambahkan fitur-fitur memakai isyarat Javascript. 
  3. Body : <body> </body>
    • Tag body merupakan yang paling utama pada sebuah template Blog/Website alasannya ini akan menampung dan menampilkan semua konten blog/website itu sendiri.
    • Pada bab tag ini masih terbagi dalam 4 struktur penting lagi yaitu Header, Sidebar, Content dan juga Footer, di atas sudah saya jelaskan wacana struktur ini.
Penjabaran struktur diatas selanjutnya akan kita bahas satu persatu, mulai dari header sampai footer bersama dengan elemen-elemennya. Kami berusaha memperlihatkan pemahaman biar tidak membingunkan. Setidaknya, struktur utamnya telah kita ketahui.


0 komentar

Posting Komentar