Kamis, 18 Oktober 2018

Mau Tau?  Apa Itu Bounce Rate - Bagaimana Pengaruhnya Pada Seo Dan Ranking Blog?

Mau Tau? Apa Itu Bounce Rate - Bagaimana Pengaruhnya Pada Seo Dan Ranking Blog?

Jika blog Anda sudah terintegrasi dengan Google Analytics, Anda akan menemukan banyak istilah. Salah satu yang akan kita bahas di postingan kali ini ialah perihal Bounce Rate. Bagi anda yang gres tahu atau sudah tahu tapi belum mengenal secara mendalam perihal definisi dan peranan Bounce Rate dalam SEO, maka blog ini cocok untuk anda terus baca.

A. Pengertian Bounce Rate - Apa itu bounce rate?

Bounce Rate ialah angka persentase (rasio) antara visitor yang hanya mengunjungi satu halaman saja berbanding dengan total visitor secara keseluruhan.

Kaprikornus faktor penentu angka bounce rate itu sendiri ialah dari jumlah visitor yang hanya hit and run alias hanya mengunjungi satu halaman blog saja, kemudian pergi tanpa membuka halaman lainnya. Bisa sebab si visitor tidak menemukan apa yang dia cari di blog yang dikunjungi, atau sebab loading blog yang lama, atau kalau blog Anda tersedia banyak iklan, sanggup saja pada kunjungan pertamanya si visitor eksklusif tertarik pada sebuah banner iklan dan mengkliknya, blog Andapun ditinggalkan :) Semakin besar jumlah model visitor yang menyerupai itu, maka akan semakin besar pula nilai persentase bounce rate nantinya.

Jika banyak visitor yang hanya mengunjungi satu halaman, tentu itu akan berakibat kepada nilai bounce rate yang besar dan secara eksklusif itu sanggup saja mengindikasikan bahwa blog tersebut kurang berkualitas. Sebaliknya, semakin kecil nilai bounce rate, maka Google akan sanggup dengan gampang memperlihatkan evaluasi baik pada blog Anda. Karena dianggap blog Anda itu berkualitas dan bermanfaat bagi banyak visitor, dibuktikan dengan sikap visitor yang tidak hanya mengunjungi satu halaman, tapi lebih dari satu halaman / postingan blog.

B. Cara melihat berapa nilai bouncerate blog – Google Analytics
Nilai bouncerate sanggup dengan gampang kita ketahui, yakni melalui media alat bantu Google Analytics, dengan catatan blog Anda sudah harus didaftarkan dulu di Google Analytics. Untuk melihat nilai bouncerate di Google Analytic caranya ialah sebagai berikut:
Baca cara mendaftarkan blog ke Google Analytics
  1. Login terlebih dahulu di analytics.google.com, kemudian pilih blog
  2. Biasanya akan eksklusif muncul tampilan data yang salah satunya memuat nilai bounce rate. Di sana Anda sanggup dengan gampang mengetahui berapa bouncerate blog.
C. Cara mengetahui nilai bounce rate melalui website Alexa
Selain dengan pinjaman Google Analytics, kita juga sanggup mengetahui berapa nilai bouncerate blog Anda memakai website Alexa.com. Caranya sangat mudah

  1. Buka website Alexa di Alexa.com/siteinfo/
  2. Pada form isian, ketikkan nama blog Anda atau blog orang lain yang ingin diketahui bounce rate nya. Bisa juga bersama-sama dengan mengetik di address kafetaria dengan format alexa.com/siteinfo/domain_blog
  3. Tunggu beberapa saat. kemudian scroll layar ke bawah. Anda akan mendapati data persentase Bounce Rate dari blog tsb. 


D. Bagaimana bersama-sama nilai Bounce Rate ini dihitung?
Seperti disebutkan diatas, bounce rate ialah persentase antara jumlah visitor yang hanya mengunjungi satu halaman saja berbanding dengan total keseluruhan visitor.

Sehingga sanggup didapat Rumus matematika sederhana sebagai berikut.
Bounce Rate : Jumlah visitor yang hanya membuka satu halaman / total visitor * 100%
analytics-ninja.com
Sebagai gambaran, missal pengunjung blog Anda ialah 100, dan dari jumlah tersebut ada sekitar 30 orang yang hanya mengunjungi satu halaman saja, kemudian pergi dan menutup blog Anda.

Maka sanggup dengan gampang kita ketahui nilai bounceratenya ialah 30%, hasil dari 30/100*100%.

Tentu pada prakteknya, kita tidak pelu repot-repot menghitung sendiri nilai bounce rate. Tinggal lihat saja di Google Analytics atau Alexa menyerupai dicontohkan tadi.

E. Berapakah idealnya nilai bounce rate sebuah blog?
Dari hasil pencarian dan baca-baca dari beberapa blog besar, salah satunya menyerupai yang saya kutip dari jokosusilo.com nilai bounce rate ideal itu tidak sanggup dipukul rata untuk semua blog. Karena kembali ke jenis blog itu menyerupai apa. Ada yang bilang bahwa nilai ideal untuk bounce rate ialah 20%, lebih kecil lebih bagus. Ya untuk web/blog yang memuat blog-blog informasi, yang juga mengejar Page View dan mungkin pendapatan iklan CPM, bounce rate 20% ialah sesuatu yang harus diperjuangkan untuk dicapai. 

Namun beda halnya dengan website yang hanya mempunyai satu halaman saja, menyerupai minisite atau landing page berisi sales letter / penjualan suatu produk. Sudah niscaya nilai bounce rate nya akan 100% sebab cuma halaman itu yang sanggup dikunjungi. Bounce rate 100% dalam hal ini tidak berarti webnya berkualitas buruk, kan. Kaprikornus kembali ke jenis web / blog Anda menyerupai apa. Bounce rate sanggup kita jadikan alat ukur untuk mengetahui bagaimana sikap visitor ketika mengunjungi blog.

F. Faktor dan Penyebab yang menghipnotis membengkaknya nilai bouncerate.
Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa blog yang baik akan mempunyai nilai boncerate yang ramping/kecil. Nilai bouncerate yang besar / nanah mengindikasikan kualitas blog yang kurang berkualitas. Ditandai dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi hanya satu halaman, kemudian eksklusif pergi begitu saja. Mungkin Anda juga pernah/sering berada di situasi menyerupai itu, ketika membutuhkan informasi, kita Googling, dan kita temukan blog yang dirasa cocok, kemudian membuka halaman blog tersebut. Setelah selesai, anda eksklusif menekan tombol Back atau Close tab untuk menutup blog tersebut.

Berikut ialah beberapa factor penyebab yang turut andil dalam menyumbang nilai bouncerate.
1. Blog hanya terdiri dari 1 halaman saja
  • Di klarifikasi di atas saya sebutkan beberapa kali bahwa semakin besar nilai bouncerate suatu blog, maka kualitasnya semakin tidak bagus. Tapi sekali lagi, itu kembali ke jenis web / blognya. Bounce rate dengan nilai persentase besar atau kecil tidak harus selalu eksklusif dikaitkan dengan kualitas web / blog. Bounce rate besar tidak berarti harus selalu jelek, pun begitu bounce rate kecil juga tidak selalu berarti bagus. 
2. Loading Blog yang berat
  • Kecepatan loading suatu blog terang sangat kuat pada kenyaman visitor. Jika loading blog Anda berat, otomatis akan membutuhkan lebih banyak waktu bagi visitor ketika hendak membukan halaman blog blog Anda. Jika mendapati kondisi menyerupai itu, sanggup saja visitor hanya akan membuka satu halaman saja, yakni halaman pertama ketika ia berkunjung dari mesin pencari. Setelah itu, eksklusif menutup blognya dan beralih ke blog lain. Hal ini juga sanggup dijadkan factor membengkaknya bouncerate blog.
3. Kualitas konten yang kurang
  • Indikator paling umum dari sebuah konten blog yang dikatakan tidak/kurang berkualitas ialah menyerupai panjang blog yang kurang/sedikit, sehingga pembahasan kurang mendetail dan tidak adanya warta pendukung yang disematkan dalam bentuk internal link, misalnya. Sehingga hal tersebut menimbulkan pengunjung eksklusif pergi tanpa mengunjungi postingan lainnya.
G. Cara memperbaiki / merampingkan nilai bouncerate.
Kita sudah tahu apa itu bouncerate dan apa saja factor dan penyebab yang menimbulkan bounce rate blog menjadi besar. Nah bila kita sudah mengetahui penyebabnya, tentu Anda sanggup menganalisis apa saja yang harus diterapkan untuk memperbaiki dan merampingkan nilai bounce rate. Berikut ialah cara-caranya.
  1. Meningkatkan kecepatan loading blog
  2. Buat visitor untuk membaca lebih dari satu blog. Caranya dengan menanamkan internal link (link yang mengarah ke postingan lain). 
  3. Sebisa mungkin buatlah blog yang memang berkualitas dengan judul yang menarik 
  4. Bijak dalam pemasangan iklan pop up. Jika blog Anda terpasang iklan pop up / pop under, lebih baik setting iklannya semoga tidak tampil di perangkat mobile. Karena tidak jarang, iklan pop under yang tampil di HP sifatnya memaksa dan menipu. Misal ada peringatan perangkat terinfeksi virus, dan tombol back pun kemudian tidak berfungsi. Otomatis visitor pun eksklusif lari pada kunjungan pertama. Baca cara kondusif memasang iklan pop under di blog
H. Pengaruh Bounce rate pada SEO blog.
Kita sudah paham bahwa salah satu indikator sebuah blog yang cantik ialah visitor akan betah berlama-lama bertahan di blog kita, membaca blog yang detail dan beralih dari satu blog ke blog lainnya yang saling terkait. Namun apakah angka bounce rate ini kuat pada ranking blog?

Dengan memakai Google Analytics kita sanggup melihat dan mengetahui berapa nilai bounce rate. Apakah dengan bounce rate yang ramping menjadi jaminan ranking blog bagus? Untuk mengetahuinya, kita sanggup menonton klarifikasi dari Matt Cuts di bawah ini, yang pada pada dasarnya dia menyebutkan bahwa pihak Google Search Team tidak pernah menimbulkan data dari Google Analytics, menyerupai Bounce rate dan time on site sebagai variabel mereka dalam memilih ranking blog. Kaprikornus mau bounceratenya besar atau kecil, itu sama sekali tidak menghipnotis ranking blog di SERP / halaman pencarian.

Berikut saya sajikan transkripnya.
Are stats from Analytics (bounce rate, time on site) a factor in a page’s or domain’s rangking? There is a very short answer which I give you a minute.
 But I'll tell you a little story first which is at a PubCon a few years ago which is a webmaster World Conference somebody said, “Do you use Google Analytics and in web spam? and I said, “not only doing not used in web, I promise you, my team will never go and ask the analytics team to use their data.
 And we’ve held true to that promise.” And I got asked this at the most recent PubCon and I was like, “Well, I know we don’t use it in Web spam. I don’t know about all of search quality. I don’t think that we do. But to my knowledge, no one uses it.”
 So when I saw this question, I went ahead and I emailed the most senior, most knowledgeable person who would know about this. Anda I said, “We don’t use Google Analytics in our ranking in anyway, do we?” Anda the one word reply was, “No.” So, there you go. Taken a long time to say a relatively short answer, which is, “Google Analytics is not used in search quality in any way for our rankings.”
Kendati demikian, tentu kita tetap harus memperhatikan bounce rate blog kita. Karena walau bagaimanapun angka tersebut merupakan citra perihal bagaimana sikap visitor ketika mengunjungi blog. Sebisa mungkin kita berusaha tekan bounce rate menjadi ramping.

Nah, itulah klarifikasi perihal Apa itu bounce rate dan bagaimana efek bounce rate terhadap SEO blog. Mohon maaf dan mohon koreksi bila ada salah-salah. Boleh tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.
Salam.
Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube? - Bagi kebanyakan orang, Youtube mungkin dianggap hanya sebatas media hiburan lewat bermacam-macam jenis video yang disajikan. Apakah Anda juga berpikir demikian? Kita tahu bahwa video-video yang ada di Youtube tidak ujug-ujug disediakan oleh pihak Youtube, melainkan ada pihak, baik individu maupun kelompok perusahaan yang mengunggahnya. Nah pernahkah Anda berpikir, kenapa banyak orang (yang kemudian disebut youtuber) yang rela-rela mengorbankan waktu, tenaga dan kuota (mungkin) untuk menciptakan sekadar video dan menguploadnya ke Youtube?

Mungkin sebagian besar orang khususnya yang awam akan berpikir, “mungkin supaya sanggup jadi populer gitu lah, kayak Norman Kamaru, atau Sinta Jojo, Udin Sedunia, Justin Bieber dll”. Ya, kita tahu mereka yakni sedikit di antara banyak tokoh yang menjadi populer sebab dampak Youtube. Namun lebih dari itu, tahukah Anda bahwa Youtube juga menjanjikan penghasilan tanpa batas bagi orang-orang yang mau bermitra dengannya?
Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Bagi Anda yang sering nonton video youtube, mungkin sudah tidak absurd lagi dengan Youtuber-youtuber populer seperti, Chandra Liow, Edho Zell, Raditya Dika, Reza Oktovian, Agung Hapsah, Young Lex, Cameo Project, LDP, dan masih banyak lagi lainnya. Mereka-mereka itu yakni teladan para Youtuber yang telah bermitra dengan Youtube.
Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Dan tahukah Anda berapa penghasilan mereka dari youtube? Jangan salah, dari Youtube saja mereka sanggup mendapat penghasilan di atas rata-rata orang kebanyakan cuma dengan rutin mengupload video berkualitas ke youtube. Ada yang ratusan juta hingga milyaran perbulannya menyerupai Raditya Dika dan Edho Zell.

Youtube yakni satu-satunya jejaring social yang membayar membernya dari konten video yang diupload, melalui jadwal periklanan Adsense tadi. Anda sanggup saja menciptakan konten video super keren dan diupload ke Facebook, misalkan. Apakah facebook akan membayar Anda jikalau video tersebut menjadi viral dan banyak ditonton orang? Tentunya tidak. Sampai dikala blog ini saya tulis, Facebook belum/tidak mendukung untuk urusan monetisasi video tersebut.

Lalu dari mana bersama-sama para Youtuber tersebut mendapat penghasilan? Jawabannya simpel, dari Iklan. Ya, iklan yang muncul di video-video yang diuploadAdapun iklan yang muncul tersebut sanggup bersumber eksklusif dari Youtube (dengan menjadi Youtube Partner terlebih dahulu) maupun dari pihak ketiga yang menjadi partner sponsorship dari si Youtuber tersebut. Atau sanggup juga bersumber eksklusif dari Youtuber yang bersangkutan, misal dengan jualan merchandise atau memperlihatkan suatu jasa yang sanggup mendatangkan penghasilan.

Mari kita bahas lebih detailnya. Apa yang saya sampaikan di bawah bukanlah cara detail yang berisi step by step / tutorial teknis. Di sini saya hanya menyajikan citra cara secara umum bagaimana para youtuber menghasilkan uang dari Youtube. Yang mana secara garis besar sanggup diklasifikasikan menurut sumber iklan, iklan dari Youtube eksklusif (Youtube Adsense) dan iklan pribadi & pihak ketiga (sponsorship).

1. Menghasilkan Uang dari Youtube dengan menjadi Youtube Partner / Publisher Google Adsense

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Mungkin Anda sering melihat iklan muncul sebelum atau dikala video diputar di Youtube. Nah iklan-iklan tersebutlah yang jadi sumber penghasilan para youtuber tersebut.

Dan jikalau iklan yang tampil di suatu video tersebut diklik oleh viewer, maka di sini si Youtuber (pemilik video) akan mendapat bayaran senilai sekian dollar perkliknya, istilahnya CPC (Cost Per Click). Selain itu jumlah penayangan iklan per-seribu kali tayang pun akan dibayar dengan nilai dollar tertentu, CPM (Cost Per Mile / Cost Per Thousand Impressions)

Makara semakin banyak jumlah views dari suatu video, semakin besar peluang adanya klik iklan, sehingga semakin besar juga pendapatan yang dihasilkan. Tidak heran jikalau para youtuber selalu menganjurkan di awal dan final setiap videonya untuk Subscribe / berlangganan channelnya. Itu yakni bentuk engangement yang dilakukan Youtuber untuk meningkatkan jumlah Subscriber dan views dari video-videonya. Karena dengan banyaknya subscriber berbanding lurus dengan banyaknya views / tayangan dari video tersebut. Berbanding lurus juga dengan doku yang masuk ke akun Adsense.
Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Iklan-iklan yang muncul di Youtube yakni iklan Google Adsense, sehingga jadwal kolaborasi Youtube Partner ini juga kerap disebut dengan Youtube Adsense.

Google Adsense sendiri yakni sebuah jadwal periklanan milik Google yang membayar publisher yang menampilkan iklan di situs atau halaman web milik mereka. Dilihat dari segi penerapan iklannya, Google Adsense terdiri dari dua macam, Hosted dan Non Hosted. Non hosted berarti iklan sanggup ditampilkan di semua jenis halaman web sekalipun di luar hosting Google, menyerupai di blog Wordpress Selfhosted, blog blogger custom domain dll. Adapun hosted yakni iklannya hanya sanggup tampil di jaringan host Google, menyerupai blog dengan domain blogspot dan Youtube. Makara iklan yang muncul di Youtube yakni termasuk iklan Google Adsense kategori Hosted.

Adapun Google Adsense sendiri menyajikan iklan dari para Advertiser yang beriklan di Google Adwords.
Program Google AdWords sanggup dipakai untuk menciptakan iklan yang akan muncul pada laman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs kawan kami. Untuk mempelajari lebih lanjut perihal AdWords dan segera mulai beriklan, kunjungi www.adwords.google.com.
Cara menghasilkan uang dari Youtube dengan Google Adsense
Oke untuk mengetahui bagaimana citra secara keseluruhan perihal teknis cara menghasilkan uang dari Youtube melalui jadwal Google Adsense ini, berikut saya sajikan uraian singkatnya.

Untuk sanggup menghasilkan uang dari Youtube, maka satu hal niscaya yang harus Anda lakukan yakni mengupload video ke Youtube. Dan tentu jangan sekadar video yang sembarangan dan cenderung ngasal, tapi harus unik, original dan menarik/bermanfaat. 

a. Buat akun Youtube
  • Untuk yang satu ini pastinya bukan perkara sulit untuk dilakukan. Karena syarat untuk menciptakan akun Youtube juga tidak lebih hanya harus mempunyai akun Gmail / Google. Seperti kita tahu, bahwa satu akun Gmail berfungsi untuk dipakai di seluruh produk Google, termasuk di dalamnya yakni Youtube. Namun jikalau Anda belum punya akun Gmail atau memang ingin menciptakan akun Gmail baru, silakan buat dulu akun gmail di mail.google.com kemudian sign up dengan data yang valid sesuai identitas. Lalu pergi ke www. youtube.com, dan buatlah channel / susukan anda sendiri di sana.
b. Rutin mengupload Video
  • Youtube dengan algoritmanya tentu sangat menyukai channel / susukan yang selalu update dalam urusan unggah video gres di channelnya. Youtube sendiri menginginkan kerjasama dengan setiap mitranya sanggup berlangsung dalam jangka panjang. Makara usahakan upload video secara rutin, menyerupai 1 atau 3 video sehari supaya reputasi channel semakin terangkat dan sanggup menjaring lebih banyak viewers.
c. Video jangan melanggar Copyrights
  • Youtube adalah gudangnya orang-orang kreatif dalam hal pembuatan konten. Dan Youtube sendiri sangat selektif dan protektif terhadap yang namanya Pelanggaran Hak Cipta. Agar sanggup mendapat uang dari video Youtube, maka konten yang kita upload harus original / asli. Karena Youtube mempunyai sistem yang sangat canggih yang sanggup mendeteksi setiap hal kecil pelanggaran hak cipta terhadap suatu video. Konten video yang mengandung pelanggaran hak cipta baik dari gambar atau backsound, maka secara otomatis video tersebut tidak akan sanggup diuangkan / dimonetisasi sekalipun viewernya bejibun. Adapun kalau tampil iklan, biasanya pendapatannya mengalir ke si pemilik Hak Cipta.
d. Mendaftar Ke Google Adsense
  • Inilah langkap paling penting, mendaftarkan / mengaitkan Channel Youtube ke Google Adsense. Adsense adalah metode / media yang paling banyak dipakai oleh para Youtuber untuk menguangkan / monetisasi channel Youtubenya. Pada nantinya, akun Google Adsense tersebut akan berfungsi untuk menampung setiap dollar yang dihasilkan oleh video di Channel Youtube. Makara di sini Anda harus mendaftar ke Google Adsense untuk kemudian dikaitkan dengan Channel Youtube yang telah dibentuk sebelumnya. 
  • Di blog selanjutnya InsyaAllah akan saya sajikan tutorial Cara simpel mendaftar Google Adsense via Youtube / cara mengaitkan Youtube ke Google Adsense.
e. Tingkatkan Popularitas Channel 
Beberapa hal yang sanggup diupayakan untuk meningkatkan popularitas channel Youtube yakni sebagai berikut.
  • Rutin upload video bermanfaat, unik dan menarik serta berkualitas, baik dari segi pengambilan gambar maupun dalam hal isi dari video tersebut. 
  • Channel yang spesifik menyajikan video perihal suatu info/ niche. Dengan konten video yang spesifik, tidak campur-campur, maka akan sanggup lebih simpel dalam menggaet banyak pelanggan loyal yang dengan sukarela kembali menonton dan menonton terus video-video di channel Anda.
***
Intinya, pada Youtube Adsense kita mengupayakan untuk setiap video yang kita upload supaya mendapat banyak views (penayangan). Tentunya tidak dengan mengesampingkan kualitas dan daya tarik dari video yang diupload tersebut . 

Semakin banyak video berkualitas dan menarik yang diupload, akan semakin mendongkrak jumlah viewers dan pada hasilnya berimbas juga pada pertambahan earning di akun Google Adsense. 

Bonus Video
Untuk mengetahui lebih lanjut perihal bagaimana bersama-sama para Youtuber dibayar oleh Youtube, silakan tonton video klarifikasi dari salah satu Youtuber favorit saya, yakni Agung Hapsah berikut ini.

2. Menghasilkan uang dari Youtube dengan iklan berdikari atau Sponsorship

Pada prakteknya selain dari jadwal Adsense, masih banyak metode monetisasi yang sanggup diterapkan untuk sanggup mendatangkan uang dari video Youtube. Diantaranya menyerupai media Sponsorship. Jika channel Anda sudah memuat banyak video, views dan subscribers, bukan mustahil akan ada pengiklan / advertiser yang ingin di-endorse-kan produknya, untuk kemudian Anda mendapat komisi sesuai kesepakatan.

Selain itu, Youtube juga kerap dipakai oleh para Affiliate Marketer dalam mempromosikan / mereview produk affiliasinya dalam bentuk video untuk kemudian di-link-kan ke website jualan. Dan sudah dibuktikan oleh mereka bahwa dengan menciptakan video marketing via youtube sanggup sangat meningkatkan konversi penjualan dari produk yang dipromosikan.

Juga bila Anda punya toko Online yang menjual produk fisik atau produk digital, Anda juga sanggup menciptakan video marketing perihal produk jualan Anda untuk kemudian diupload ke Youtube. Dioptimasi sedemikian rupa sehingga banyak orang yang menonton dan pada ujungnya sanggup meningkatkan omzet dari bisnis toko online Anda.
***
Nah, itulah dua metode yang biasanya diterapkan untuk menghasilkan uang dari Youtube. Sudah banyak yang mengambarkan sanggup mempunyai passive income dari Youtube. Edho Zell, Chandra Liow dan Raditya Dika hanyalah sedikit contoh. Lebih dari itu mungkin masih banyak orang yang tidak terpublikasi yang juga sudah berhasil dengan Youtube.

Kalau mau tahu berapa penghasilan para Youtuber yang video-videonya selalu Anda tonton, berikut saya sajikan bonus, Cara mengintip penghailan Youtuber lain.

Bonus: Cara mengintip penghasilan Youtuber lain
Mungkin Anda merasa kepo dan ingin tau ingin mengetahui berapa penghasilan para youtuber. Maka simpel saja. Anda sanggup mengunjungi sebuah situs dengan nama socialblade. Di sana kita sanggup mengetahui berapa penghasilan para Youtuber, walaupun bukan penghasilan niscaya - hanya sekadar taksiran. Tapi sudah cukup untuk mengatakan citra betapa gurihnya potensi Youtube.

Oke coba buka saja situs SocialBlade . Lalu di kotak pencarian sebelah kanan atas, inputkan username dari channel Youtube yang ingin kita lihat penghasilannya. Misal di sini saya coba menginputkan salah satu channel Youtube besar di Indonesia, yakni Edho Zell dengan username 2ell
Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Berikut yakni hasil data statistik yang ditampilkan. Kita sanggup lihat di sana taksiran penghasilan perbulannya adalah..
Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Perhatikan gambar di atas yang saya tandai dengan kotak merah kecil dan tanda panah. Itu yakni taksiran / asumsi earning (penghasilan) dari channel Edho Zell dalam sebulan. Nilai yang tampil yakni kisaran antara $2,300 hingga $37,200 (Tiga puluh tujuh ribu dollar).

Kita sanggup lihat jarak angka dari asumsi di atas terpaut cukup jauh (2ribu dollar dan 37ribu dollar). Agak galau juga mungkin untuk mengira-ngira betapa penghasilan pastinya. Namun menurut isu yang saya sanggup dari salah seorang  master Youtube, kita sanggup memperkirakan penghasilan niscaya berdasar pada angka taksiran tadi. Caranya yakni asumsi penghasilan tertinggi dibagi 4. 

$ 37,000 / 4 =  $9,250 (Sembilan ribu dua ratus lima puluh dollar)
dikalikan dengan kurs rupiah dikala ini, ambil saja Rp. 13.000
9.250 x 13.000 = Rp. 120.250.000

120 juta perbulan. 
Sekali lagi, angka yang tampil di situs Social Blade yakni angka taksiran / perkiraan. Untuk nilai pastinya mungkin hanya Youtuber yang bersangkutan yang tahu :). 

Itu gres Youtuber lokal. Adapun youtuber luar negeri juga pastinya lebih dahsyat lagi. Berikut data statistik socialblade dari salah satu channel Youtube populer dengan niche Games, yakni PewDiePie. Dengan jumlah subscriber mencapai 49 juta, sanggup kita bayangkan dan lihat berapa jumlah view perharinya dan berapa jumlah penghasilannya perbulan.

$37K - $600K. Dengan teladan perhitungan menyerupai di atas, silakan hitung sendiri berapa nilainya jikalau dikonversi ke mata uang Rupiah.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Cuma Mau Makara Penonton??

Bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube Mau Tau? Bagaimana Cara Youtubers Menghasilkan Uang Dari Youtube?

Nah kini pertanyaannya, apakah Anda tetap mau jadi penonton? Atau mau ikutan merasakan gurihnya dollar / penghasilan dari Youtube? jikalau kita sanggup dengan getol setiap hari menonton video orang lain, kenapa tidak mencoba menciptakan channel / susukan sendiri di Youtube, kemudian kita isi dengan video-video dan menguangkannya. Menarik sekali, bukan?

Rekomendasi dan Saran

Uraian di atas nampaknya sudah cukup mengatakan citra perihal potensi luar biasa dari Youtube. Namun perlu digarisbawahi, kunci utama dari suksesnya bisnis di Youtube tidak lain yakni konten atau video yang berkualitas dan original.

Mengulang perkataan dari Agung Hapsah pada cuilan final video klarifikasi di atas, jikalau kita masih pemula maka fokuslah pada mencar ilmu bagaimana menghasilkan konten video yang berkualitas, jangan dulu fokus ke uang. Jika konten video di channel kita berkualitas, maka akan dengan simpel menjaring banyak viewers dan uang pun nanti akan tiba dengan sendirinya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk turut merasakan potensi Youtube, maka mulailah berdiri Channel Anda kini juga. Anda sanggup browsing banyak tutorial / panduan bermain Youtube, baik itu berupa panduan gratis maupun berbayar. Yang mana keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baik, saya rasa cukup sekian blog tentang cara menghasilkan uang dari Youtube ini. Semoga bermanfaat.

Sekian dan terima kasih. 
Mau Tau? 10 Langkah Mudah Untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun

Mau Tau? 10 Langkah Mudah Untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun

Halo Sobatat Blogger, blog kali ini bertema wacana motivasi, bertajuk 10 langkah mudah dan mendasar untuk meraih sukses dalam hal apapun. Barangkali isi dari blog ini cukup bersifat umum dan terkesan klasik, namun InsyaAllah akan terasa magic kalau kita benar-benar menerapkannya dalam keseharian. Amiin. Pada pada dasarnya di sini kita akan menekankan wacana bagaimana membentuk mindset sebagai orang sukses (Success Mindset) dengan langkah-langkah mudah yang eksklusif bisa Anda praktikkan.

Sebenarnya blog sederhana ini juga sudah saya kemas dalam bentuk ebook. Silakan kalau ada yang mau download, barangkali untuk koleksi ^^^ =>. KLIK DI SINI

 langkah mudah dan mendasar untuk meraih sukses dalam hal apapun Mau Tau? 10 Langkah Mudah Untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun

Kembali ke Mindset. Apakah Anda familiar dengan istilah mindset? Ya, sudah banyak yang menyinggung betapa pentingnya membentuk mindset (pola pikir) yang benar untuk mencapai sebuah keberhasilan dalam bidang apapun. Ibarat rumah, mindset yaitu pondasi yang pertama kali harus dibangun secara benar demi terciptanya bangunan rumah yang lohoh, tidak mudah roboh. Tanpa adanya pondasi pola pikir sukses dalam diri seseorang, maka tidak akan ada dorongan energi yang bisa mengantarkannya ke puncak keberhasilan dan Kehidupan Terbaik.

Kesuksesan bisa diraih dengan memadukan antara kekuatan pikiran dan keyakinan berpengaruh dalam diri, sehingga bisa mengupayakan tindakan faktual untuk mencapai apa yang diinginkannya. Apa yang Anda pikirkan akan memilih bagaimana Anda bertindak dalam berupaya menggapai target-target Anda.

Oke, saya rasa kini kita semua setuju wacana arti penting sebuah pola pikir sukses yang harus dimiliki setiap orang. Mari kita bahas langkah-langkah mudah yang bisa eksklusif Anda terapkan ketika ini juga untuk membentuk Success Mindset yang sanggup mengakselerasi tercapainya medali emas kesuksesan Anda. Anda bisa mulai menerapkan dan menanamkan beberapa hal sederhana berikut ini dalam keseharian. Terapkan pada pikiran dan perilaku Anda.  

1. Perjelas dan Spesifik-kan Impian Anda

Untuk menggapai sukses, Anda harus mempunyai harapan yang terang serta spesifik. Ibarat olahraga panahan, pastinya seorang pemanah professional pastinya akan tahu dimana titik sasaran yang harus dituju untuk mendapat poin tertinggi. Beda halnya kalau si pemanah tersebut asal-asalah dalam mengarahkan anak panahnya ke udara, ke sembarang arah, tentu tidak akan terang kemana tujuannya.

Maka dari itu, perjelaslah harapan sukses Anda, buat jadi spesifik. Jangan cuma bilang “saya ingin jadi orang sukses, saya ingin jadi orang kaya”. Impian yang menyerupai itu masih bersifat integral dan terlalu luas, tidak spesifik. Akan sulit menggapai sukses dengan model harapan menyerupai itu.

Buatlah harapan yang jelas, tertarget dan terukur. Misal : “Saya ingin mempunyai omzet 100 juta/bulan dalam waktu setahun ke depan dari bisnis OnlineShop saya” 

2. Sikapi dilema sebagai ‘peluang’

Tentu tidak ada jalan lurus nan mulus dalam sebuah usaha menuju sukses. Akan banyak jalan berkelok dan berlubang disertai banyak hadangan yang tentu harus kita lewati kalau benar-benar ingin meraih kesuksesan. Secara sederhananya, hadangan-hadangan tersebut biasa kita sebut sebagai masalah.

Cara terbaik untuk menuntaskan sebuah dilema tidak lain yaitu dengan menghadapinya, jangan berhenti dan menyerah. Bersyukurlah ketika kita menemui masalah. Masalah berarti ujian yang harus kita lewati semoga bisa naik kelas. Selain itu adanya dilema bisa berarti menunjukan Anda akan mendapat peluang gres yang lebih prospektif yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya. Kaprikornus tetaplah miliki perilaku Positif Thinking. Anggap dan yakini bahwa di balik sebuah dilema tersimpan peluang dan kesempatan gres yang bisa mempercepat kesuksesan Anda di masa depan.

Sudah banyak orang yang kini sukses alasannya mereka mengubah cara pandangnya terhadap masalah. Mereka mengkonversi kegagalan dan dilema di masa silam menjadi sebuah peluang gres yang mendatangkan banyak benefit.

Pointnya yaitu tetaplah dalam jalur yang Anda yakini dalam meraih sukses, senantiasa berpikir positif sekalipun dilema besar tengah menghadang Anda. Akan ada saatnya Anda menemukan AHA! Moments di mana Anda menemukan peluang. Dan ketika peluang muncul, segera action. Just do it ketika itu juga. Waktu Anda terlalu berharga kalau hanya dihabiskan untuk menunda-nunda. 

3. Berusaha untuk bisa bermanfaat buat orang lain.

Sebaik-baiknya insan yaitu yang memperlihatkan manfaat buat orang lain. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu berpikir wacana apa nilai tambah, apa manfaat yang bisa saya berikan buat orang lain. Salah satu sumber kesuksesan yaitu terletak di kebahagiaan dan kemuliaan orang lain. Kaprikornus kejarlah hal tersebut. Percaya bahwa memberi banyak kepada orang lain sama sekali tidak akan menciptakan rugi, justru sebaliknya.

Kita ambil pola menyerupai kasus Facebook. Berapa orang di seluruh dunia yang sudah dibentuk senang oleh Mark Zuckerberg atas karyanya yang berjulukan Facebook? Sangat banyak tentunya, mencapai miliaran. Mereka terbantu untuk saling terhubung dan berkomunikasi tanpa mempermasalahkan jarak via Facebook. Sehingga tidak heran kalau kebahagiaan dan kelimpahan pun menyertai sang creator, Mark Zuckerberg dalam usia yang masih sangat muda.

Tentu masih banyak pola lainnya. Orang-orang sukses mempunyai visi untuk menciptakan kehidupan orang lain terbantu dan jadi lebih mudah. Cara pikirnya bukan “apa yang bisa saya dapatkan?”, tapi “Apa yang saya bisa berikan?”.

Andapun bisa juga melakukannya. Anda luar biasa, temukan nilai tambah Anda. Bagikan pada orang lain di sekitar Anda. Hindari sifat egois atau hanya mementingkan kepentingan pribadi. Dengan begitu, pasti kebahagiaan akan menghampiri Anda. 

4. Lupakan kesempurnaan

Persiapan dan perencanaan itu memang mutlak diharapkan dalam setiap hal. Namun jangan hingga Anda terbuai dalam perencanaan secara berlebihan yang justru menciptakan Anda menjadi sedikit Action. Jangan mengharapkan semuanya tepat dulu. Lakukan perencanaan sewajarnya dan segera bertindak. Istilahnya Hajar Bleh. Tidak ada yang benar-benar tepat di dunia ini. Kaprikornus lakukan saja, jangan takut gagal cuma alasannya Anda merasa perencanaannya tidak sempurna. Hargai dan syukuri setiap ketidaksempurnaan yang ada pada diri Anda.  

5. Jangan Dengarkan Kata-kata tidak positif dari orang lain

Ada saatnya mungkin Anda menemui orang yang sedikitnya meremehkan atau mewaspadai kemampuan Anda dan men-judge bahwa Anda tidak pantas atau tidak bisa mengejar impian-impian Anda. Jangan dengarkan kata-kata mereka, cukup berikan senyuman J Jangan kuras waktu Anda hanya untuk berurusan dengan orang-orang yang tidak positif. Tugas Anda hanya membuktikan bahwa Anda bisa. Pasti Bisa!

6. Dobrak rasa takut Anda

Semua orang pasti mempunyai rasa takut, ragu-ragu atau khawatir dalam bertindak. Dan cara terbaik yang harus dilakukan yaitu dengan cara menghadapi dan melawan ketakutan tersebut. Ketika Anda berniat melaksanakan sesuatu hal besar, dan rasa takut kemudian menghampiri, maka di situlah bekerjsama momen berharga yang harus terus Anda tempuh. Dan ketika semuanya terlewati, Anda akan sadar bahwa rasa takut tersebut tidak lebih dari sekadar perasaan yang juga tidak perlu ditakutkan atau dikhawatirkan. Karena bisa jadi apa yang Anda takutkan tersebut akan mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan bila Anda mau menghadapi dan mendobraknya.

7. Bertanggungjawab pada diri Anda sendiri 

Saat menemui suatu dilema dalam hidup, kadang kita dengan gampangnya menyalahkan orang lain. Hati-hati.. dengan bersikap menyerupai itu, bekerjsama kita sedang mengundang energi yang tidak positif yang menjauhkan diri dari perasaan bahagia.

Mulailah berguru bertanggung jawab terhadap diri Anda sendiri. Apa yang Anda alami kini yaitu murni 100% hasil dari anutan sebelumnya. Kaprikornus jangan salahkan orang lain, jangan salahkan keadaan. Introspeksi di mana letak salah kita, dan perbaiki. Mulailah kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat, menyerupai terlalu banyak menonton hiburan televisi atau kegiatan berinternet yang kurang bermanfaat.

8. Positif Thinking dan optimis

Apa yang Anda pikirkan dan yakini secara berulang-ulang, maka hal tersebut akan terproyeksi menjadi sebuah kenyataan. Jika Anda berpikir bahwa Anda akan bisa mencapai harapan Anda, maka sesungguhnya itulah yang akan terjadi.

Dalam mengarungi jalan terjal menuju nirvana kesuksesan, kita tetap harus menjaga pikiran kita, jangan hingga terkotori dengan hal-hal yang tidak positif. Anda juga harus percaya dengan sepenuh hati bahwa Anda bisa menggapai impian-impian Anda di masa depan. Selalu berpikir positif, optimis dan fokus.

9. Bergaul dengan orang yang tepat

Pada prakteknya, yang namanya motivasi diri itu kadang mudah sekali naik dan turun. Nah untuk menciptakan motivasi dan semangat positif kita senantiasa terjaga, maka kehadiaran orang-orang positif di sekeliling kita menjadi sedemikian perlu. Bergaul dan gabunglah dengan komunitas-komunitas berisi orang-orang positif, cari partner kerja yang sevisi dan sepemikiran dengan Anda. 

10. Lakukan Sekarang – Waktu Anda begitu berharga

Pernahkah Anda melihat goresan pena di footer buku tulis yang bertuliskan “Don’t put off until yesterday what you can do today”, yang artinya kurang lebih yaitu “jangan menunda hingga esok hari apa yang bisa kau kerjakan hari ini”.

Terkadang memang godaan untuk menunda mengerjakan sesuatu hal yang baik itu begitu berpengaruh menjangkiti pikiran kita. “Ah, nanti saja”, “ah besok saja”, “ah tahun depan saja” dll. Hal tersebut terang harus dihindari. Solusi terbaiknya yaitu tanamkan dalam pikiran untuk segera melaksanakan apa yang seharusnya dilakukan sekarang.

Jangan menunggu hingga esok atau lusa. Tangga jalan menuju sukses itu memakan jarak dan waku yang tidak sebentar, aturan alamnya sudah menyerupai itu. Maka dari itu, jangan sia-siakan setiap detik waktu kita untuk melaksanakan langkah-langkah kecil demi percepatan kesuksesan kita. Ingat, orang sukses selalu disiplin dalam memanfaatkan waktu.
***

Penutup

Nah itulah 10 langkah mudah yang bisa Anda coba terapkan untuk dalam rangka upaya mencapai goal-goal dan target/tujuan Anda dalam hal apapun. Untuk Anda yang ingin mulai merancang kehidpan terbaik di tahun 2017 dan mempunyai sasaran harapan seperti:
  • Ingin mempunyai badan yang lebih sehat dan bentuk ideal?
  • Ingin bebas finansial dan bebas dari hutang?
  • Ingin mempunyai waktu lebih banyak bersama keluarga?
  • Ingin lebih banyak jalan-jalan keliling dunia?
  • Ingin mempunyai korelasi yang lebih bersahabat dengan Tuhan?
  • Atau masih banyak lagi...
Maka semua itu bisa Anda wujudkan di tahun 2017 atau minimal menciptakan Anda lebih bersahabat jaraknya dalam mewujudkannya di dalam kehidupan Anda. Caranya?

Caranya mudah..

Ikuti aktivitas Your Best Life, sebuah aktivitas pembinaan serta pendampingan selama 1 tahun bagi Anda yang ingin mewujudkan harapan yang Anda inginkan di dalam bentuk ebook, video dan email follow-up.

Program yang sama telah berhasil membantu banyak orang mencapai goals mereka termasuk bebas finansial, badan yang ideal, korelasi yang lebih baik bersama keluarga dan masih banyak lagi.

Info lebih lanjut wacana Program ini bisa Anda lihat bit.ly/YourBestLife2017 Atau klik gambar di bawah ini.
 langkah mudah dan mendasar untuk meraih sukses dalam hal apapun Mau Tau? 10 Langkah Mudah Untuk Meraih Sukses Dalam Hal Apapun

Jadikan 2017 sebagai Tahun Terbaik Anda! SIAAAP?? :)

Salam.
Mau Tau? 11 Langkah Sistematis Untuk Membangun Blog Sukses

Mau Tau? 11 Langkah Sistematis Untuk Membangun Blog Sukses

Di blog kali ini akan saya jelaskan wacana detail apa saja yang harus ditempuh untuk bisa sukses dalam dunia blogging. Bagaimana sebuah blog bisa menjadi sukses dan tumbuh bermetamorfosis sesuatu asset bernilai bagi sang webmaster. Mari kita bahas.

Blog bisa menjadi sebuah alat atau media yang sangat menguntungkan kalau dipakai dan dioptimalkan dengan benar. Membuat dan menyebabkan sebuah blog menjadi profitable pada hakikatnya yaitu wacana bagaimana menarik visitor dan terjadi konversi yang menghasilkan profit, baik itu dari pemasangan iklan PPC, iklan Mandiri maupun penjualan produk affiliate. Di blog kali ini akan dijelaskan 11 langkah sistematis yang paling penting dan mutlak harus ditempuh kalau ingin menciptakan sebuah blog sukses.
Di blog kali ini akan saya jelaskan wacana detail apa saja yang harus ditempuh untuk bisa  Mau Tau? 11 Langkah Sistematis Untuk Membangun Blog Sukses


1. Pilih Platform blogging
Jika Anda seorang pemula yang gres terjun di dunia blogging, Anda bisa mulai menciptakan blog gratisan terlebih dahulu, ibarat blogger.com, tumblr.com, blogdetik, dll. Yang dimaksud blog gratisan di sini yaitu blog tersebut sudah disediakan hostingnya tanpa harus kita membeli atau menyewa hosting sendiri. Misal blogger.com sudah dihosting oleh Google. Kendati labelnya gratisan tapi jangan khawatir, blog gratisan tetap mempunyai potensi sukses yang sama dengan blog berbayar, tergantung bagaimana si pemilik blog mengoptimalkan blognya. Dengan blog gratisan ini, Anda juga bisa dengan instan menciptakan sebuah blog hari ini dan online hari ini juga tanpa harus punya keahlian programming ataupun coding.

Hal ini akan memperlihatkan Anda keleluasaan untuk fokus dalam pembuatan konten tanpa harus pusing memikirkan maintenance server hosting. Dan hal yang paling menarik dengan menciptakan blog gratisan ibarat di blogger.com yaitu bilamana blog Anda tersebut telah kaya akan konten yang pastinya juga akan diikuti dengan membludaknya visitor, maka itu artinya Anda akan mendapat profit / laba tanpa harus mengeluarkan banyak uang, ketimbang Anda menyewa hosting sendiri ibarat wordpress selfhosted.

Adapun dikala trafik blog Anda bertumbuh, maka Anda bisa dengan gampang untuk mengupgrade ke domain TLD dan hosting pribadi. Sudah banyak blogger sukses Indonesia dengan alur ibarat ini. Seperti juragan cipir, blog ini awalnya memakai platform Blogger.com dengan domain blog juragancipir.blogspot.com, kemudian berganti ke TLD menjadi juragancipir.com (blogspot custom domain) sampai kini telah bermigrasi memakai platform Wordpress Selfhosted yang lebih professional, dengan hosting yang disewa sendiri tentunya, tidak lagi menumpang hosting di Google.

2. Tentukan Niche
Niche bisa disebut sebagai topik pembahasan dari sebuah blog. Di awal, Anda harus sudah menentukan topik / niche apa yang ingin diangkat dan dikembangkan. Anda bisa pilih niche sesuai dengan interest atau ketertarikan Anda. Pilihlah niche yang mana Anda akan antusias untuk menuliskan blog dari niche tersebut setiap hari. Anda bisa memakai layanan riset kata kunci ibarat Google Keyword Palnner untuk menentukan niche yang terkenal dan banyak pencariannya di mesin pencari.

Sebuah blog wacana Kucing bisa menjadi niche blog yang berisi pembahasan wacana species kucing, family kucing, jenis-jenis kucing piaraan dan segala hal wacana kucing yang mana tentunya akan mempunyai sasaran yang luas. Karena kita tahu niscaya banyak di luaran sana yang menyukai kucing.

Begitupun kalau Anda suka otak-atik Android, maka Anda bisa bangkit blog dengan tema Android. DLL

3. Update blog secara terpola / setiap hari.
Dengan mengupdate blog secara harian / setiap hari, bukan saja menyebabkan blog Anda menjadi menarik di mata visitor, tapi juga akan memperlihatkan blog Anda konten-konten segar setiap harinya yang akan berdampak baik terhadap imbas SEO (Search Engine Optimization). Search Engine semacam Google sangat menyukai blog yang selalu update.

Untuk menjaga trafik blog dan menangkap interest visitor Anda, maka Anda harus mengupdate blog Anda dengan satu atau lebih blog setiap harinya.

Adapun di luaran sana juga banyak blog yang tidak melaksanakan update setiap hari tapi bisa sukses dan menjadi besar. Itu alasannya yaitu mereka telah mempunyai trafik pengunjung yang stabil setiap harinya didukung dengan konten yang berkualitas tinggi. Sehingga hanya perlu diupdate seminggu 2 kali atau seminggu sekali, atau bahkan mungkin sebulan sekali.

Namun bagi Anda yang baru, maka untuk mempunyai trafik pengunjung yang stabil, Anda harus terus mencoba untuk mengupdate blog Anda setiap hari, dengan setidaknya 1 sampai 3 blog. Cara terbaik untuk melakukannya yaitu dengan menyisihkan waktu sekitar 2-3 jam dan menjadwalkan untuk Anda mengurus blog Anda dan menambahkan blog fresh ke dalamnya. Dengan dedkasi ibarat ini bisa sangat berdampak baik bagi blog Anda maupun bagi Anda sendiri. Jadwalkan jam terbaik Anda untuk mengurus blog setiap hari.

Jika meninggalkan blog Anda selama beberapa hari / minggu, maka itu artinya Anda akan kehilangan kesemptan mendapat visitor lebih cepat, terlebih kalau blog Anda masih baru.

4. Promosikan Blog
Bukan diam-diam lagi tentunya. Anda harus punya trafik kunjungan untuk bisa mendapat laba dari blogging. Banyak sekali cara / metode untuk mendatangkan trafik ke blog Anda baik itu dengan cara gratisan, ibarat SEO dan Social Media Marketing maupun berbayar ibarat Padi Advertising. Anda bisa saja menentukan salah satu, tapi akan lebih baik kalau dilakukan keduanya sehingga blog Anda bisa lebih cepat dikenal.

Selain itu untuk mendatangkan trafik ke blog, Anda bisa mempromosikan blog Anda dengan cara menuliskan alamat blog Anda di setiap status facebook yang Anda tulis. Atau di footer email yang Anda kirimkan, bikin tshirt bertuliskan nama domain blog, dll. Tentunya dengan terlebih dahulu Anda mengisikan konten-konten yang berkualitas ke blog Anda dengan frekuensi update yang teratur tentunya.

5. Lacak perkembangan dan statistik trafik blog Anda.
Bagaimana Anda mengetahui blog Anda mempunyai trafik kunjugan? Hanya alasannya yaitu tidak ada komentar yang masuk tidak berarti blog Anda tidak berkembang. Banyak visitor yang tidak meninggalkan komentar sehabis membaca postingan Anda, dan memang tidak wajib juga.

Untuk mengetahui apakah blog Anda mempunyai trafik pengunjug, maka Anda bisa memakai layanan analytics yang menyediakan data sumber trafik, jumlah unique visitor, jumlah returning visitor, jumlah visitor online, usang waktu rata-rata kunjungan, dll. Dan yang paling sering dipakai dan direkomendasikan, yaitu Google Analytics atau Histats. Kedua layanan tersebut gratis namun sangat powerfull untuk mengetahui dan menganalisa trafik kunjungan ke blog.

6. Dengarkan pengunjung Anda
Ketika memakai layanan Analytics ibarat Google Analytics atau Histats, Anda bisa mulai melihat bagaimana para pengunjung menemukan blog Anda dan bila mereka mengunjungi blog Anda dari Search Engine, maka akan Anda ketahui keyword-keyword apa saja yang diketikkan oleh visitor di search engine sehingga menemukan blog Anda. Jika secara konsisten blog Anda ditemukan alasannya yaitu 1 atau lebih keyword di search engine, maka fokuslah pada pembahasan seputar keyword-keyword tersebut. Misal blog blog Anda wacana "cara merawat kucing" ada di hasil pencarian Google, maka di blog lain Anda bisa menuliskan topik wacana "rekomendasi makanan kucing", dan lain-lain. Sehingga akan lebih powerfull dalam meningkatkan jumlah page views.

7. Bangun database pengunjung Anda
Anda bisa menyediakan form subscribe via email bagi pengunjung Anda. Dengan menyediakan form subscribe, maka Anda punya kesempatan untuk mempertahankan visitor Anda untuk kemudian bisa kembali mengunjungi blog Anda manakala ada postingan/update blog baru. Sehingga visitor tidak hanya hit and run, tapi juga bisa jadi pengunjung loyal. Di blogger.com sendiri, Anda bisa memakai widget form subscribe via email yang terintegrasi dengan feedburner. Yang mana kalau ada postingan gres di blog, maka secara otomatis, feedburner akan mengirimkan email berisi summary postingan ke email subscriber.

8. Berinteraksi dengan visitor
Sekarang Anda sudah punya trafik ke blog. Anda bisa mulai berinteraksi dengan visitor Anda. Mulai menanggapi setiap balasan aktual maupun negative yang masuk di kolom komentar. Suatu postingan yang berisi interaksi antara admin dan visitor juga sangat disukai oleh Search Engine.

Selain itu cobalah untuk memperlihatkan informasi exclusive yang tidak banyak orang punyai. Berikan effort terbaik Anda untuk menyajikan informasi menarik yang bisa sangat berkhasiat bagi visitor Anda. Pembaca Anda akan sangat menghargainya. Dan bisa saja sebagai efeknya, mereka akan mempromosikan blog Anda secara gratis melalui status social media atau pun promosi dari verbal ke mulut. Bayangkan kalau banyak pembaca Anda yang menceritakan informasi menarik yang ada di blog Anda kepada teman-teman atau keluarga mereka.

9. Monetisasi Blog
Saat blog Anda sudah punya trafik kunjungan, maka Anda bisa mulai berpikir wacana cara untuk memonetisasi / menguangkan blog Anda. Caranya tidak lain yaitu mengkoversi / mengubah kunjugan menjadi profit. Anda bisa memakai media periklanan berbasisi PPC ibarat Google Adsense, Chitika, Infolink dan lain sebagainya. Model iklan PPC ini biasanya merupakan Contextual Advertising, artinya iklan yang tampil akan relevan dengan konten yang ada, sehingga akan sangat tertarget. Anda akan mendapat komisi sejumlah uang setiap kali ada yang mengklik iklan di blog Anda.

Selain pemasangan iklan PPC, masih banyak cara untuk menguangkan blog Anda. Anda bisa menggunakannya untuk bisnis affiliasi (mempromosikan produk orang lain), misal affiliasi Lazada atau Ratakan (produk digital).

Bisa juga dengan membuka jasa pemasangan slot iklan atau jasa review produk dengan biaya per bulan yang bisa Anda tentukan sendiri.

Intinya kalau trafik blog Anda memang sudah banyak, maka akan berbagai peluang untuk menghasilkan uang dari acara blogging Anda. Blog bisa menjadi asset passive income Anda.

10. Menjadi profesional
Anda yaitu seorang professional sekarang. Jika Anda masih memakai blog dengan domain dan hosting gratisan, maka Anda bisa mulai mengupgradenya menjadi premium. Anda bisa mulai mengecek nama domain yang Anda inginkan, apakah masih tersedia atau tidak. Untuk hosting juga, akan lebih baik (walau tidak wajib) Anda mulai beralih ke hosting premium. Pilih platform blogging terbaik, ibarat Wordpress Selhosted (wordpress.org)

Dalam tahap sebagai professional blogger, Anda juga mungkin akan membutuhkan satu atau lebih blogger/penulis di blog Anda. Dan bahkan bukan Anda yang butuh, alasannya yaitu orang-orang akan dengan sukarela berkontribusi dan menuliskan blognya di blog Anda. Karena tentu akan bermanfaat bagi blog penulis itu sendiri yang akan mendapat backlink dari blog Anda yang sudah punya reputasi baik. Andapun mendapat blog segar dari penulis tersebut. Win win solution. Hal ini akan menciptakan blog lebih powerfull dan terlihat lebih professional. Dan yang terpenting yaitu blog akan selalu update dan terisi konten fresh walau si empunya setiap harinya.

11. Gandakan Blog Anda
Dalam bidang bisnis apapun, kalau ingin mendapat hasil yang berlipat maka kita harus memainkan faktor kali (X Factor). Misal blog Anda bisa menghasilkan $100 saja per bulan, maka kalau ingin mendapat penghasilan $1000 per bulan, maka Anda tinggal membangun 10 blog dengan cara yang sama. Simple Math. Pastinya memang akan terasa berat di awal, tapi sehabis semuanya terbangun, kerja Anda akan semakin ringan dengan hasil yang semakin besar.

***

Nah itulah 11 langkah sistematis dalam membangun Blog sukses. Dengan mengikuti tahapan blogging di atas, maka akan menciptakan pengalaman blogging Anda menjadi kaya. Perlu digarisbawahi bahwa menghasilkan uang dari blogging bukanlah hal instan, perlu serangkaian proses yang mungin akans angat menguras effort Anda. Untuk menciptakan blog mungkin hanya memerlukan waktu sehari atau semalam, tapi membuatnya menjadi popular dan profitable, tentu memerlukan pengorbanan waktu dan dedikasi, persistensi dari si pemilik blog tersebut.

Sekian blog sederhana ini. Terima kasih.
Mau Tau? Download Kitab Padepokan Adsense - Bongkar Diam-Diam Riset Keyword Ala Sumbodo Malik (Founder Kampung Blogger)

Mau Tau? Download Kitab Padepokan Adsense - Bongkar Diam-Diam Riset Keyword Ala Sumbodo Malik (Founder Kampung Blogger)

Sebenarnya, aneka macam orang yang sudah sukses di dunia online business, jikalau arti sukses itu dilihat dari seberapa besar penghasilan yang mereka raih tiap bulannya. Tapi dari yang banyak ini, hanya ada beberapa yang mau menyebarkan ilmu kesuksesannya kepada orang yang ingin berguru bisnis online ini. Salah satunya ialah Sumbodo Malik. Pendiri Kampung Blogger, di desa Menowo Magelang Jawa Tengah.

Sharing kali ini tidak akan bercerita wacana Sumbodo Malik yang pernah menerima nominasi SCTV Award tahun 2015 lalu, tapi wacana 2 orang 'murid' di Kampung Blogger yang berjulukan Zhee dan mba Dian. Sebenarnya, Sumbodo keberatandengan istilah murid dan guru, alasannya ialah menurutnya, semua ialah sahabat belajar. Guru yang baik ialah yang selalu merasa perlu untuk berguru dan berbagi, bukan yang merasa paling mengerti.

Semoga pembaca sanggup mengambil manfaat dari dongeng dan tips dari dan mba Dian wacana bagaimana memulai bisnis online 2,5 tahun kemudian dan di bulan ke 3 sudah sanggup punya penghasilan lebih dari Rp 50 juta. Bahkan mba Dian sanggup menghasilkan lebih dari Rp 30 juta di bulan pertama.
Itulah 3 paragraf cuplikan prolog dari Ebook berjudul Bongkar Rahasia Riset Keyword Ala Sumbodo Malik ini. Dari cuplikan di atas sedikitnya sudah ada citra wacana siapa itu Sumbodo Malik. Ya, dialah sang pendiri Kampung Blogger di Magelang Jawa Tengah yang telah banyak menularkan ilmu-ilmu wacana bisnis online (khususnya blogging) ke banyak muridnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Dialah yang telah mengubah kondisi desanya yang awalnya dipenuhi pengangguran menjadi sebuah desa dengan orang-orang produktif penghasil dollar.

Disebutkan pula di atas bahwa dia sempat menerima nominasi SCTV Award di tahun 2015 serta sempat menjadi headline informasi utama di agenda Liputan 6 SCTV. Lihat dulu saja video berikut ini.

Oke itu dia Sumbodo Malik, sangat inspiratif, bukan?!

Nah salah satu kunci sukses diam-diam dia dalam bidang bisnis online, khususnya Make Money Blogging ialah berkaitan dengan riset keyword (kata kunci) sebelum membangun sebuah blog yang profitable. Dengan menguasai skil riset kata kunci secara benar, maka kita akan sanggup lebih memaksimalkan blog/postingan blog yang dihasilkan untuk sanggup masuk ke halaman pertama pencarian di Search Engine. Selain itu dengan riset kata kunci maka kita akan lebih menghemat waktu kita dalam blogging, ketimbang hanya menggarap sembarang keyword tanpa riset terlebih dahulu.

Nah di ebook yang akan aku share ini, dia membeberkan bagaimana teknik dan tools yang digunakan untuk melaksanakan riset keyword untuk keperluan Blogging yang telah terbukti ampuh. Ditulis berdasar pada pengalaman 2 orang muridnya yang masih newbie waktu itu yang sekarang telah sukses, yaitu Mas Zhee dan Mba Dian yang telah berhasil menghasilkan puluhan juta rupiah di bulan-bulan pertamanya menekuni blogging dengan dimentori secara pribadi oleh Sumbodo Malik(seperti yang tertulis di prolog di atas).

Di tengah desas-desus dan gonjang-ganjing kabar bahwa Adsense di Indonesia akan diblokir, nampaknya kehadiran Ebook ini sanggup sedikit menjadi angin segar bagi para publisher, khususnya yang newbie menyerupai aku ini. :) Oke, tanpa berlama-lama lagi, silakan download ebook keren ini. Mumpung masih Anget.


atau copas link berikut
https://www.dropbox.com/s/jo5w77vgiqmoyau/Bongkar%20Rahasia%20Riset%20Keyword%20ala%20SUMBODO%20MALIK%201.2.pdf?dl=0

Oh iya hingga lupa.. Ebook ini ditulis dan dipublikasikan oleh Kanjeng Dani Alfin Pratama sang Mastah pendiri Padepokan Adsense (Group Facebook, Link join ada di Ebook) yang tentu tidak perlu diragukan lagi kredibilatasnya dalam dunia Blogging Adsense. Untuk berteman dengan dia di Facebook, silakan search dan Add saja, mudah-mudahan belum penuh kuota friends-nya :)

Oke cukup sekian saja postingan kali ini, sederhana saja :) Sesuatu yang bermanfaat, khususnya ilmu akan lebih baik jikalau dibagi dan disebarluaskan. Walau di dalam ebook nya ada link jualan yang teraffiliasi dengan kang Dani juga, tak mengapa ^_^.Ilmunya sendiri sudah sangat daging soalnya.

Sekali lagi, silakan bagi yang mau download Ebooknya, pribadi saja klik DI SINI
Terima kasih, Semoga bermanfaat. Selamat belajar.
Mau Tau? Mengenal Apa Itu Plagiarisme Dalam Blogging Dan Cara Mengeceknya

Mau Tau? Mengenal Apa Itu Plagiarisme Dalam Blogging Dan Cara Mengeceknya

Halo anda blogger, di postingan kali ini saya ingin sedikit sharing wacana sesuatu hal yang masih berkaitan dengan dunia blogging, yang mana hal ini menyangkut pelanggaran hak cipta. Yakni sebuah tindakan menggandakan atau mencaplok karya orang lain secara tidak bertanggung jawab. Tindakan menyerupai ini kerap disebut sebagai Plagiarisme.

Dalam dunia blogging, tindakan Plagiarisme ini sanggup dibilang merupakan salah satu aspek yang harus menerima perhatian. Kenapa? Karena efek yang ditimbulkan sanggup jadi sangat merugikan, baik itu bagi si pemilik hak cipta maupun bagi si plagiator tersebut. Bukan Cuma dalam bidang blogging sebenarnya, dalam bidang kreatif lain pun berlaku hal yang sama. Plagiarismee kerap menjadi sebuah momok yang angker sekaligus menjengkelkan bagi para pekerja kreatif.

Bayangkan saja, ketika seseorang mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran hingga berdarah-darah untuk menciptakan sebuah karya berkualitas, namun lalu di luaran sana ada pihak  yang dengan sengaja dan seenaknya mengklaim bahwa beliau pemilik hak ciptanya. Bagaimana perasaan Anda dikala ada di posisi korban sang plagiator tersebut? Tentu sedikitnya ada rasa dongkol dalam hati.

Terlebih dalam blogging, missal Anda telah menghabiskan banyak waktu dan pikiran untuk menulis satu buah blog utuh yang cukup panjang sejumlah 3000 atau lebih kata. Kemudian, keesokan harinya ada orang yang mencaplok dan copas bulat-bulat blog Anda, dan hanya butuh beberapa menit  untuk kemudia blog tersebut terpajang  di blog mereka tanpa sedikitpun menyebutkan sumber. Bagimana rasanya?

Tapi ya memang begitulah fakta yang ada. Dalam bidang kreatif apapun, yang namanya Plagiarisme itu sangat rawan terjadi. Apalagi blogging, kontennya yakni tulisan, dan goresan pena yang telah terpublish sanggup dilihat dan dibaca oleh banyak orang untuk diambil manfaatnya. Dan untuk sebagian orang bukan hanya diambil manfaatnya, tapi juga diambil juga isi blognya untuk dipajang di blognya dan diklaim sebagai milik mereka.

Bahkan kita sendiri juga mungkin pernah atau hampir terjebak juga dalam Plagiarisme. Mencopas postingan orang lain secara bulat-bulat, baik untuk tujuan komersial maupun tujuan iseng-iseng atau coba-coba menyerupai yang sering dilakuan newbie (pemula) dikala pertama kali ngeblog, resah blognya mau diisi apa, ya diisi saja dengan copas dari postingan orang lain dulu.  Tidak usah mencari kambing hitam, wong itu pengalaman saya juga loh dulu pas awal-awal ngeblog.

Sebuah pertanyaan muncul. Saya tidak mencopas postingan orang lain. Tapi hanya melihat untuk dijadikan ide mencari ide blog untuk lalu disusun dengan bahasa dan redaksi sendiri. Salahkah menengok blog blog lain untuk dijadikan materi inspirasi? Jelas tidak.. Tidak salah sama sekali. Namun tetap ada batasan-batasan yang harus kita perhatikan biar terhindar dari Plagiarisme. Karena yang namanya Plagiarisme dalam dunia blogging itu bukan hanya berarti mencopas keseluruhan isi postingan sehingga terdapat kesamaan (duplicate content). Tapi juga sanggup sebab ada beberapa bagian, baik paragraph maupun kalimat yang disinyalir  atau terdeteksi sebagai hasil dari tindakan plagiat.

Jadi sejauh mana sebetulnya batasan sebuah postingan dikatakan terbebas dari Plagiarisme? Adakah criteria khusus?

Ini beliau point Intinya :

Sebuah goresan pena sanggup disebut benar-benar terbebas dari Plagiarisme jikalau tidak ada 3 kata yang sama persis secara berurutan, dan juga berada pada topik blog yang serupa. 
Contohnya: di blog lain terpublikasi
"Ini akan menjadikan  facebook Anda terhindar dari berita-berita hoax".

Dan di blog Anda tertulis
"Hal ini akan membuat  facebook Anda terhindar dari gosip hoax".
3 kata ‘Facebook Anda terhindar’ di kedua kalimat di atas akan terdeteksi sebagai Plagiarisme. Karena menyerupai criteria yang sudah disebutkan, kedua kalimat di atas mengandung 3 kata yang sama secara berurutan dan juga dalam kategori / topik yang sama yaitu facebook.

Bagaimanakah solusinya? Tulislah dengan kata-kata dan redaksi sendiri. Menulis dengan kata-kata sendiri kemungkinan besar akan terhindar dari plagiarisme, sebab cara pembawaan penulisan setiap orang pastinya berbeda. Kemudian carilah padanan kata sinonim sehingga tidak terdeteksi plagiat. Dan sanggup juga dengan mensiasati mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif.

Lalu pertanyaannya, apakah memang dihentikan terkandung 3 kata yang sama secara berututan antara satu blog dan blog lainnya, dalam topik yang sama?

Menurut mba Ratri sendiri, hal ini bukanlah hukum pasti. Aturan ini sanggup saja berlaku jikalau yang dibandingkan yakni hanya kalimat pendek menyerupai pola di atas. Tapi pada kenyataannya, jikalau konten yang dibandingkan memuat konten yang panjang, tentu ada criteria lain untuk memilih apakah satu konten terdapat Plagiarisme atau tidak. Intinya usahakan minimal harus mempunyai persentase originalitas sebesar 90%.

Lalu bagaimana cara mengetahui tingkat originalitas dari blog kita, apakah mengandung Plagiarisme atau tidak. Gampang saja, Anda sanggup melaksanakan pengecekan di tools yang berfungsi untuk mengecek plagiarsme. Salah satunya yang sering saya pakai yakni Plagiarismea.net dan smallseotools. Dengan memakai tools online tersebut, kita sanggup mengetahui apakah blog kita terdeteksi Plagiarisme atau tidak. Nanti akan terlihat berapa skor berupa nilai persentase originalitas. Kalau blog yang Anda buat memang hasil goresan pena sendiri, saya rasa Anda tidak perlu khawatir, sebab dipastikan blog Anda akan menerima skor originalitas yang tinggi, di atas 90%.

Bagaimana caranya? Gampang saja. Kali ini saya coba memakai smallseotools. Tools ini gratis namun cukup powerfull untuk mendeteksi Plagiarisme.
  1. Silakan buka link berikut smallseotools.com/Plagiarism-checker/
  2. Lalu akan terbuka field / bidang isian. Inputkan teks blog yang akan dicek ke dalamnya. Maksimal sekali pengecekan untuk setiap bidang yakni sejumlah 1000 kata.
  3. Scroll ke bawah, inputkan captcha.
  4. Mulai chek dan tunggu prosesnya berjalan.
  5. Setelah selesai, maka akan sanggup diketahui berapa nilai / skor persentase originalitas dari blog anda. Jika nilainya di atas 90%, maka selamat. Artikel anda sudah layak untuk dipublish di blog.
Catatan: 
Pastikan blog yang dicek memakai smallseotools itu belum dipost / dipublish ke blog Anda. Karena jikalau itu terjadi, maka smallseotools akan juga menghitung dan mendeteksi blog Anda yang berisi blog tersebut, sehingga nanti hasil skor yang dihasilkan menjadi tidak akurat.

Adapun untuk Plagiarismea.net, caranya juga sama. Bedanya, di sini Anda perlu terlebih dahulu menciptakan akun, kalau di smallseotools tidak perlu.

Sebenarnya masih banyak cara dan tools lain untuk mengecek Plagiarisme ini. Salah satunya yang paling terkenal yakni copyscape. Berbeda dengan kedua tools di atas yang berfungsi untuk mengecek blog yang masih mentah (belum dipublish), Copyscape sendiri mengecek blog yang telah terpublish, yakni dengan memasukkan URL dari blog tersebut. Hasilnya akan disajikan laporan blog-blog atau situs yang terdeteksi mempunyai konten sama dengan konten blog yang dicek.

Baik, sekian saja blog sederhana plagiarisme ini. Intinya adalah, sebagai blogger tetaplah senantiasa berusaha menghasilkan konten original. Sejelek apapun tulisannya, akan tetap lebih anggun dan lebih bernilai ketimbang cuma kopas karya orang lain secara bulat-bulat.