3 Faktor Seo Onpage Paling Penting
Bagi pengunjung blog ini tentunya sudah sering melihat banner iklan jasa backlink yang ada di sidebar. Ada fakta menarik dari jasa backlink itu yang mau aku bagikan di sini. Fakta ini sering menciptakan aku gundah dan bertanya; Sebenarnya seberapa ingin mereka menguasai kata kunci tersebut.
Teman-teman yang mulai menekuni SEO niscaya sudah paham bahwa SEO itu ialah adonan kerjasama optimasi; ada yang onpage dan ada yang offpage. Sangat sulit anda mengandalkan salah satunya saja. Jika anda tidak punya niat berlama-lama menderita di SEO, maka sebaiknya anda memperhatikan keduanya.
Cukup banyak pengguna jasa backlink yang dikerjakan websitenya oleh Fritz yang benar-benar hambar dengan masukan perbaikan onpage yang diberikan oleh Fritz. Padahal Fritz sudah cukup sering menyampaikan bahwa mereka yang mengelola onpage berdasarkan masukan yang diberikan semuanya menyampaikan animo konkret yang cukup memuaskan.
Kaprikornus di sini aku mau membagikan faktor SEO onpage paling penting yang harus diperhatikan oleh seorang pemilik website. Jika anda mengabaikan satu saja dari 3 faktor paling penting di onpage ini, maka bersiaplah menderita di offpage....
Artikel ini aku rasa sangat perlu untuk aku tuliskan alasannya hanya 3 dari 10 penerima jasa backlink yang memperhatikan masukan dari Fritz duduk kasus ini. Sekali lagi aku mempertanyakan keseriusan mereka mengejar kata kunci yang diminta.
3 Faktor SEO Onpage Paling Penting Adalah...
Title tag
Saat anda membuat blog atau website; anda perlu memperhatikan title tag ini. Title tag ialah bab dari head sebuah halaman web yang akan memberitahukan ke mesin pencari pemfokusan dari isi halaman tersebut. Jika anda salah mengisi title tag, maka anda akan sulit melihat halaman anda di hasil pencarian Google.
Menurut anda apakah Google akan menayangkan halaman web anda kalau link berwarna biru di atas tidak berisi kata kunci???
Berikut ini cara paling umum menyia-nyiakan title tag:
- Memasang URL di title tag ialah cara paling sering aku temukan untuk menyia-nyiakan kata kunci.
- Memasang ucapan selamat tiba di title tag berada di urutan berikutnya. Apakah anda berpikir akan ada orang yang mengetikkan "Selamat Datang di blog Yudi" ke dalam pencarian Google?
- Memasang kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan sasaran kata kunci. Misalnya kata kunci yang diincar ialah "Jual Bakso Tanpa Pengawet" tapi title tagnya diisi dengan "Bakso Lezat Mang Diman"
- Menaruh kata kunci di belakang title tag; Sebagai contoh; kata kunci yang diincar ialah "Jual Online Sepeda Gunung" tapi title tag yang dipasang berisi "Toko Gowes Jaya Merdeka - Jual Online Sepeda Gunung".
Jika anda melaksanakan kesalahan di atas, maka sangat direkomendasikan untuk memperbaiki kesalahan ini.
Perhatikan sifat dari title tag yang baik dan benar:
Relatif pendek
AKurat dengan isi halaman
Tidak mengulang kata kunci berlebihan
Meta Description
Ini ialah salah satu Optimasi SEO onpage yang perlu anda perhitungkan. Walaupun Google dapat dengan bebas mengambil dari body text halaman web anda, namun akan jauh lebih baik kalau anda "mengendalikannya" untuk kata kunci yang paling anda inginkan. Ada baiknya anda memasukkan variasi kata kunci panjang ke dalamnya untuk menunjang title tag.
Sebagai pola kalau anda memiliki title tag "Jual Mobil Toyota Bandung", maka ada baiknya anda memasukkan kata kunci penunjang lainnya ke dalam meta description. Misalnya "on road" atau off road" atau "murah" atau "hadiah" atau "bonus". Dengan demikian anda berpeluang menguasai banyak versi long tail dari kata kunci yang diketikkan.
Body Text
Ini ialah semua teks yang ditampilkan di halaman anda yang dapat dilihat oleh pengunjung website anda. Di dalam body text ini anda harus memastikan semua kata kunci yang anda masukkan ke dalam title tag dan meta description dapat ditemukan.
Kenapa harus? Karena Google akan menganggap title tag maupun meta description yang dipasang tadi tidak relevan kalau tidak menemukannya di dalam body text.
Berapa banyak pengulangannya? Google menyampaikan bahwa pengulangan kata kunci itu minimal sebanyak 3 kali dan Google akan menganggapnya penting. Tapi dalam prakteknya sering kali 3 kali ini benar-benar minimalis; jadi kalau anda mau amannya maka pastikan berada di range yang kondusif (tidak akan kekurangan maupun kelebihan), yaitu 2%-4%.
Pastikan kata kunci itu tersebar dengan baik di dalam halaman blog yang anda optimasi. Sebagai contoh, kalau anda mengincar kata kunci: Jual Rumah Murah di Bogor
Jangan hingga semua pemunculannya persis menyerupai itu. Anda harus memberi variasi menyerupai di bawah ini:
- Jual rumah
- Rumah Murah
- Rumah di Bogor
- Rumah Murah di Bogor
- Rumah
- Murah
- Jual
- Bogor
Anda juga dapat menambahkan sinonim dan abreviasi seperti; beli; mahal; dan juga kata-kata terkait menyerupai apartemen; sewa, dll
Mudah-mudahan anda paham apa yang aku maksudkan di atas. Sekali lagi ini ialah onpage minimalis. Kaprikornus satu saja dari onpage di atas tidak terpenuhi, maka anda dapat jadi akan sangat kesulitan di meningkatkan secara optimal offpage.