Sabtu, 20 Oktober 2018

Penyebab dan Efek Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id serta Cara Mengatasi Adsense tidak muncul di Blogspot.co.id

Sejak awal September 2015 Google telah merubah domain blogspot.com menjadi blogspot.co.id, perubahan domain ini sebenarnya sudah lama diterapkan Google yaitu sekitar tahun 2012-2013, kala itu masih beberapa Negara yang domain blogspotnya berubah, misalnya blogspot.in untuk Negara India, blogspot.com untuk Negara Amerika atau Blogspot.de untuk negara Jerman. Namun untuk blogspot wilayah Negara Indonesia baru tahun ini diterapkan.

 perubahan domain ini sebenarnya sudah lama diterapkan Google yaitu sekitar tahun  Penyebab dan Efek Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id serta Cara Mengatasi Adsense tidak muncul di Blogspot.co.id

Tujuan Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id

Adapun tujuan pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id adalah untuk mengontrol bahwa blog dari blogspot tidak melanggar kebijakan yang diterapkan dalam suatu Negara. Jika suatu negara mengeluarkan kebijakan tertentu menyangkut publisitas internet maka jika ada blog yang melanggar akan dihapus oleh Google.

Efek Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id

Banyak para blogger yang kaget dan panik dengan Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id termasuk saya sendiri. Pertama kali saya mengetahui pengalihan ini ketika saya membuka sebuah blog lain di internet dan muncul domain blogspot.co.id, waktu itu saya berpikir domain tersebut merupkan keinginan si yang punya blog yang merubah com menjadi co.id biar tampil beda. Tetapi ketika saya buka blog milik saya sendiri nama blog saya yang dulu Peringatan Pelanggaran dari Google Adsense), kemudian saya buka akun Google Adsense juga masih normal-normal saja walaupun saya lihat earning telah di stop menjadi $ 0.00. Akhirnya saya lega setelah membuka sebuah forum diskusi Adsense dimana ternyata bukan saya aja yang mengalaminya dan kesalahan tidak muncul iklan juga bukan disebabkan oleh akun yang terkena banned atau kesalahan blogger.

Banyak efek yang mungkin terjadi dengan Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id berikut saya simpulkan beberapa efek yang akan terjadi dengan Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id  :

1. Iklan Adsense tidak tampil diblog

Seperti yang telah saya sampaikan diatas salah satu efek dari Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id adalah hilangnya iklan adsense di blog yang berdomain blogspot.co.id. Ada pendapat karena blog kita dianggap baru dan mungkin perlu penyesuaian 2x24 Jam. Tetapi setelah saya tunggu lebih dari batas waktu tersebut iklannya juga tidak muncul. Untuk memastikan iklan adsense masih aktif di blog sobat sobat bisa mengaksesnya dialamat : namablogsobat.blogspot.com/ncr. NCR adalah singkatan dari "No Country Redirect" yang artinya tidak diredirect ke negara apapun. atau bisa juga mengganti domain com dengan domain negara lain misalnya in atau sg.

2. Alexa tambah Gendut

Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id juga berdampak pada rank alexa, karena blog kita dianggap baru dan perlu penyesuaian kembali.

3. PA dan DA berubah

Dipastikan PA dan DA pasti berubah. Sama seperti pada perubahan pagerank, Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id ini tetap dianggap sebagai blog baru oleh MOZ. Dengan begitu sobat harus membangun authority mulai dari nol.

4. Terjadi perubahan posisi SERP

Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id menghendaki adanya crawl ulang oleh robot spider google. Mungkin untuk yang google, tidak jadi masalah, karena yang menganti domain pun om Google sendiri. Tetapi bagaimana dengan indeks bing atau yandex? Tentu akan menjadi petaka.

Mengatasi Adsense Tidak Muncul di Blogspot.co.id

Kembali ke pembahasan utama, dan setidaknya inilah yang dikehendaki para blogger khususnya blogger pebisnis (Baca : Tipe Blogger Berdasarkan Cara Mengurus Blog). salah satu cara untuk mengatasi Adsense Tidak Muncul di Blogspot.co.id adalah dengan mencegah redirect ke blogspot.co.id. Apakah cara ini aman.? saya sendiri juga masih mencari jawaban apakah aman atau tidak untuk kelangsungan adsense sendiri, namun ada pendapat yang mengatakan aman-aman saja karena kita meredirect bukan untuk mengelabui pengunjung.

Berikut langkah-langkah untuk mencegah redirect ke blogspot.co.id :
- Masuk ke akun blogger sobat
- Pilih menu template>edit html
- Tekan tombol Ctrl+F untuk mengaktifkan kolom pencarian
-  Cari kode <head> kemudian sematkan kode dibawah ini tepat dibawah kode <head>

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

- save template, buka ulang alamat blog sobat dan lihat perubahan yang terjadi

Demikianlah artikel saya pada kesempatan kali ini mengenai Pengalihan Blogspot.com ke Blogspot.co.id berikut penyebab dan cara mengatasi Adsense tidak muncul di Blogspot.co.id, semoga bermanfaat..

0 komentar

Posting Komentar